Comscore Tracker

6 Hewan Laut Berpenampilan Terunik, Ada yang Seperti Malaikat!

Dunia bawah laut memang sangat luar biasa

Dunia binatang adalah dunia yang sangat luar biasa. Begitu banyak hewan di dunia ini yang menakjubkan dan unik, misalnya dalam hal penampilan. Beberapa hewan punya penampilan yang bakal membuat kita takjub sekaligus bertanya heran: kok aneh banget ya penampilannya?

Salah satu tempat terbaik untuk menemukan hewan yang penampilannya unik adalah laut. Lautan di dunia ini begitu luas dan penuh misteri, maka tidak heran jika ada banyak hewan aneh di dalamnya. Contohnya adalah enam hewan berikut ini. Check them out.

1. Lobster yeti

6 Hewan Laut Berpenampilan Terunik, Ada yang Seperti Malaikat!factanimal.com

Apakah kamu tahu yeti? Yeti atau manusia salju adalah makhluk legenda yang konon mirip kera raksasa dengan bulu putih dan tinggal di pegunungan di Tibet. Tentu saja yeti tidak nyata, tapi legenda tersebut menjadi inspirasi bagi penamaan hewan unik yang satu ini.

Lobster yeti (Kiwa hirsuta) adalah sejenis lobster yang berwarna putih dan tampak memiliki bulu lebat di tangan dan kakinya, persis yeti. Laman Fact Animal menyebut bahwa mereka hidup di perairan dalam di Samudera Pasifik Selatan. Ukuran mereka tidak terlalu besar, panjangnya hanya sekitar 15cm.

Mengapa lobster ini berbulu? Well, sebenarnya itu bukan benar-benar bulu, tapi penutup tubuh yang disebut setae. Fungsinya sendiri adalah untuk mendetoksifikasi air di sekitar mereka. Selain itu, karena lobster ini buta, setae itu juga membantunya menemukan makanan dan pasangan.

2. Malaikat laut

https://www.youtube.com/embed/558NuYmw8Kg

Tentu saja malaikat laut (Clione limacina) bukan benar-benar malaikat. Mereka adalah sejenis slug, yaitu siput tak bercangkang, dan hidup di laut. Tidak seperti siput pada umumnya, malaikat laut punya sirip sehingga bisa berenang. Putar video di atas dan lihatlah cara berenangnya yang indah dan membuat mereka disebut malaikat!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Babi Warthog, Hewan Protagonis di Film The Lion King

3. Naga laut berdaun

6 Hewan Laut Berpenampilan Terunik, Ada yang Seperti Malaikat!reeflifesurvey.com

Banyak hewan darat yang memiliki bentuk menyerupai daun supaya bisa berkamuflase. Apakah hewan laut juga ada yang seperti itu? Ada. Misalnya adalah naga laut berdaun (Phycodurus eques), yang merupakan sejenis kuda laut.

Bentuk tubuh mereka yang sangat mirip rumput laut membuat hewan ini bisa menyamar dengan baik di laut. Dikutip dari National Geographic, kebiasaan mereka melayang-layang di air juga membuat mereka makin sulit dideteksi predator maupun mangsanya. Tapi mereka juga bisa berenang dengan dua sirip mereka yang nyaris transparan.

4. Anemon laut venus flytrap

6 Hewan Laut Berpenampilan Terunik, Ada yang Seperti Malaikat!laughingsquid.com

Kamu tentu tahu venus flytrap, sejenis tumbuhan yang memiliki capit seperti mulut dan bisa menangkap serangga. Apakah di laut ada makhluk yang seperti itu? Ya, tapi bukan tumbuhan. Mereka adalah anemon laut venus flytrap, yang penampilannya memang mirip dengan tumbuhan venus flytrap.

Dilansir dari laman Smithsonian Institute, anemon laut venus flytrap terdiri dari beberapa spesies yang tergabung dalam genus Actnoscyphia. Mereka adalah hewan, meski penampilannya memang mirip tumbuhan. Persis seperti tumbuhan venus flytrap, mereka menggunakan capitnya untuk menangkap mangsa.

5. Siput laut biru

6 Hewan Laut Berpenampilan Terunik, Ada yang Seperti Malaikat!mnn.com

Dari foto di atas kamu pasti setuju kalau penampilan hewan ini sangat unik. Ya, siput laut biru (Glaucus atlanticus) terkenal karena penampilannya yang tidak biasa. Mereka kadang disebut naga biru karena penampilannya itu.

Uniknya, bagian tubuhnya yang berwarna biru cantik itu sebenarnya adalah perutnya. Siput ini mengambang di permukaan air dengan menggunakan kantung udara di tubuhnnya. Dengan mengapung terbalik, siput ini bisa berkamuflase karena dari atas permukaan air mereka terlihat biru seperti air laut.

Tapi meski cantik, siput ini tergolong berbahaya. Dilansir dari IFL Science, makanan mereka adalah ubur-ubur portugis yang beracun, sehingga mereka sendiri jadi beracun. Tapi racun mereka justru lebih berbahaya daripada ubur-ubur portugis karena lebih terkonsentrasi. Sengatan siput ini bisa menyebabkan sulit bernapas, kejang, bahkan kematian.

6. Lili laut

6 Hewan Laut Berpenampilan Terunik, Ada yang Seperti Malaikat!steemit.com

Kamu pasti sudah bisa menebak bahwa hewan ini dinamai lili laut karena bentuknya yang mirip dengan tumbuhan lili. Tapi mereka sebenarnya hewan apa? Mereka adalah sejenis bintang laut, yang penampilannya unik karena tangan alias tentakelnya yang berbentuk seperti daun.

Hewan ini biasanya menancapkan diri di dasar laut, sehingga tampak persis seperti anemon. Tapi mereka juga bisa berjalan seperti bintang laut pada umumnya. Warna mereka tidak hanya hijau, tapi ada juga yang berwarna merah, kuning, biru, dan hitam.

Itulah enam hewan laut yang penampilannya sangat unik. Pasti semakin menambah kekagumanmu terhadap dunia bawah air bukan? Kalau menurut kamu, yang mana yang paling unik?

Baca Juga: 7 Hewan Unik yang Bisa Ditemui di Korea Selatan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya