Comscore Tracker

Unik Banget! 5 Hewan Ini Memiliki Warna Ungu yang Indah

Salah satunya kodok berwarna ungu!

Jika kamu disuruh menyebutkan bunga atau buah yang berwarna ungu, kemungkinan besar kamu bisa menyebutkannya dengan mudah. Tapi bagaimana dengan hewan yang berwarna ungu? Mungkin kamu harus berpikir lebih lama dulu untuk menemukan jawabannya.

Memangnya ada hewan yang berwarna ungu? Tentu saja ada! Lima hewan ini adalah contohnya. Warna ungu mereka yang unik pasti membuat kamu kagum.

1. Martin ungu

Unik Banget! 5 Hewan Ini Memiliki Warna Ungu yang Indahebird.org

Yang pertama ada martin ungu (Progne subis), spesies burung layang-layang terbesar di Amerika Utara. Menurut laman All About birds, warna ungu pada bulu mereka khususnya kentara pada pejantan di bagian kepala hingga dada, sedangkan sayap dan ekornya berwarna coklat kehitaman.

Sebagaimana burung layang-layang pada umumnya, martin ungu terkenal dengan kecepatan terbangnya. Mereka juga seperti walet, mencari makanan berupa serangga di udara. Martin ungu umumnya terbang lebih tinggi daripada spesies burung lain sehingga kadang sulit diamati.

2. Katak ungu

Unik Banget! 5 Hewan Ini Memiliki Warna Ungu yang Indahpinterest.com

Katak ungu (Nasikabaratrachus sahyadrensis) adalah katak endemik India. Sebutan lain mereka adalah katak hidung babi. Edge of Existence menyebut bahwa katak ini menghabiskan sebagian besar hidupnya di dalam tanah, dan hanya keluar selama beberapa hari ketika musim kawin.

Karena jarang terlihat, katak ini baru secara resmi diidentifikasi oleh ilmuwan pada tahun 2003, meskipun sudah dikenal lama oleh penduduk lokal. Sayangnya, hanya beberapa tahun setelah diidentifikasi, katak ini sudah diberi status terancam punah karena perusakan habitat dan perburuan.

Baca Juga: 9 Tumbuhan Pemakan Hewan, Mangsanya Mulai dari Serangga hingga Mamalia

3. Bintang laut ochre

Unik Banget! 5 Hewan Ini Memiliki Warna Ungu yang Indahinhabitat.com

Beralih ke hewan laut, ada bintang laut ochre (Pisaster ochraeus) yang juga disebut bintang laut ungu. Dilansir dari laman Oceana, sebenarnya warna mereka bervariasi mulai dari oranye hingga coklat, tapi warna yang paling terkenal adalah yang ungu.

Hidup di perairan antara Alaska hingga California, bintang laut ini adalah pemakan kerang. Mereka juga adalah salah satu spesies yang jadi spesies indikator, yaitu spesies yang diamati untuk menentukan sehat atau tidaknya suatu wilayah. Maka mereka memegang peran cukup penting bagi ekosistem laut.

4. Dottyback anggrek

Unik Banget! 5 Hewan Ini Memiliki Warna Ungu yang Indahocearium-croisic.fr

Mungkin kamu sudah pernah melihat ikan yang berwarna ungu, tapi yang satu ini warna ungunya sangat ngejreng! Nama ikan ini adalah orchid dottyback alias dottyback anggrek (Pseudochormis fridmani). Ikan kecil berukuran sekitar 6 cm ini adalah endemik Laut Merah, laut di sebelah timur Mesir.

Menurut laman Fishlore, warna yang cantik membuat dottyback anggrek kerap jadi incaran untuk ikan hias. Perawatan ikan ini pun tergolong mudah karena makanan mereka hanya berupa udang kecil atau cacing. Jika kamu ingin memelihara ikan namun masih pemula, ikan ini maupun jenis dottyback lainnya bisa jadi pilihan yang cocok.

5. Siput ungu

Unik Banget! 5 Hewan Ini Memiliki Warna Ungu yang Indahsurg.org.au

Terakhir, ada siput ungu (Janthina janthina) yang hidup di lautan di seluas dunia. Siput ini tentu gak bisa berenang, maka mereka hidup dengan cara mengapung menggunakan gelembung udara yang terbuat dari lendirnya. Namun jika gelembung tersebut pecah, siput ini akan tenggelam dan mati.

Itulah lima jenis hewan yang tubuhnya berwarna ungu. Gimana, unik kan? Menurutmu, yang mana yang warna ungunya paling memesona?

Baca Juga: 7 Hewan Beracun Ini Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Manusia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You