Comscore Tracker

7 Hewan dengan Penampilan yang Sangat Unik, Bisa Tebak Jenisnya? 

Jangan terkecoh ya! 

Ada begitu banyak spesies hewan di dunia ini. Semua spesies tersebut terbagi ke dalam beberapa kelas, lalu terbagi lagi ke dalam beberapa ordo. Misalnya kelas mamalia, yang terbagi dalam ordo primata, karnivora, rodentia alias hewan pengerat, dan sebagainya.

Umumnya seekor hewan bisa langsung diketahui jenisnya berdasarkan penampilannya. Tapi ada pula beberapa hewan yang penampilannya begitu unik sampai sulit ditebak termasuk jenis hewan apa. Ini dia tujuh hewan yang seperti itu. Bisakah kamu tebak mereka termasuk hewan apa?

1. Mara patagonia 

7 Hewan dengan Penampilan yang Sangat Unik, Bisa Tebak Jenisnya? animals.net

Hewan ini bernama mara patagonia (Dolichotis patagonum). Dilansir dari laman Smithsonian, mara patagonia adalah mamalia herbivor yang hidup di Amerika Tengah dan Selatan. Mereka bergerak dengan cara berjalan, tapi bisa juga melompat seperti kelinci. Nah, berdasarkan fakta tersebut dan penampilannya, bisakah kamu tebak mereka termasuk jenis hewan apa?

Wajar kalau kamu menebak bahwa mereka adalah sejenis kelinci, karena penampilannya memang sangat mirip. Tapi sayangnya itu salah. Mara patagonia ternyata termasuk rodentia alias hewan pengerat lho.

Itu artinya hewan ini justru berkerabat dekat dengan tikus, berang-berang, tupai, dan hewan pengerat lainnya, bukan dengan kelinci. Dengan ukuran panjang rata-rata mereka yang mencapai 70 cm dan berat hingga 8 kg, mara patagonia ternyata adalah hewan pengerat terbesar kedua di dunia!

2. Slow worm 

7 Hewan dengan Penampilan yang Sangat Unik, Bisa Tebak Jenisnya? woodlandtrust.org.uk

Sementara hewan yang satu ini punya sebutan umum slow worm atau secara harfiah berarti cacing lamban. Nama latinnya Anguis fragilis, dan mereka bisa ditemukan di hutan dan kawasan berumput di Britania Raya. Melihat penampilannya, menurutmu kira-kira mereka termasuk jenis hewan apa?

Mungkin kamu gak menyangka bahwa slow worm ternyata adalah sejenis kadal, atau lebih tepatnya kadal tak berkaki. Maka meski mirip ular, mereka punya beberapa perbedaan ciri. Misalnya mereka punya kelopak mata dan bisa memutuskan ekor saat terancam. Makanan mereka pun hanya serangga, laba-laba, cacing, dan siput, sehingga tidak berbahaya bagi manusia.

3. Ekidna 

7 Hewan dengan Penampilan yang Sangat Unik, Bisa Tebak Jenisnya? sandiegozoo.org

Bagaimana dengan hewan yang satu ini? Namanya ekidna, dan laman Britannica menyebut bahwa mereka terdiri dari 4 spesies. Sekilas mereka terlihat mirip celurut, tapi berduri seperti landak sehingga sering disebut landak semut. Bisakah kamu tebak mereka termasuk hewan apa?

Ternyata mereka termasuk dalam ordo Monotremata, yaitu mamalia yang bertelur. Termasuk empat spesies ekidna, hanya ada lima spesies Monotremata di dunia ini. Satu spesies lagi adalah platipus. Keunikan ordo ini adalah bertelur meskipun mamalia, dan menyusui bukan dengan puting tapi dengan kelenjar mamari khusus.

Baca Juga: 7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan Lain

4. Lalat kalajengking 

7 Hewan dengan Penampilan yang Sangat Unik, Bisa Tebak Jenisnya? aminoapps.com

Dari foto di atas kamu tentu tahu kenapa serangga ini dinamai scorpion fly alias lalat kalajengking. Yap, mereka punya ekor panjang dengan sengat seperti kalajengking. Tapi sebenarnya mereka bukan sejenis lalat lho. Tahukah kamu mereka hewan apa?

Sebenarnya mereka tergolong Mecoptera, sejenis ordo serangga yang terdiri dari sekitar 550 spesies. Menurut Wildlife Trust, mereka sudah ada sejak 250 juta tahun lalu, dan merupakan leluhur dari kupu-kupu dan lalat. Dan ternyata, ekor panjang mereka bukan sengat lho, tapi adalah organ khusus jantan yang berfungsi untuk kawin.

5. Sesilia 

7 Hewan dengan Penampilan yang Sangat Unik, Bisa Tebak Jenisnya? sandiegozoo.org

Bagaimana dengan hewan yang satu ini? Mereka bernama sesilia, yaitu kelompok hewan tanpa kaki yang penampilannya sangat mirip cacing. Ada pula spesies yang berukuran lebih besar hingga tampak seperti ular. Tapi mereka bukan cacing dan bukan pula ular. Lalu apa?

Dilansir dari National Geographic, sesilia adalah sejenis amfibi tanpa kaki, yang artinya mereka masih berkerabat dengan katak. Ada sekitar 200 spesies sesilia, dan mereka memang jarang terlihat karena kebanyakan hidup di dalam tanah. Mereka adalah pemakan cacing, serangga, serta invertebrata lain, dan mereka tidak berbahaya untuk manusia.

6. Lamprey 

7 Hewan dengan Penampilan yang Sangat Unik, Bisa Tebak Jenisnya? britannica.com

Yang satu ini juga mirip ular, tapi melihat mulutnya yang mengerikan, mereka malah jadi terlihat lebih mirip monster. Mereka hidup di laut dan air tawar, maka mereka juga terlihat seperti belut. Bisakah kamu tebak mereka sebenarnya hewan apa?

Jawabannya adalah ikan. Ya, lamprey adalah jenis ikan primitif yang tidak punya rahang, maka mulut mereka yang dipenuhi gigi tajam tampak langsung bersatu dengan tubuhnya. Terdiri dari sekitar 43 spesies, mereka hidup sebagai parasit dengan menempel pada tubuh ikan. Mereka juga gak punya tulang, tubuhnya hanya tersusun dari tulang rawan.

7. Solenodon 

7 Hewan dengan Penampilan yang Sangat Unik, Bisa Tebak Jenisnya? animalcorner.org

Solenodon (famili Solenodontidae) adalah hewan yang sangat unik. Penampilannya mirip tikus dengan moncong yang panjang. Mereka pemakan serangga, nokturnal, berbau seperti kambing, dan memiliki air liur beracun. Coba, kira-kira mereka termasuk jenis hewan apa?

Ternyata solenodon termasuk ordo Eulipotyphla, yaitu ordo mamalia yang mencakup celurut, tikus mondok, dan hedgehog. Artinya meski mirip tikus, mereka bukan termasuk hewan termasuk hewan pengerat. Mereka gak mengerat, tapi berburu hewan-hewan kecil dengan racunnya. Selain serangga, mereka juga suka makan cacing, siput, kadal, dan bahkan tikus!

Itulah tujuh hewan yang penampilannya sangat unik sampai sulit ditebak jenisnya. Gimana, dari tujuh hewan di atas, ada berapa yang bisa kamu tebak dengan benar?

Baca Juga: Unik, 5 Hewan Ini Justru Diberi Nama Berdasarkan Hewan Lain 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya