Comscore Tracker

6 Fakta Mengejutkan Soal Kelelawar, Ternyata Mereka Bisa Berenang!

Kenapa ya mereka tidur terbalik?

Kelelawar adalah salah satu jenis hewan yang paling unik. Itu karena sebagai mamalia alias hewan menyusui, mereka adalah satu-satunya yang bersayap dan bisa terbang. Tapi apakah itu saja keunikan hewan ini? Ternyata tidak. Enam fakta tentang kelelawar berikut ini cukup mengejutkan dan mungkin belum kamu ketahui. Ini dia ulasannya.

1. Sekitar seperlima dari seluruh spesies mamalia adalah kelelawar

6 Fakta Mengejutkan Soal Kelelawar, Ternyata Mereka Bisa Berenang!csmonitor.com

Dilansir dari laman Science Daily, jumlah spesies mamalia yang telah diidentifikasi hingga tahun 2018 adalah sekitar 6.400 spesies. Sedangkan laman Britannica menyebut bahwa ada lebih dari 1.200 spesies kelelawar yang telah dikenal. Itu berarti sekitar seperlima dari seluruh spesies mamalia adalah kelelawar!

Dari sekitar 1.200 spesies tersebut, yang terbesar adalah kelelawar mahkota emas (Acerodon jubatus) yang bentang sayapnya bisa mencapai 1,5 meter. Sedangkan spesies terkecil adalah kelelawar bumblebee (Craseonycteris thonglongyai). Dengan bentang sayap hanya 15 cm dan berat 2 gram, mereka bukan saja kelelawar terkecil tapi juga mamalia terkecil di dunia.

2. Mereka bisa berenang

https://www.youtube.com/embed/62T-Ht_jWHE

Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh hampir semua mamalia adalah berenang. Karena kelelawar adalah mamalia, apakah mereka juga bisa berenang? Ya! Seberapa jago mereka? Kamu bisa menilainya sendiri dari video di atas.

Menurut Mother Nature Network, kemampuan berenang tersebut berguna bagi kelelawar di alam liar jika mereka tercebur ke danau atau kolam. Yang perlu mereka lakukan hanya berenang ke tanah di tepi dan keluar dari air.

Tapi sayangnya jika mereka tercebur ke kolam buatan manusia, kemungkinan mereka akan mati. Itu karena kolam buatan manusia umumnya memiliki tepi yang terjal sehingga tidak memungkinkan mereka memanjat keluar.

3. Mereka melakukan hampir segalanya terbalik

6 Fakta Mengejutkan Soal Kelelawar, Ternyata Mereka Bisa Berenang!scienceabc.com

Kamu pasti tahu bahwa saat siang hari, kelelawar akan tidur dengan cara bergelantung terbalik pada batang pohon. Tapi kamu mungkin bertanya-tanya kenapa. Menurut laman How Stuff Works, kelelawar bergelantung terbalik supaya mereka bisa lebih mudah terbang.

Tidak seperti burung, kelelawar gak bisa terbang dari posisi tegak di tanah. Sayap mereka gak cukup kuat untuk menciptakan momentum dari posisi tersebut. Selain itu, bergelantung di atas pohon juga membuat mereka aman dari predator yang sebagian besar berada di tanah.

Dan sambil terbalik, ternyata yang bisa mereka lakukan bukan hanya tidur, tapi hampir segalanya. Mereka merawat diri, kawin, dan bahkan melahirkan sambil terbalik!

Baca Juga: 5 Fakta Hebat Kalajengking, Ternyata Bisa Bersinar di Kegelapan!

4. Kelelawar vampir bisa mengenali dan mengincar manusia

6 Fakta Mengejutkan Soal Kelelawar, Ternyata Mereka Bisa Berenang!beastly.barcroft.tv

Sebagian besar kelelawar adalah pemakan serangga. Ada pula kelelawar pemakan buah, dan beberapa spesies yang memakan darah. Tepatnya tiga spesies, yaitu kelelawar vampir (Desmodus rotundus), kelelawar vampir berambut kaki (Diphylla ecaudata), dan kelelawar vampir bersayap putih (Diaemus youngi) yang semuanya hidup di benua Amerika.

Dilansir dari National Geographic, ketiga spesies itu adalah hanya makan darah, gak makan makanan lain. Tapi gak seperti yang mungkin dikira banyak orang, mereka gak mengisap darah. Kelelawar vampir akan menggigit mangsanya, biasanya sapi atau kuda, lalu menjilati darahnya.

Apakah kelelawar vampir juga makan darah manusia? Biasanya tidak, karena mereka lebih suka darah hewan besar. Tapi jika terpaksa, mereka juga bisa melakukannya. Dan sekali makan darah manusia, seekor kelelawar biasanya akan kembali lagi ke orang yang sama untuk makan darahnya. Kelelawar vampir bisa mengenali manusia berdasarkan caranya bernapas!

5. Salah satu spesies kelelawar adalah hewan tercepat di dunia

6 Fakta Mengejutkan Soal Kelelawar, Ternyata Mereka Bisa Berenang!thestatesman.com

Ketika memikirkan hewan tercepat di dunia, biasanya kelelawar gak akan terpikirkan. Cheetah adalah hewan darat tercepat di dunia dengan kecepatan mencapai 120 km/jam. Sementara penerbang tercepat sebelumnya dipegang oleh albatros kepala abu-abu yang bisa terbang lurus dengan kecepatan 127 km/jam.

Namun rupanya ada satu spesies kelelawar yang mampu memecahkah rekor tersebut. Dia adalah keleawar berekor brazil (Tadarida brasiliensis). Dilaporkan New Scientist, hewan ini mampu terbang horizontal dengan kecepatan 160 km/jam!

Kecepatan terbang itu adalah yang tercepat untuk terbang horizontal. Memang ada burung yang tercatat punya kecepatan terbang lebih tinggi, yaitu falkon peregrin yang kecepatannya bisa mencapai 320 km/jam. Namun kecepatan itu dicatat saat terbang menukik, sehingga terbantu oleh tarikan gravitasi.

6. Kotoran kelelawar adalah sumber daya yang berharga semasa perang

6 Fakta Mengejutkan Soal Kelelawar, Ternyata Mereka Bisa Berenang!kelp4less.com

Banyak hewan yang dimanfaatkan kotorannya sebagai pupuk, misalnya hewan ternak seperti sapi dan kerbau. Kelelawar pun demikian. Kotoran mereka yang disebut guano biasanya memenuhi dasar gua tempat mereka tinggal dan sering digunakan sebagai penyubur tanaman.

Tapi ternyata bukan hanya itu kegunaan guano. Guano mengandung kalium nitrat yang bisa diekstrak sebagai bahan pembuat bubuk mesiu dan bahan peledak. Oleh karena itu pada masa Perang Saudara di Amerika Serikat, guano jadi sumber daya yang berharga.

Itulah enam fakta mengejutkan soal kelelawar yang mungkin kamu belum tahu. Fakta mana yang menurutmu paling gak disangka?

Baca Juga: 5 Fakta Gorila, Primata Terbesar Kerabat Dekat Manusia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You