Comscore Tracker

7 Hewan Kecil Ini Berukuran Superbesar pada Zaman Prasejarah

Hewan-hewan ini punya leluhur yang sangat besar 

Pernahkah kamu membayangkan seperti apa rasanya hidup di zaman purba? Mungkin yang terlintas dalam benak adalah kengerian karena harus hidup berdampingan dengan dinosaurus atau hewan mengerikan lain, misalnya mammoth dan macan gigi pedang. Ya, hewan-hewan raksasa di zaman purba memang menakjubkan sekaligus mengerikan.

Namun, jangan lupa bahwa pada zaman purba dulu bukan hanya dinosaurus atau mammoth yang berukuran besar. Hewan-hewan yang kita kenal dalam ukuran kecil saat ini pun pernah hidup dalam versi raksasanya pada berbagai periode zaman purba. Mau tahu hewan apa saja yang sekarang kecil tapi dulu berukuran luar biasa besar? Ini dia tujuh di antaranya.

1. Kelinci  

7 Hewan Kecil Ini Berukuran Superbesar pada Zaman Prasejarahnationalgeographic.com

Kelinci adalah salah satu hewan yang jadi favorit banyak orang karena tampilannya yang menggemaskan. Jika kita hidup sekitar 5 hingga 3 juta tahun lalu, ada kelinci yang justru bisa bikin bergidik ngeri. Itu adalah Nuralagus rex, kelinci purba yang ukurannya enam kali lebih besar dari kelinci modern!

Selain ukurannya, tampilan Nuralagus rex pun berbeda dari kelinci saat ini. Ruas tulang belakang mereka pendek dan kaku sehingga diperkirakan mereka gak bisa melompat. Mata mereka kecil dan telinganya pendek. Mereka juga diperkirakan gak punya predator alami di habitatnya. Itulah kenapa mereka bisa tumbuh hingga sebesar itu.

2. Tupai 

7 Hewan Kecil Ini Berukuran Superbesar pada Zaman Prasejarahalchetron.com

Mirip dengan kelinci, tupai juga umumnya dikenal sebagai hewan yang menggemaskan. Namun, di zaman prasejarah, ada tupai dengan panjang lebih dari 1 meter yang mungkin akan membuatmu ngeri. Tupai purba tersebut dinamakan Kopidodon macrognathus.

Kopidodon macrognathus diperkirakan hidup sekitar 47 juta tahun lalu. Ukuran mereka mencapai 115 cm. Adapun, lebih dari setengahnya adalah panjang ekornya. Mereka punya gigi taring yang besar, tapi temuan fosil menunjukkan bahwa mereka makan buah dan biji-bijian seperti tupai modern.

3. Kungkang 

7 Hewan Kecil Ini Berukuran Superbesar pada Zaman Prasejarahthoughtco.com

Kalau kamu pernah nonton film animasi Ice Age (2002), kamu pasti tahu tokoh Sid, si kungkang purba yang digambarkan berukuran tidak jauh berbeda dengan mammoth. Apakah kungkang sebesar itu memang pernah ada? Ya, namanya adalah Megatherium americanum yang hidup dari 23 juta tahun lalu hingga sekitar 11.000 tahun lalu alias periode zaman es terakhir.

Hewan ini bukan saja adalah kungkang terbesar yang pernah hidup, tapi juga salah satu mamalia terbesar yang pernah ada di bumi. Laman Prehistoric Wildlife menyebut bahwa panjang mereka mencapai 6 meter dan berat 4 ton!

Karena ukurannya yang sangat besar, tentu saja Megatherium americanum gak bisa memanjat pohon seperti kungkang modern. Mereka hidup di darat dan makan tumbuhan, tapi ada kemungkinan mereka juga kadang makan bangkai. Seperti kungkang, mereka adalah hewan yang lambat, tapi itu gak masalah karena mereka gak perlu kabur dari hewan apa pun.

Baca Juga: 5 Jenis Hewan Purba yang Sering Dikira Dinosaurus, padahal Bukan 

4. Katak 

7 Hewan Kecil Ini Berukuran Superbesar pada Zaman Prasejarahhowstuffworks.com

Gak hanya mamalia, katak yang sekarang rata-rata berukuran kecil pun punya leluhur yang ukurannya mengintimidasi. Namanya adalah Beelzebufo ampinga alias katak setan. Mereka hidup di Pulau Madagaskar sekitar 70 hingga 65 juta tahun lalu.

Seberapa besar katak ini? National Geographic menyebut bahwa panjangnya mencapai 41 cm dan berat 4,5 kg! Mereka adalah pemakan daging dan berburu dengan cara diam mematung menunggu mangsa berupa hewan kecil apa pun yang kebetulan lewat. Itu termasuk kadal, mamalia kecil, bahkan mungkin bayi dinosaurus yang baru lahir!

5. Burung hantu 

7 Hewan Kecil Ini Berukuran Superbesar pada Zaman Prasejarahlivescience.com

Burung hantu terbesar yang hidup sekarang adalah burung hantu elang (Bubo bubo) dengan panjang maksimal 71 cm. Namun, itu masih kalah dari burung hantu raksasa kuba (Ornimegalonyx oteroi) yang ukurannya bisa mencapai 1,2 meter dan berat 30 kg!

Burung hantu raksasa kuba hidup sekitar 10.000 tahun lalu. Karena ukurannya yang sangat besar, diperkirakan mereka tidak bisa terbang sehingga hanya hidup di tanah. Teori itu didukung dengan temuan bahwa kaki mereka panjang dan kuat hingga kemungkinan mereka adalah pelari yang hebat seperti burung unta.

6. Kerang 

7 Hewan Kecil Ini Berukuran Superbesar pada Zaman Prasejarahdocumentarium.com

Dari dunia bawah laut, kerang raksasa berukuran 3 meter pernah menghuni dasar laut 140 sampai 66 juta tahun lalu. Hewan itu bernama Platyceramus dan ia adalah kerang terbesar yang pernah hidup di bumi. Fosil Platyceramus yang mengandung mutiara juga pernah ditemukan, lho. Bisa bayangkan sebesar apa mutiaranya?

7. Piranha  

7 Hewan Kecil Ini Berukuran Superbesar pada Zaman Prasejarahhuffingtonpost.com

Piranha adalah ikan yang berukuran relatif kecil. Spesies piranha terbesar hanya punya panjang rata-rata 50 cm, tapi mereka tetap ditakuti banyak orang. Makanya, bayangkan betapa lebih mengerikannya lagi piranha purba yang ukurannya mencapai 1 meter!

Gak heran jika piranha masif tersebut diberi nama Megapiranha. Mereka hidup pada periode Miosen sekitar 23 hingga 5 juta tahun yang lalu di kawasan Amerika Selatan. Namun, ilmuwan belum bisa memastikan apakah mereka termasuk karnivor atau herbivor karena habitat mereka cukup memungkinkan untuk keduanya.

Itulah tujuh hewan yang saat ini berukuran kecil, namun punya leluhur berukuran sangat besar pada zaman prasejarah. Yang mana yang paling menakjubkan buatmu?

Baca Juga: 5 Bencana Global Dahsyat yang Pernah Terjadi di Masa Purba, Apa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya