Comscore Tracker

7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? 

Ada ikan yang lebih suka berjalan daripada berenang

Banyak hewan di dunia ini yang punya kemampuan berenang. Sebagian besar hewan yang hidup di air tentu bisa berenang. Tapi, banyak hewan darat pun bisa dan bahkan jago berenang. Bahkan, hewan seperti burung yang bisa terbang pun banyak yang juga punya kemampuan berenang.

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa fakta unik tentang kemampuan hewan berenang. Tahukah kamu bahwa beberapa ikan bisa berenang mundur? Fakta lainnya bisa kamu simak dalam ulasan di bawah ini.

1. Hampir semua mamalia bisa berenang 

7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? cntraveller.in

Tahukah kamu bahwa hampir semua mamalia bisa berenang? Itu termasuk mamalia yang mungkin sama sekali gak kamu sangka seperti gajah, unta, kungkang, kanguru, bahkan kelelawar. Tapi tidak semua mamalia bisa berenang.

Dilansir BBC, para ilmuwan umumnya setuju bahwa jerapah tidak bisa berenang. Hal itu wajar, karena proporsi tubuh mereka yang ekstrem pasti menyulitkan mereka untuk mengambang. Selain jerapah, kera besar seperti simpanse juga bukan perenang alami, meskipun mereka bisa diajar caranya berenang.

2. Beberapa ikan lebih suka berjalan daripada berenang 

7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? theverge.com

Sebaliknya, beberapa ikan justru lebih suka berjalan daripada berenang. Contohnya adalah ikan kelelawar, yang tergabung dalam famili Ogcocephalidae dan terdiri dari sekitar 60 spesies. Bentuk tubuh mereka sangat unik, pipih. dan lebar serta hanya memiliki sirip kecil. Mereka bukan perenang yang baik sehingga lebih sering berjalan di dasar laut.

Contoh lain adalah ikan katak, yang masih berkerabat dengan ikan kelelawar. Ikan ini memiliki ciri khas berupa mulut yang lebar seperti katak. Sirip mereka juga kecil dan lebih sering dipakai berjalan di dasar laut. Sama seperti ikan kelelawar, ikan katak juga bukan perenang yang baik.

3. Hewan perenang tercepat adalah ikan marlin hitam 

7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? bbc.com

Sebagian besar ikan tentu jago berenang, tapi ikan apa yang mampu berenang paling cepat? Dilansir National Wildlife Federations, juaranya adalah ikan marlin hitam (Istiompax indica). Ikan yang bisa tumbuh hingga lebih dari 4 meter ini sanggup berenang dengan kecepatan 128 km/jam! Mereka adalah ikan tercepat sekaligus hewan perenang tercepat di dunia.

Sementara mamalia dengan kecepatan renang terhebat adalah orca alias paus pembunuh, yang bisa mencapai kecepatan 88,5 km/jam. Porpoise dall (Phocoenoides dalli) juga disebut-sebut sanggup mencapai kecepatan yang sama. Sedangkan dari kalangan burung, penguin gentoo (Pygoscelis papua) adalah yang tercepat karena bisa berenang dengan kecepatan 35 km/jam.

Baca Juga: 7 Hewan Ini Berkerabat dengan Hewan yang Gak Disangka, Bisa Tebak?

4. Hewan perenang terlamban adalah kuda laut 

7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? csmonitor.com

Ada yang tercepat, tentu ada pula perenang telamban. Gelar itu dimiliki oleh kuda laut, yang berenang dengan kecepatan 0,016 km/jam, atau setara dengan 0,24 meter per menit. Kuda laut berenang begitu lamban karena satu-satunya organ pendorong mereka adalah sirip di punggung mereka yang berukuran sangat kecil.

5. Beberapa ikan berenang dengan posisi tubuh vertikal 

7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? phuketnaturetours.com

Selain kecepatan renangnya yang begitu lamban, kuda laut juga unik karena mereka berenang dengan posisi tubuh vertikal, tidak seperti ikan lain yang berenang dengan posisi horizontal.

Tapi ternyata bukan hanya kuda laut, shrimpfish juga berenang dengan posisi vertkal. Meski bernama shrimpfish, hewan ini adalah spesies ikan, bukan udang.

6. Banyak ikan yang bisa berenang mundur 

7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? aquariadise.com

Ada pula ikan yang bisa berenang mundur, dan ternyata jumlahnya cukup banyak. Salah satu ikan yang terkenal dengan kemampuan berenang mundur adalah knifefish alias ikan pisau. Ikan yang berbentuk seperti belut ini sering berenang mundur untuk menangkap mangsa juga posisi mangsanya memang ada di belakangnya.

Namun berenang mundur bisa menyebabkan kerugian bagi ikan. Dilansir Fluffy Planet, insang ikan harus bergerak ke arah yang benar supaya bisa mendapat aliran oksigen. Jika ikan berenang mundur, untuk sementara mereka gak mendapat oksigen. Itulah kenapa ikan lebih suka berenang maju, bukan mundur.

7. Hewan Cephalopoda bergerak di air dengan dorongan jet 

7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? cephalopedia.com

Hewan Cephalopoda seperti cumi-cumi dan gurita hidup di air, tapi cara mereka bergerak beda dengan hewan air lain. Mereka bukan berenang dengan mengayuh menggunakan sirip, tapi menggunakan metode yang disebut jet propulsion alias dorongan jet.

Caranya adalah mereka menyedot air ke dalam bagian mantelnya, lalu menyemburkannya kuat-kuat sehingga mereka terdorong ke arah berlawanan. Kecepatan dorongan jet mereka bisa cukup tinggi, yaitu mencapai 40 km/jam. Gurita dan cumi-cumi kadang juga menggunakan tentakelnya saat bergerak, tapi hanya untuk 'menyetir' tubuhnya ke arah yang benar.

 

Itulah tujuh fakta unik tentang kemampuan berbagai jenis hewan dalam berenang. Fakta mana yang paling menakjubkan buatmu?

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Remora, Ikan Berjidat Pipih Kawan Baik Hiu 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya