Comscore Tracker

5 Hewan Ini Miliki Bagian Tubuh dengan Proporsi yang Gak Masuk Akal! 

Berdasarkan perbandingan dengan ukuran tubuhnya

Dunia hewan memang selalu bisa membuat kita kagum. Misalnya dalam hal ukuran, baik hewan yang berukuran sangat besar atau sangat kecil sama-sama menakjubkan. Tapi ternyata ada beberapa hewan yang ukurannya memiliki keunikan lain, yaitu dalam hal proporsi bagian tubuhnya.

Beberapa hewan punya bagian tubuh yang ukurannya terbilang gak masuk akal, karena terlalu besar atau panjang jika dibandingkan ukuran tubuhnya sendiri. Mau tahu hewan apa saja? Ini dia 5 contoh di antaranya.

1. Jerboa bertelinga panjang 

5 Hewan Ini Miliki Bagian Tubuh dengan Proporsi yang Gak Masuk Akal! newscientist.com

Bayangkan kamu punya telinga yang ukurannya mencapai dua pertiga ukuran tubuhmu. Mungkin kamu akan sulit menegakkan kepala karena keberatan oleh telingamu sendiri. Tapi bagi jerboa telinga panjang (Euchoreutes naso), ukuran telinga sebesar itu normal dan bahkan vital bagi kelangsungan hidupnya.

Dilansir dari National Geographic, jerboa telinga panjang hidup di kawasan gurun pasir yang panas. Tapi mereka bisa bertahan salah satunya karena telinga besarnya membantu mereka melepaskan panas sehingga tubuhnya lebih sejuk. Jika ukuran telinganya lebih kecil, jerboa justru bisa mati kepanasan.

2. Kelelawar nektar berbibir tabung 

5 Hewan Ini Miliki Bagian Tubuh dengan Proporsi yang Gak Masuk Akal! iucnredlist.org


Sementara kelelawat nektar berbibir tabung (Anoura fistulata) terkenal memiliki ukuran lidah yang gak masuk akal. Dilansir dari New Scientist, lidah kelelawar ini mencapai panjang 8,5 cm. Itu mungkin kedengaran gak istimewa, tapi ternyata panjang tubuh kelelawar ini sendiri hanya sekitar 5,5 cm.

Artinya, lidah mereka sekitar 1,5 kali panjang tubuhnya sendiri! Saking panjangnya, kelelawar ini butuh ruang khusus di bagian dadanya untuk menyimpan lidahnya itu saat tidak digunakan.

3. Ikan pari macan 

5 Hewan Ini Miliki Bagian Tubuh dengan Proporsi yang Gak Masuk Akal! fishbase.se

Ada pula hewang memiliki ekor dengan proporsi yang luar biasa jika dibanding panjang tubuhnya. Hewan itu adalah ikan pari macan (Himantura uarnak). Laman Aqua menyebut bahwa panjang ekor pari ini bisa mencapai tiga kali ukuran tubuhnya! Ukuran ekor yang panjang itu memudahkan mereka untuk mendeteksi adanya predator.

Baca Juga: 9 Hewan Liar Ini Gagal Dijadikan Hewan Jinak atau Didomestikasi

4. Burung gagang bayam hitam 

5 Hewan Ini Miliki Bagian Tubuh dengan Proporsi yang Gak Masuk Akal! ebird.org

Dari foto di atas mungkin kamu setuju bahwa burung ini seolah sedang memakai kaki palsu yang terlalu panjang untuknya. Yap, burung gagang bayam hitam (Himantopus himantopus) memang terkenal memiliki kaki yang sangat panjang jika dibandingkan dengan tubuhnya sendiri. Mungkin itulah yang membuat mereka mendapat sebutan gagang bayam.

5. Teritip 

5 Hewan Ini Miliki Bagian Tubuh dengan Proporsi yang Gak Masuk Akal! boingboing.net

Teritip adalah sejenis krustasea yang memiliki cangkang dan hidup menempel pada permukaan keras seperti batu karang atau cangkang penyu. Dalam bahasa inggris mereka disebut barnacle. Lalu apa yang istimewa dari hewan ini? Yaitu fakta bahwa mereka memiliki ukuran penis yang luar biasa!

Ya, meski berukuran kecil, penis teritip teryata bisa mencapai 10 kali panjang tubuhnya! Laman National Geographic menyebut bahwa teritip berevolusi dengan memperpanjang ukura penisnya guna mempermudah berkembangbiak. Namun ternyata ada efek sampingnya juga, yaitu ukuran penis yang terlalu besar kadang malah menyulitkan mereka sendiri untuk makan.

Itulah 5 hewan yang memiliki bagian tubuh dengan proporsi yang luar biasa jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Menurutmu, yang mana yang paling menakjubkan?

Baca Juga: Unik, 5 Hewan Ini Justru Diberi Nama Berdasarkan Hewan Lain 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya