Comscore Tracker

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Gajah, Ada Ikan Berbelalai 

Alasan mereka disebut gajah cukup beragam 

Gajah adalah salah satu hewan paling populer di dunia. Mereka terkenal karena mereka adalah hewan darat terbesar dan terberat di dunia saat ini. Selain itu, penampilan mereka juga unik karena memiliki belalai panjang, telinga yang lebar, serta dua gading yang mencuat dari sisi mulutnya.

Karena kepopuleran dan keunikannya, nama gajah bahkan sampai disematkan kepada beberapa hewan yang mirip dengan mereka. Entah karena sama-sama memiliki belalai maupun sebab lain, inilah lima hewan yang mendapat sebutan gajah pada namanya karena berbagai alasan.

1. Gajah laut 

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Gajah, Ada Ikan Berbelalai nationalgeographic.com

Pertama ada gajah laut, hewan terbesar dari klad Pinnipedia alias keluarga anjing laut dan sejenisnya. Ada dua spesies anjing laut, yaitu anjing laut utara (Mirounga angustirostris) dan anjing laut selatan (Mirounga leonina). Menurut National Geographic, yang terbesar adalah spesies anjing laut selatan dengan panjang mencapai 6 meter dan berat hampir 4 ton!

Alasan hewan ini diberi nama gajah laut adalah karena pejantannya memiliki semacam belalai pendek di moncongnya. Dengan belalainya itu, para gajah laut jantan akan mengeluarkan suara keras untuk saling mengintimidasi saat memperebutkan hak untuk kawin. Selain itu, ukuran yang sangat besar membuat nama gajah laut sangat cocok diberikan pada mereka.

2. Celurut gajah 

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Gajah, Ada Ikan Berbelalai awf.org

Hewan yang satu ini disebut celurut gajah juga karena punya sungut panjang seperti belalai. Britannica menyebut bahwa ada sekitar 20 spesies celurut gajah yang semuanya hidup di Afrika. Meski disebut celurut gajah, sebenarnya tidak tergabung dalam ordo celurut sejati, yaitu ordo Eulipotyphla.

Sebaliknya, celurut gajah tergabung dalam ordo Macroscelidea, ordo yang justru lebih dekat kekerabatannya dengan gajah daripada dengan celurut. Makanya, nama celurut gajah memang pantas diberikan pada mereka karena selain punya belalai. Mereka juga berkerabat cukup dekat dengan gajah.

Baca Juga: 8 Perilaku Ilmiah dari Hewan-hewan Ini Ternyata Dapat Menginspirasi

3. Ikan gajah 

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Gajah, Ada Ikan Berbelalai nature.com

Ikan yang mendapat sebutan gajah pun ada, yaitu spesies Callorhinchus milii atau ikan gajah. Mereka juga punya sebutan lain yaitu hiu gajah atau hantu meskipun sebenarnya mereka bukan termasuk hiu. Alasan mereka disebut ikan gajah sendiri bisa kamu lihat pada foto di atas, yaitu karena mereka memiliki semacam sungut mirip belalai yang tumbuh dari rahangnya.

Sungut tersebut digunakan oleh ikan ini untuk mencari makanan berupa ikan kecil dan invertebrata yang menghuni dasar laut. Ukuran ikan ini tidak terlalu besar, dengan panjang mencapai 1,2 meter dan berat 7 kg.

4. Kumbang gajah 

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Gajah, Ada Ikan Berbelalai inaturalist.org

Sementara, kumbang yang satu ini diberi nama kumbang gajah (Megasoma elephas) karena ukurannya yang besar untuk seekor serangga, bahkan lebih besar dibanding banyak spesies kumbang lain. Berapa panjang kumbang ini? Bisa mencapai 12 cm!

Selain itu, nama kumbang gajah juga cocok karena kumbang gajah jantan memiliki semacam tanduk, seperti gajah yang memiliki gading. Tanduk tersebut mereka gunakan untuk saling bertarung sesama pejantan dalam memperebutkan betina; menggali tanah untuk bersembunyi; atau mencongkel batang pohon mencari makanan berupa getah.

5. Nyamuk gajah 

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Gajah, Ada Ikan Berbelalai cornerofthecabinet.com

Serangga lain yang mendapat sebutan gajah adalah nyamuk gajah alias nyamuk dari genus Toxorhynchites. Nyamuk ini disebut demikian karena mereka adalah salah satu spesies nyamuk terbesar, dengan bentang sayap mencapai 2,4 cm. Namun, kamu gak perlu takut pada mereka, malah kemungkinan besar kamu akan menyukai mereka.

Kenapa? Itu karena nyamuk gajah gak butuh mengisap darah seperti nyamuk lain. Mereka justru makan nektar bunga seperti lebah. Malah, saat masih jadi larva, mereka akan makan larva spesies nyamuk lain! Itulah kenapa mereka juga punya sebutan lain yaitu pemakan nyamuk. Artinya, nyamuk gajah adalah teman manusia yang bisa mengontrol populasi nyamuk merugikan lain.

Itulah lima jenis hewan yang mendapat sebutan gajah karena berbagai alasan. Menurutmu, yang mana yang paling cocok mendapat sebutan itu?

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Ekor Hewan, Ada Hewan yang Berekor Enam 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya