Comscore Tracker

6 Hewan Besar yang Punah di Era Manusia Modern, Termasuk Burung Gajah

Kebanyakan penyebabnya adalah ulah manusia  

Melalui bukti fosil, kita mengetahui bahwa bumi kita ini pernah dihuni oleh hewan-hewan berukuran raksasa pada zaman dahulu. Salah satu contohnya tentu dinosaurus, yang telah punah bahkan sebelum kemunculan manusia di bumi. Ada pula berbagai mamalia dan makhluk laut besar yang juga punah pada zaman prasejarah alias ketika manusia belum mengenal tulisan.

Tapi tahukah kamu bahwa kepunahan makhluk-makhluk berukuran besar tidak hanya terjadi pada masa lalu yang jauh? Ada pula beberapa hewan besar yang ternyata baru punah pada sekitar 1.000 tahun ke belakang, zaman di mana catatan sejarah sudah tercipta dan kehidupan manusia modern mulai berkembang.

Foto hewan-hewan tersebut memang gak ada karena mereka hidup pada masa dimana kamera belum tercipta. Namun manusia modern sudah pernah melihat mereka, bahkan banyak dari antara mereka memang punah karena ulah manusia. Mau tahu hewan apa saja itu? Ini dia enam hewan di antaranya.

1. Sapi laut 

6 Hewan Besar yang Punah di Era Manusia Modern, Termasuk Burung Gajahbritannica.com

Disebut juga sapi laut steller (Hydrodamalis gigas), hewan ini adalah spesies terbesar dari ordo Sirenia, yang juga mencakup manatee dan dugong. Dilansir dari Britannica, sapi laut berukuran panjang hingga 10 meter dan berat 10 ton. Mereka pertama kali ditemukan manusia pada tahun 1741 di kawasan Laut Bering di Samudera Pasifik sebelah utara.

Namun hanya dalam 27 tahun setelah ditemukan, sapi laut dinyatakan punah. Perburuan yang berlebihan jadi sebabnya, karena sapi laut ini banyak diburu untuk diambil dagingnya oleh para pelaut. Maka kepunahan mereka adalah salah satu contoh betapa cepatnya hewan bisa punah karena keserakahan manusia.

2. Burung gajah 

6 Hewan Besar yang Punah di Era Manusia Modern, Termasuk Burung Gajahyoungzine.org

Burung gajah adalah sebutan untuk burung tak bisa terbang dari 3 genus, yaitu Vorombe, Aepyornis, dan Mullerornis. Sebutan burung gajah diberikan karena ukuran burung ini yang sangat besar. Spesies Vorombe titan adalah burung gajah terbesar sekaligus spesies burung terbesar yang pernah hidup di bumi, dengan tinggi 3 meter dan berat hingga 860 kg!

Namun sayang, semua spesies burung masif ini akhirnya punah karena beragam faktor. Mereka hanya bertahan hidup di Pulau Madagaskar hingga kira-kira 1.300 tahun lalu, seperti dikutip dari Britannica. Penyebabnya adalah gabungan perubahan iklim, perburuan oleh manusia, dan kerusakan habitat.

Baca Juga: 5 Hewan yang Jago Menyamar Jadi Hewan Lain, Bikin Terkecoh!

3. Burung moa 

6 Hewan Besar yang Punah di Era Manusia Modern, Termasuk Burung Gajahnzbirdsonline.org.nz

Selain burung gajah, burung berukuran besar lain yang punah dalam rentang seribu tahun ke belakang adalah moa. Burung moa adalah sebutan umum untuk burung dari ordo Dinornithiformes. Mereka tak bisa terbang dan penampilannya mirip burung unta. Laman Britannica menyebut bahwa ada beragam perkiraan tentang jumlah spesies moa, antara 9 hingga 64 spesies.

Ukuran mereka juga beragam, mulai dari yang berukuran sebesar kalkun hingga spesies Dinornis robustus yang tingginya mencapai 3,6 meter, sehingga dinobatkan sebagai burung tertinggi yang pernah hidup. Burung moa hidup di Selandia Baru hingga sekitar abad ke-19, dan mereka punah karena perburuan dan semakin menyempitnya habitat akibat kedatangan manusia.

4. Elang Haast 

6 Hewan Besar yang Punah di Era Manusia Modern, Termasuk Burung Gajahstuff.co.nz

Punahnya burung moa menimbulkan efek domino berupa punahnya predator alami mereka, yaitu elang Haast (Harpagornis moorei). Elang ini bukan elang sembarangan karena mereka adalah elang terbesar sekaligus burung predator terbang terbesar yang pernah hidup. Laman Prehistoric Wildlife menyebut bahwa bentang sayap elang ini bisa mencapai 3 meter dan berat 15 kg.

Seperti disebut tadi, elang Haast adalah predator alami burung moa, maka mereka pun adalah penghuni Selandia Baru pada periode yang sama. Elang ini sanggup mencengkeram dan membawa terbang burung moa karena kekuatannya. Elang Haast tidak diburu manusia, namun kepunahan burung moa akhirnya turut membuat mereka punah karena kehilangan mangsa utama.

5. Auroch 

6 Hewan Besar yang Punah di Era Manusia Modern, Termasuk Burung Gajahthoughtco.com

Ada pula auroch (Bos primigenius), sejenis sapi liar asal Eropa yang diperkirakan mengalami kepunahan pada tahun 1627. Sapi besar ini memiliki tinggi hingga 1,8 meter dan berat hingga 700 kg. Tanduk mereka yang besar bisa mencapai panjang 80 cm, dan tanduknya itu jadi salah satu alasan mereka banyak diburu dan akhirnya mengalami kepunahan.

6. Aye-aye raksasa 

6 Hewan Besar yang Punah di Era Manusia Modern, Termasuk Burung Gajahdinopedia.fandom.com

Aye-aye (Daubentonia madagascariensis) adalah makhluk yang sangat unik. Primata endemik Madagaskar ini terkenal dengan matanya yang besar dan bernyala, kupingnya yang lebar, dan jari-jari tangannya yang sangat panjang. Saat ini mereka adalah satu-satunya spesies dari genusnya, tapi dulu pernah hidup kerabat mereka yang berukuran lebih besar yaitu aye-aye raksasa.

Aye-aye raksasa (Daubentonia robusta) diperkirakan memiliki penampilan dan cara hidup yang serupa dengan aye-aye, namun mereka berukuran 2 hingga 2,5 kali lebih besar. Karena hanya sedikit fosil yang telah ditemukan, gak banyak yang diketahui tentang hewan ini, tapi mereka diperkirakan hidup di Madagaskar hingga sekitar 1.000 tahun lalu.

Itulah 6 hewan besar yang punah di era manusia modern hingga sekitar 1.000 tahun lalu. Ternyata kebanyakan penyebabnya adalah ulah manusia ya. Maka manusia perlu belajar untuk bisa hidup berdampingan dengan alam, supaya tidak semakin banyak hewan yang mengalami kepunahan.

Baca Juga: 5 Fakta Sapi Laut, Hewan Raksasa yang Punah karena Keserakahan Manusia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya