Comscore Tracker

Miris, 6 Hewan Endemik Pulau Jawa Ini Semakin Terancam Punah 

Aktivitas manusia jadi sebab utamanya 

Pulau Jawa adalah pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia. Di pulau ini terdapat banyak kota besar dengan pembangunan yang luar biasa. Maka ketika berbicara tentang Pulau Jawa, banyak orang pasti akan langsung terpikir tentang hal-hal itu.

Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya Pulau Jawa juga memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa? Pada zaman dahulu pulau ini dihuni berbagai jenis hewan endemik dengan populasi yang banyak. Namun kini hewan-hewan tersebut sudah terancam punah karena aktivitas manusia di pulau ini.

Apa saja hewan endemik Pulau Jawa yang kini semakin terancam itu? Ini dia enam di antaranya.

1. Badak jawa 

Miris, 6 Hewan Endemik Pulau Jawa Ini Semakin Terancam Punah animalcorner.org

Badak jawa (Rhinoceros sondaicus) sudah pasti masuk daftar ini. Badak ini adalah yang kedua terkecil dari lima spesies badak yang ada di dunia, tapi ukuran mereka tetap cukup besar dengan panjang mencapai 3 meter dan bobot lebih dari 2 ton. Seperti badak india, badak jawa hanya punya satu cula saja.

Saat ini populasi badak jawa yang hidup bebas hanya terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon. Jumlahnya pun sangat sedikit, tidak sampai 70 ekor, seperti dilaporkan laman World Wildlife. Maka badak jawa adalah spesies badak yang paling terancam punah.

2. Owa jawa 

Miris, 6 Hewan Endemik Pulau Jawa Ini Semakin Terancam Punah iucnredlist.org

Semakin berkurangnya hutan di Pulau Jawa tentu juga berpengaruh besar terhadap jenis hewan yang tinggal di pohon, yaitu primata. Owa jawa (Hylobates moloch) adalah salah satu yang terdampak. Primata endemik Pulau Jawa sebelah barat ini kini diberi status terancam oleh IUCN (International Union for Conservation of Nature).

Padahal owa jawa memiliki cukup banyak keunikan. Misalnya bahwa seperti manusia, kera ini hanya punya satu pasangan seumur hidup. Owa betina suka mengeluarkan teriakan yang terdengar seperti nyanyian, dan saking nyaringnya sampai bisa terdengar dari jarak 1 kilometer.

Owa jawa juga adalah kera dengan lengan terpanjang jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Menggunakan lengannya itu mereka bisa berayun dengan sangat lincah dari dahan ke dahan. Dan owa jawa adalah hewan yang cerdas karena bisa mengenali dirinya di cermin. Sayang banget kan kalau hewan unik ini suatu saat nanti punah?

3. Surili jawa 

Miris, 6 Hewan Endemik Pulau Jawa Ini Semakin Terancam Punah iucnredlist.org

Selain owa jawa, primata endemik Pulau Jawa lain yang keberadaannya semakin terancam adalah surili jawa (Presbytis comata). Terdapat dua subspesies dari monyet ini yaitu Presbytis comata comata yang menghuni hutan Jawa Barat dan Presbytis comata fredericae yang hidup di Jawa Tengah.

Seberapa terancam mereka? Laman Animal Info menyebut bahwa pada akhir 1980an, hanya 4 persen dari habitat asli mereka yang tersisa. Tentu, saat ini habitat mereka sudah semakin berkurang lagi. Monyet ini adalah pemakan daun, maka berkurangnya populasi mereka banyak disebabkan oleh penebangan hutan liar.

Baca Juga: Mengerikan, 6 Wabah Mematikan yang Disebabkan oleh Hewan 

4. Elang jawa 

Miris, 6 Hewan Endemik Pulau Jawa Ini Semakin Terancam Punah ebird.org

Elang jawa (Nisaetus bartelsi) disebut-sebut sangat mirip dengan burung garuda yang jadi lambang negara Indonesia. Sejak tahun 1992 juga burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia. Maka tentu cukup ironis bahwa keberadaan elang ini sudah semakin terancam.

IUCN menetapkan status elang berukuran sedang ini sebagai terancam punah, dengan jumlah di alam bebas berkisar 300-500 ekor. Kehilangan habitat jadi penyebab utama populasi elang ini terus berkurang. Selain itu, mereka juga kerap diperdagangkan secara ilegal sebagai hewan peliharaan.

5. Kancil jawa 

Miris, 6 Hewan Endemik Pulau Jawa Ini Semakin Terancam Punah marwell.org.uk

Kancil atau pelanduk disebut juga sebagai rusa tikus karena ukuran mereka yang kecil. Mereka adalah hewan ungulata terkecil di dunia, namun sebenarnya tidak termasuk ke dalam keluarga rusa sejati. Kancil jawa (Tragulus javanicus) adalah satu dari 10 spesies kancil yang ada di dunia.

Hewan mungil yang satu ini pun tidak luput dari ancaman karena aktivitas manusia. Laman Animal Diversity menyebut bahwa kancil jawa sering diburu untuk diambil kulitnya yang berbulu halus. Populasi mereka pun terus berkurang, namun pengembangbiakan di kebun binatang telah diupayakan untuk menyelamatkan mereka.

6. Macan tutul jawa 

Miris, 6 Hewan Endemik Pulau Jawa Ini Semakin Terancam Punah indoexcursions.com

Macan tutul jawa (Panthera pardus melas) adalah subspesies dari macan tutul yang hidup di Pulau Jawa. Setelah harimau jawa punah, macan tutul jawa kini jadi satu-satunya spesies kucing besar yang masih ada di pulau ini.

Laman Conservation Catalyst menyebut bahwa jumlah mereka di alam bebas diperkirakan hanya tinggal 250 ekor, sehingga status mereka pun sangat terancam. Sebabnya tentu adalah kehilangan habitat dan juga perburuan. Seperti badak jawa, macan tutul jawa juga terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon.

Itulah enam hewan endemik Pulau Jawa yang kini sudah terancam punah. Pembangunan dan kemajuan di Pulau Jawa memang sangat menakjubkan, namun cukup disayangkan karena kemajuan tersebut turut menyebabkan populasi banyak hewan unik tersebut terus berkurang. Semoga upaya untuk menyelamatkan mereka dari kepunahan bisa membuahkan hasil ya!

Baca Juga: 7 Hewan Endemik Indonesia Ini Jarang Diketahui, Yakin Pernah Lihat?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya