10 Hewan Ini Punya Nama Paling Unik dan Konyol, Bikin Heran!

Ada yang dinamai dari nama artis dan tokoh kartun

Di dunia ini ada begitu banyak jenis hewan. Para ilmuwan umumnya setuju bahwa jumlah spesies hewan di dunia ini mencapai jutaan, dan jumlah tersebut terus bertambah setiap tahunnya. Tentunya butuh kerja keras bagi para ilmuwan untuk mempelajari setiap jenis hewan.

Bukan hanya mempelajari, menamai setiap hewan juga adalah tugas yang maha sulit. Setiap spesies baru yang ditemukan harus diberi nama, terutama nama ilmiah dan terkadang disertai nama umum, dan nama setiap spesies tentu harus berbeda. Duh, kebayang gak rumitnya?

Barangkali karena saking rumitnya, para ilmuwan pun seolah jadi kehabisan ide. Akhirnya beberapa hewan pun diberi nama atau sebutan yang sangat unik, bahkan terkesan aneh dan konyol.

Ini 10 contohnya yang mungkin bakal membuat kamu bertanya keheranan: kok namanya aneh banget ya?

1. Ubur-ubur telur goreng

10 Hewan Ini Punya Nama Paling Unik dan Konyol, Bikin Heran!featuredcreature.com

Mungkin si ilmuwan sedang lapar saat memberi nama pada ubur-ubur ini. Tapi kalau dilihat dari atas, ubur-ubur yang diameternya bisa mencapai 60 cm ini memang tampak seperti telur goreng mata sapi. Nama lainnya adalah ubur-ubur Mediterania karena habitatnya ada di sekitar Laut Mediterania, antara benua Eropa dan Afrika.

2. Carmenelectra shechisme

10 Hewan Ini Punya Nama Paling Unik dan Konyol, Bikin Heran!picssr.com

Hewan ini adalah sejenis lalat yang sudah punah, dan diberi nama oleh seorang entomologis bernama Neal Evenhuis. Dari nama hewan ini, bisa dengan mudah ditebak bahwa Neil adalah penggemar berat Carmen Electra, seorang aktris dan model asal Amerika Serikat. Dan ya, nama hewan ini dibaca 'Carmen Electra she kiss me'!

3. Campsicnemus popeye

10 Hewan Ini Punya Nama Paling Unik dan Konyol, Bikin Heran!theguardian.com

Ulah 'iseng' Neil Evenhuis rupanya tidak sampai di situ saja. Ia juga memberi nama unik Campsicnemus popeye kepada sejenis lalat di Polinesia Prancis. Alasannya? Karena bagian bawah kaki lalat ini membesar, persis seperti karakter kartun Popeye The Sailorman yang bagian lengan bawahnya membesar.

4. Aha ha

10 Hewan Ini Punya Nama Paling Unik dan Konyol, Bikin Heran!australiangeographic.com.au

Tapi apa yang dilakukan Neil Evenhuis masih lebih 'normal' dibanding kelakuan entomologis Arnold Menke. Menke memberi nama ilmiah Aha ha kepada sejenis tawon endemik Australia yang ia temukan. Nama itu muncul karena ketika melihat tawon tersebut, Menke langsung berkata "Aha, genus baru!" sehingga nama itu pun diberikan. Duh, ada-ada saja ya.

Baca Juga: 5 Fakta Aardvark, Hewan Penggali Tangguh dengan Bentuk Tubuh Unik

5. Cacing es krim cone

10 Hewan Ini Punya Nama Paling Unik dan Konyol, Bikin Heran!aphotomarine.com

Cacing dari famili Pectinariidae ini memiliki cangkang berbentuk tabung yang dianggap mirip es krim cone. Sebutan lainnya adalah cacing terompet. Cangkangnya itu mereka buat dari pasir dan digunakan untuk melindungi dirinya. Cacing ini adalah pemakan zat-zat sisa dan merupakan bagian penting dalam ekosistem laut.

6. Belut muka monyet

10 Hewan Ini Punya Nama Paling Unik dan Konyol, Bikin Heran!montereybayaquarium.org

Bukan menghina, tapi memang itulah sebutan umum untuk hewan ini. Meski disebut belut, mereka sebenarnya termasuk ikan dari famili Stichaeidae yang terkenal punya kemampuan menghirup oksigen dari udara. Mereka berhabitat di lautan Amerika utara.

7. Cacing pantat babi

10 Hewan Ini Punya Nama Paling Unik dan Konyol, Bikin Heran!ourbreathingplanet.com

Dengan melihat gambar di atas mungkin kamu langsung paham mengapa cacing ini mendapat nama seaneh itu. Nama ilmiahnya Chaetopterus pugaporcinus. Mereka hidup di laut, dan bentuk uniknya membuat mereka bisa melayang-layang di air. Bentuk tersebut akibat dari segmen tubuh mereka yang bisa mengembang sehingga berbentuk seperti bola.

8. Vini vidivici

10 Hewan Ini Punya Nama Paling Unik dan Konyol, Bikin Heran!eurosolutions.me

Kamu mungkin sering mendengar kalimat veni vidi vici yang dalam bahasa Latin berarti "Saya datang, saya lihat, saya menaklukkan". Tapi siapa sangka kalimat itu dijadikan nama ilmiah untuk sejenis burung nuri yang disebut nuri penakluk. Nuri ini pernah hidup di Polinesia, namun sejak 700-1300 tahun lalu mereka sudah punah.

9. Ular penis

10 Hewan Ini Punya Nama Paling Unik dan Konyol, Bikin Heran!huffingtonpost.com

Hewan ini adalah salah satu hewan dengan penampilan paling unik sekaligus paling aneh di dunia. Nama ilmiahnya Atretochoana eiselti, tapi penampilannya yang memang mirip penis membuat mereka mendapat sebutan ular penis. Namun sebenarnya mereka bukan ular, tapi sejenis amfibi tak berkaki. Mereka hidup di Hutan Amazon di Amerika Selatan.

10. Kura-kura ayam

10 Hewan Ini Punya Nama Paling Unik dan Konyol, Bikin Heran!herpsofnc.org

Kura-kura atau ayam? Jelas kura-kura, tapi mereka mendapatkan nama itu karena konon rasa daging mereka seperti rasa daging ayam! Kura-kura ini memang adalah jenis kura-kura yang umum dikonsumsi, dan dulu mereka kerap diperdagangkan di pasar-pasar di selatan Amerika Serikat. Kamu tertarik mencoba?

Itulah 10 hewan dengan nama yang unik dan konyol dari seluruh dunia. Melihat nama-nama tersebut, setidaknya kita bisa tahu kalau ilmuwan juga punya selera humor ya. Kalau menurut kamu, nama yang mana yang paling unik?

Baca Juga: 10 Hewan Biasa Ini Ternyata Punya Keunikan Anatomi, Sudah Tahu?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You