Comscore Tracker

Gak Banyak yang Tahu, 8 Hewan Ini Ternyata Punya Umur Panjang

Bukan cuma kura-kura lho yang bisa berumur panjang

Hewan apa yang berumur panjang? Kalau kamu ditanya demikian, mungkin yang langsung terpikir adalah kura-kura. Ya, kura-kura memang terkenal sebagai hewan yang berumur sangat panjang, bisa mencapai ratusan tahun. Selain itu, ada pula ubur-ubur, yang secara teknis bisa hidup selamanya karena mampu membalikkan proses penuaan hingga kembali muda!

Namun, apakah mereka saja hewan-hewan yang berumur panjang? Tentu tidak. Delapan hewan berikut ini juga tanpa disangka mampu hidup sangat lama, lho. Usia mereka bisa hampir sama dengan rata-rata harapan hidup manusia, dan bahkan ada sanggup yang melebihinya.

1. Flamingo 

Gak Banyak yang Tahu, 8 Hewan Ini Ternyata Punya Umur Panjangebird.org

Flamingo adalah burung yang terkenal dengan warna pink yang cantik. Tapi tahukah kamu bahwa mereka juga adalah burung yang berumur panjang? Laman Animal Diversity menyebut bahwa spesies Phoenicopterus roseus alias flamingo besar bisa hidup hingga 50 tahun di alam bebas. Sementara di penangkaran, rekor tertua yang pernah dicatat adalah 84 tahun!

2. Elang botak 

Gak Banyak yang Tahu, 8 Hewan Ini Ternyata Punya Umur Panjangwkms.org

Elang botak (Haliaeetus leucocephalus) juga adalah burung yang bisa berumur cukup panjang. Burung lambang negara Amerika Serikat ini punya rata-rata umur 20-30 tahun di penangkaran. Namun seekor elang botak pernah dicatat mencapai usiai 47 tahun di penangkaran.

Sementara di alam liar, elang botak bisa mencapai usia 28 tahun. Sebagai predator alfa, kematian elang botak tentu bukan disebabkan oleh pemangsa. Penyebab alami misalnya adalah kelaparan atau penyakit, sedangkan penyebab lain adalah tertabrak kendaraan, terkena perangkap, atau tidak sengaja diracuni.

3. Kondor andes 

Gak Banyak yang Tahu, 8 Hewan Ini Ternyata Punya Umur Panjanglazoo.org

Tak hanya elang botak, burung pemangsa lain yang juga berumur panjang adalah kondor andes (Vultur gryphus). Burung yang hidup di kawasan Pegunungan Andes ini adalah burung pemangsa terbesar di dunia dengan bentang sayap mencapai 3,2 meter dan berat 15 kg.

Selain ukurannya, usia burung ini juga menakjubkan. Rata-rata umur mereka di alam bebas diperkirakan 50 tahun. Sedangkan di penangkaran, mereka bisa hidup hingga 80 tahun. Kondor andes sendiri memang butuh waktu lama untuk jadi dewasa. Mereka baru mencapai kedewasaan seksual saat berusia 6-11 tahun.

4. Macaw hyacinth 

Gak Banyak yang Tahu, 8 Hewan Ini Ternyata Punya Umur Panjangebird.org

Burung macaw hyacinth (Anodorhynchus hyacinthinus) adalah salah satu burung tercantik dengan warna birunya yang ngejreng. Karena itu burung ini kerap dijadikan peliharaan. Sebagai peliharaan, macaw hyacinth adalah hewan yang bisa menemani pemiliknya hingga waktu sangat lama.

Itu karena burung ini bisa hidup hingga lebih dari 60 tahun di penangkaran, seperti dilansir laman The Spruce Pets. Tapi mereka adalah burung yang cukup sulit dipelihara, khususnya karena mereka adalah spesies macaw terbesar, sehingga butuh ruang yang besar pula. Karena itulah, burung ini lebih banyak dipelihara di kebun binatang.

Baca Juga: 10 Fakta Unik tentang Otak Hewan, Gak Semua Hewan Punya

5. Aligator amerika 

Gak Banyak yang Tahu, 8 Hewan Ini Ternyata Punya Umur Panjangnationalzoo.si.edu

Tak hanya burung, reptil pun bisa mencapai umur yang panjang. Aligator amerika (Alligator mississippiensis) adalah salah satunya. Hewan yang berhabitat di Amerika Utara ini bisa mencapai usia 56 tahun di alam bebas. Sementara di penangkaran, usia mereka malah bisa mencapai 73 tahun.

Sebagai predator alfa, aligator amerika yang sudah dewasa hanya terancam oleh keberadaan manusia. Perburuan sempat membuat populasi mereka terancam pada 1966. Namun populasi mereka berhasil ditingkatkan dan saat ini mereka diberi status risiko rendah oleh IUCN.

6. Tuatara 

Gak Banyak yang Tahu, 8 Hewan Ini Ternyata Punya Umur Panjangtheconversation.com

Tuatara (Sphenodon punctatus) adalah sejenis reptil endemik Selandia Baru. Mereka mirip kadal, tapi mereka bukan jenis kadal dan memiliki ordo sendiri yaitu Rhynchocephalia yang berasal dari periode Triasic sekitar 250 juta tahun lalu. Artinya, usia ordo tersebut sangatlah tua.

Tak hanya ordonya, tuatara sendiri bisa hidup sampai usia yang luar biasa. Laman Animal Diversity menyebut bahwa reptil ini bisa hidup hingga lebih dari 100 tahun! Mereka sanggup mencapai usia tersebut karena metabolisme yang lambat serta suhu tubuhnya yang rendah.

7. Lobster amerika 

Gak Banyak yang Tahu, 8 Hewan Ini Ternyata Punya Umur Panjangsciencenewsforstudents.org

Hewan yang satu ini juga bisa hidup hingga lebih dari 100 tahun. Lobster amerika (Homarus americanus) bisa mencapai usia tersebut karena hidup di perairan yang dingin sehingga metabolismenya melambat, seperti dilansir Live Science. Dan gak sekadar berumur panjang, lobster juga bisa tetap melakukan reproduksi pada usia tua, lho!

8. Ikan bebatuan 

Gak Banyak yang Tahu, 8 Hewan Ini Ternyata Punya Umur Panjangtradexfoods.com

Ikan biasanya berumur pendek, tapi beberapa jenis ikan ternyata bisa hidup hingga ratusan tahun, misalnya hiu greenland yang diperkirakan bisa hidup hingga 400 tahun. Selain itu, ada pula ikan bebatuan, sejenis ikan dari famili Sebastidae yang terdiri dari banyak spesies.

Banyak spesies ikan bebatuan yang bisa hidup hingga di atas 100 tahun. Salah satu spesies yaitu Sebastes aleutianus bahkan bisa hidup hingga lebih dari 200 tahun! Menurut laman Journal Storage, kuncinya adalah metabolisme lambat, serta tempat hidup mereka di kedalaman laut sehingga terhindar dari sinar ultraviolet yang turut menyebabkan penuaan.

Gimana, kamu nyangka gak bahwa ternyata hewan-hewan itu bisa mencapai usia sepanjang itu? Yuk menjaga habitat hewan-hewan di atas, jangan sampai punah ya!

Baca Juga: 5 Hewan yang Jago Menyamar Jadi Hewan Lain, Bikin Terkecoh!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya