5 Hewan Pengerat dengan Penampilan Terunik, Ada yang Warna-warni!

Penampilan mereka gak seperti hewan pengerat biasa, loh...

Hewan pengerat adalah jenis mamalia yang tergabung dalam ordo Rodentia. Mereka memiliki ciri khas, yaitu gigi seri depan yang tidak pernah berhenti tumbuh. Gigi tersebut bisa terus memanjang dan melukai diri mereka sendiri. Itu sebabnya, mereka harus sering mengerat alias menggigiti benda-benda di sekitar mereka.

Contoh hewan pengerat yang umum adalah tikus, tupai, dan berang-berang. Kemungkinan besar kamu sudah pernah melihat semua hewan tersebut. Namun, ternyata ada juga hewan pengerat yang memiliki penampilan unik dan mungkin kamu belum tahu. Apa saja? Ini dia lima di antaranya.

1. Tupai raksasa india

5 Hewan Pengerat dengan Penampilan Terunik, Ada yang Warna-warni!allthatsinteresting.com

Tupai berwarna cokelat pasti sudah biasa kamu lihat, tapi ada satu spesies tupai yang penampilannya cukup mengagumkan. Itu adalah tupai raksasa india. Sesuai namanya, tupai ini berhabitat di India. Mereka disebut tupai raksasa karena memang cukup besar. Panjang tubuhnya bisa mencapai 36 cm dan ekornya bisa mencapai 60 cm.

Namun, yang paling unik dari penampilan tupai ini tentu adalah warna bulunya yang tidak biasa. Bagian atas tubuhnya berwarna merah maroon, sedangkan bagian bawahnya oranye. Kadang, warnanya bahkan bisa lebih kaya lagi, mulai dari merah, hitam, kuning dan oranye. Unik banget, ya!

2. Jerboa telinga panjang

5 Hewan Pengerat dengan Penampilan Terunik, Ada yang Warna-warni!newscientist.com

Jerboa adalah hewan mirip tikus yang hidup di wilayah padang pasir di Afrika dan Asia. Hewan ini cukup unik karena cara mereka bergerak mirip kanguru, yaitu dengan melompat menggunakan dua kaki belakang sementara kaki depan mereka terangkat.

Ada beberapa jenis jerboa, dan umumnya mereka memang bertelinga besar dan panjang. Namun, jerboa telinga panjang punya telinga dengan ukuran sangat panjang, bahkan lebih panjang dari kepalanya sendiri. Ekor mereka sangat panjang, sekitar dua kali panjang badannya. Mereka menggunakannya untuk menjaga keseimbangan saat melompat.

Baca Juga: 7 Tempat Ini Memiliki Jumlah Hewan Lebih Banyak daripada Manusia

3. Kapibara

5 Hewan Pengerat dengan Penampilan Terunik, Ada yang Warna-warni!zooborns.com

Kapibara adalah jenis hewan pengerat yang berasal dari Amerika Selatan. Hal terunik dari hewan ini adalah fisiknya yang besar. Mereka bahkan dinobatkan sebagai hewan pengerat terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai sekitar 130 cm dengan bobot 66 kg!

Kapibara adalah hewan yang sangat suka dengan air. Mereka hidup di dekat rawa atau sungai, suka berenang, dan bisa menyelam hingga 5 menit lamanya. Mereka hidup dalam kelompok besar yang beranggotakan hingga 100 ekor, terutama di musim kering. Banyak kapibara berkumpul di dekat sumber air.

4. Mara patagonia

5 Hewan Pengerat dengan Penampilan Terunik, Ada yang Warna-warni!animalia.bio

Mara adalah sejenis hewan pengerat mirip kelinci yang hidup di Amerika Selatan. Meski mirip, mereka sebenarnya bukan kelinci. Itu karena kelinci tidak termasuk hewan pengerat. Ada dua spesies mara. Di antara keduanya yang paling unik adalah mara patagonia.

Penampilan mara patagonia sangat unik karena sekilas mirip gabungan antara kelinci dan rusa. Kedua kaki depannya kurus dan panjang, kontras dengan tubuhnya yang gempal. Telinganya yang panjang dan cara duduknya persis kelinci, tapi caranya berjalan dan berlari justru lebih mirip rusa atau antelop. Unik, bukan?

5. Tikus mol telanjang

5 Hewan Pengerat dengan Penampilan Terunik, Ada yang Warna-warni!smithsonianmag.com

Tikus mol atau tikus tanah adalah jenis hewan pengerat yang hidup di dalam terowongan yang mereka buat di dalam tanah. Ada banyak jenis tikus mol, tapi yang paling unik tentu adalah tikus mol telanjang. Tampang mereka terbilang aneh dengan tubuh yang tak berbulu dan gigi seri depan yang sangat panjang.

Tikus mol telanjang tidak butuh bulu karena mereka tinggal di terowongan yang hangat. Sementara, gigi mereka yang sangat panjang berguna untuk menggali tanah membuat terowongan.

Uniknya, gigi depan mereka tidak tumbuh dari gusi, melainkan dari bibir. Itu membuat mereka bisa menggali dengan lancar tanpa kemasukan tanah ke dalam mulut mereka.

Itulah lima hewan pengerat dengan penampilan yang paling unik. Mulai dari yang berbulu warna-warni hingga yang telanjang, semuanya sangat menarik, 'kan? Kalau menurut kamu, mana yang paling unik?

Baca Juga: 5 Hewan Asli dari Pulau Fiji yang Unik Banget 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You