Comscore Tracker

5 Fakta Unik Keanekaragaman Satwa di Indonesia, Bikin Takjub! 

Negara kita kaya keanekaragaman hayati #IDNTimesScience

Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal dengan kekayaan alamnya. Keanekaragaman hayati yang terdapat di negara ini begitu mengagumkan, misalnya dalam hal ragam satwa. Kamu mungkin sudah tahu banyak hal soal kehidupan hewan di Indonesia yang luar biasa. Namun, fakta menakjubkan di baliknya masih banyak lagi, lho.

Misalnya, tahukah kamu bahwa Indonesia punya spesies kadal terbesar dan lebah terbesar di dunia? Fakta tersebut beserta fakta-fakta lain berikut ini tentang keanekaragaman satwa di Indonesia pasti akan membuatmu takjub. Ini dia ulasannya.

1. Indonesia memiliki keanekaragaman satwa yang menakjubkan 

5 Fakta Unik Keanekaragaman Satwa di Indonesia, Bikin Takjub! Indonesia memiliki beragam jenis mamalia, salah satunya tarsius. (holidify.com)

Seberapa hebat keanekaragaman satwa di Indonesia? Laman Profauna menyebut bahwa ada sekitar 300 ribu spesies hewan yang hidup di Indonesia alias setara dengan 17 persen spesies hewan dunia. Indonesia bahkan jadi juara dalam hal jumlah spesies mamalia, yaitu 515 spesies, terbanyak di antara semua negara.

Soal jumlah spesies ikan, Indonesia hanya kalah dari Australia. Sementara, dalam hal spesies burung, Indonesia menempati posisi keempat dunia. Spesies reptil pun melimpah. Tak heran jika laman Mongabay menobatkan Indonesia di posisi ketiga dalam hal keanekaragaman hayati, hanya kalah dari Brasil dan Kolombia.

2. Fauna Indonesia terbagi menjadi tiga tipe

5 Fakta Unik Keanekaragaman Satwa di Indonesia, Bikin Takjub! Burung cenderawasih adalah salah satu hewan tipe Australis. (bloomberg.com)

Kamu pasti masih ingat bahwa letak geografis Indonesia sangat unik karena berbatasan dengan Benua Asia dan Australia. Hal itu menyebabkan ragam satwa di Indonesia jadi sangat unik. Seperti yang mungkin kamu tahu, satwa di Indonesia bisa dibagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe Asiatis, Australis, dan peralihan.

Hewan-hewan tipe Asiatis memiliki karakteristik seperti hewan-hewan dari dataran Asia. Bahkan, beberapa hewan tersebut memang juga terdapat di berbagai wilayah lain di Asia, misalnya gajah, badak, harimau, dan beruang madu. Orang utan pun dulu pernah terdapat di banyak wilayah Asia meskipun kini mereka hanya tersisa di Indonesia.

Sementara, hewan tipe Australis memiliki karakteristik seperti hewan dari Australia dan beberapa juga bisa ditemui di benua Australia, misalnya hewan marsupial seperti possum, walabi, dan kanguru pohon. Ada pula ekidna, burung kasuari, burung cenderawasih, dan beberapa spesies ular yang tersebar di Indonesia serta Australia.

Terakhir, adalah tipe peralihan yang karakteristiknya seperti gabungan fauna Asiatis dan Australis. Karena sangat unik, beberapa hewan tipe ini merupakan hewan endemik Indonesia yang tidak terdapat di daerah lain. Itu mencakup komodo, anoa, dan babi rusa.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? 

3. Indonesia memiliki spesies terkecil dari beberapa jenis hewan

5 Fakta Unik Keanekaragaman Satwa di Indonesia, Bikin Takjub! Anoa pegunungan adalah spesies kerbau terkecil di dunia. (earth.com)

Indonesia juga unik karena memiliki spesies terkecil dari beberapa jenis hewan, misalnya anoa yang merupakan spesies terkecil dari kerbau liar yang ada di dunia. Anoa terdiri dari dua spesies dan spesies anoa pegunungan (Bubalus quarlesi) adalah yang terkecil karena hanya berukuran panjang hingga 1,5 meter dan berat 150 kg.

Indonesia juga memiliki gajah terkecil di dunia, yaitu gajah kalimantan (Elephas maximus borneensis). Gajah ini sebenarnya hanya merupakan subspesies dari gajah asia, tapi ukuran mereka jauh lebih kecil. Tinggi mereka 2,6 meter hingga ke bahu, sementara beratnya sekitar 2,5 ton. Namun, tetap saja mereka adalah mamalia darat terbesar di Indonesia.

Dua jenis hewan lain yang ukuran terkecilnya terdapat di Indonesia adalah badak dan harimau. Badak sumatra (Dicerorhinus sumatrensis) adalah spesies badak terkecil di dunia. Sementara, harimau sunda (Panther tigris sondaica) yang hidup di Pulau Sumatra adalah subspesies harimau terkecil di dunia.

4. Indonesia memiliki kadal terbesar dan lebah terbesar

5 Fakta Unik Keanekaragaman Satwa di Indonesia, Bikin Takjub! Lebah raksasa wallace berukuran lebih besar dibanding lebah biasa. (nytimes.com)

Sebaliknya, Indonesia juga punya spesies hewan yang terbesar dari jenisnya, salah satunya adalah kadal. Spesies kadal terbesar di dunia adalah komodo (Varanus komodoensis) dan hanya Indonesia yang memiliki mereka. Dengan panjang hingga 3 meter dan berat 150 kg, komodo benar-benar tak tertandingi dalam hal ukuran dibanding kadal mana pun.

Ada pula lebah terbesar di Indonesia, yaitu lebah raksasa Wallace (Megachile pluto). National Geographic menyebut bahwa bentang sayap lebah ini mencapai 6,3 cm dan mereka memiliki rahang besar yang tampak seperti kumbang rusa. Uniknya, lebah yang hidup di Kepulauan Maluku Utara ini dulu sempat dikira punah sebelum ditemukan kembali pada 2019.

5. Indonesia memiliki sejumlah hewan endemik yang sangat unik

5 Fakta Unik Keanekaragaman Satwa di Indonesia, Bikin Takjub! Babirusa adalah hewan unik yang hanya ada di Indonesia. (wired.com)

Tentu saja, Indonesia juga memiliki sejumlah spesies hewan endemik alias hewan yang hanya ada di Indonesia dan tak terdapat di negara lain. Beberapa dari hewan-hewan tersebut juga sangat unik. Selain tentunya komodo dan anoa, masih ada beberapa contoh lain.

Misalnya babi rusa, hewan unik yang tampak seperti gabungan babi dan rusa, ini terdiri dari empat spesies yang hanya terdapat di Indonesia, tepatnya di Pulau Sulawesi dan sekitarnya. Selain itu, di Sulawesi juga ada burung maleo, burung darat unik yang langsung bisa terbang setelah menetas dari telur.

Ada pula kura-kura leher ular pulau rote (Chelodina mccordi) yang unik karena tidak bisa memasukkan kepala beserta leher panjangnya ke dalam cangkang. Ada katak kepala datar kalimantan (Barbourula kalimantanensis), satu-satunya katak yang diketahui tak punya paru-paru dan bernapas seluruhnya dengan kulit. Unik-unik banget, ya!

Itulah lima fakta menakjubkan tentang keanekaragaman satwa yang ada di Indonesia. Sungguh luar biasa, ya! Pastinya, kita sangat bersyukur bisa hidup di negara yang begitu kaya dengan keanekaragaman hayati!

Baca Juga: 20 Hewan dengan Kebiasaan Kawin Paling Unik di Dunia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya