Comscore Tracker

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakus

Semua hewan ini sangat luar biasa!

Mengamati dan belajar tentang hewan memang gak pernah membosankan. Ada saja keunikan dan kehebatan hewan yang bisa membuat kita kagum. Mulai dari ukuran hingga kemampuan, ada banyak jenis hewan yang mencuri perhatian di antara hewan-hewan lainnya.

Beberapa jenis hewan bahkan saking luar biasanya hingga dinobatkan sebagai yang nomor satu dalam berbagai bidang. Misalnya 15 hewan berikut ini, yang adalah pemegang rekor dunia untuk berbagai kategori.

1. Hewan terbesar: paus biru

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakusdkfindout.com

Untuk kategori hewan terbesar, tentu saja juaranya adalah paus biru. Dilansir dari National Geographic, raksasa ini bisa tumbuh hingga sepanjang 32 meter dan bobot 200 ton. Itu menjadikan mereka hewan terbesar di dunia bukan saja saat ini, tapi juga sepanjang masa.

2. Hewan terpanjang: cacing tali sepatu

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakusalchetron.com

Meski terbesar, paus biru nyatanya bukan hewan terpanjang. Rekor itu dipegang oleh bootlace worm alias cacing tali sepatu (Lineus longissimus). Tubuh hewan ini tercatat di laman Guinness World Record hanya memiliki diameter 10 cm, tapi panjangnya bisa mencapai 55 meter!

3. Hewan tertinggi: jerapah

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakusleonardodicaprio.org

Yang satu ini kemungkinan kamu sudah tahu. Yap, siapa lagi hewan yang pantas disebut tertinggi di dunia kalau bukan jerapah? Laman Live Science mencatat bahwa jerapah bisa mencapai tinggi 5,5 meter. Bahkan bayi jerapah yang baru lahir saja memiliki tinggi sekitar 1,8 meter, alias lebih tinggi dari rata-rata orang dewasa!

4. Hewan pelari tercepat: cheetah

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakuspinterest.com

Kategori yang ini pun kemungkinan besar kamu sudah tahu pemenangnya. Laman One Kind Planet menyebut bahwa kecepatan maksimal cheetah bisa mencapai 113 km/jam. Akselerasi mereka pun luar biasa, dimana mereka bisa mencapai kecepatan 110 km/jam hanya dalam 3 detik!

5. Hewan penerbang tercepat: falkon peregrin

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakusaudubon.com

Meski sanggup berlari dengan kecepatan gila-gilaan, nyatanya cheetah bukanlah hewan tercepat di dunia. Predikat itu lebih tepat ditujukan buat falkon peregrin (Falco peregrinus). Saat sedang terbang menukik untuk menangkap mangsa, kecepatan terbang mereka bisa mencapai 320 km/jam!

6. Hewan perenang tercepat: ikan marlin hitam

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakusmarlinmag.com

Lalu siapakah sang juara renang di dunia binatang? Ikan marlin hitam (Makaira indica). Gak tanggung-tanggung, ikan yang juga hidup di perairan Indonesia ini tercatat mampu berenang dengan kecepatan 132 km/jam. Luar biasa!

7. Hewan paling lambat: Kungkang tiga jari

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakusmongabay.com

Ada hewan tercepat, tentu ada pula hewan yang gerakannya paling lambat. Kungkang berjari tiga dari genus Bradypus adalah hewan tersebut. Laman The Mysterious World menyebut bahwa kecepatan maksimal mereka hanya 4,8 meter per jam! Itu artinya, jika hewan ini berjalan seharian pun, mereka hanya akan mencapai jarak sekitar 115 meter saja.

Baca Juga: Apakah Virus Corona Bisa Menular Lewat Hewan yang Bermigrasi?

8. Hewan dengan lompatan terjauh: leopard salju

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakusreddit.com

Jika berbicara tentang jarak lompatan sebenarnya, jelas leopard salju (Panthera uncia) adalah pemenang kategori ini. Hidup di pegunungan terjal dan bersalju, hewan ini memang harus sering melompat dari tebing ke tebing. Maka gak heran jika mereka mampu melompat sejauh 15,2 meter, seperti dilaporkan National Geographic.

9. Hewan dengan lompatan tertinggi: kelinci ekor putih

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakuswildlifenorthamerica.com

Sementara pelompat tertinggi di dunia binatang justru bukan hewan bertubuh besar. Adalah kelinci berekor putih (Lepus townsendii) yang berhak mengklaim titel tersebut. BBC menyebut bahwa kelinci ini sanggup melompat setinggi 6,4 meter sekali lompat!

10. Hewan terkuat: kumbang kotoran

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakuspinterest.com

Jika meninjau tentang gaya angkat murni, maka hewan yang terkuat tentu adalah paus biru, karena mereka hewan terbesar. Tapi jika yang ditinjau adalah perbandingan beban dan berat tubuh, kumbang kotoran adalah juaranya. Kumbang ini mampu menarik beban yang beratnya 1.141 kali berat tubuhnya sendiri!

11. Hewan dengan gigitan terkuat: buaya nil

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakusmpalalive.org

Dengan kekuatan gigitan mencapai 5.000 psi (per square inch), buaya nil (Crocodylus niloticus) adalah hewan dengan gigitan terkuat di bumi. Sebagai perbandingan, kekuatan gigitan manusia hanya mencapai 160 psi. Artinya, gigitan buaya nil lebih kuat sekitar 30 kali lipat dari gigitan manusia!

12. Hewan paling mematikan: nyamuk

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakustheconversation.com

Tapi hewan paling mematikan di dunia bukanlah buaya atau hewan buas lainnya. Paling tidak jika kita mendefinisikan "paling mematikan" sebagai hewan yang paling banyak membunuh manusia, maka sudah jelas juaranya adalah nyamuk. Science Alert menyebut bahwa berbagai jenis penyakit yang disebabkan nyamuk merenggut sekitar 750 ribu nyawa manusia per tahun!

13. Hewan paling berisik: paus sperma

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakusthoughtco.com

Pendengaran manusia hanya kuat menahan suara berkekuatan hingga sekitar 120 desibel. Maka bayangkan gimana sakitnya telinga kita jika mendengar suara paus sperma yang bisa mencapai 230 desibel! Untung ya mereka hidup di dalam laut sehingga suaranya gak terdengar oleh kita!

14. Hewan dengan jarak migrasi terjauh: burung dara Arktik

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakusnationalgeographic.org

Banyak hewan yang melakukan migrasi tahunan. Tapi gak ada yang bisa mengalahkan jarak migrasi burung dara Arktik (Sterna paradisaea). Mulai dari Arktik di kutub utara hingga ke Antarktika di kutub selatan, burung ini menempuh lebih dari 70 ribu kilometer setiap tahun. Jarak itu sama dengan hampir dua kali keliling bumi lho!

15. Hewan paling rakus: lintah

15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakuschinadaily.com.cn

Tidak semua hewan makan setiap hari. Beberapa hewan harus menunggu lama untuk menemukan makanan, maka mereka akan makan serakus mungkin sewaktu menemukannya. Dan sang juara untuk kategori ini adalah lintah Haementeria ghilianii dan Hirudinaria menillensis, yang bisa menghisap darah hingga 7 kali berat badan mereka sekali makan. Wow, rakus banget ya!

Itulah 15 hewan yang pantas disebut terbaik di dunia untuk berbagai kategori, mulai dari yang terbesar hingga paling rakus. Yang mana yang paling membuatmu takjub?

Baca Juga: 5 Fakta Dimorfisme Seksual, Perbedaan Tampilan Hewan Jantan dan Betina

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya