Comscore Tracker

Selain Mammoth, Ini 10 Hewan di Zaman Es yang Perlu Kamu Tahu 

Kebanyakan memiliki ukuran yang super besar!

Zaman es adalah salah satu periode tersulit bagi makhluk hidup untuk bertahan. Terutama pada fase glasial, di mana lapisan es menutupi hampir seluruh bagian bumi. Hewan-hewan yang hidup kala itu harus punya kemampuan adaptasi yang hebat dalam suhu yang sangat dingin.

Kebanyakan hewan yang hidup kala itu berukuran super besar, contohnya mammoth si gajah raksasa yang berbulu tebal. Namun selain mammoth, masih ada banyak hewan menakjubkan lain yang hidup di zaman es. Mau tahu apa saja? Ini dia 10 potret hewan di antaranya.

1. Megaloceros giganteus adalah salah satu spesies rusa terbesar yang pernah hidup, dengan panjang mencapai 3,2 meter dan bobot 600 kg 

Selain Mammoth, Ini 10 Hewan di Zaman Es yang Perlu Kamu Tahu mnn.com

Tanduk mereka pun gak kalah luar biasa. Dilansir dari laman Prehistoric Fauna, lebar tanduknya itu bisa mencapai 3,7 meter! Tidak mengherankan jika mereka dinamai Megaloceros, yang secara harfiah berarti tanduk besar.

2. Terlihat seperti badak? Wajar karena hewan bernama Brontotherium ini adalah salah satu kerabat purba dari badak 

Selain Mammoth, Ini 10 Hewan di Zaman Es yang Perlu Kamu Tahu davesdinosaurs.com

Hewan ini memiliki nama lain yaitu Megacerops. Mereka termasuk ordo Perissodactyla, yang di dalamnya juga mencakup badak dan kuda. Namun tentu ukuran Brontotherium jauh lebih besar, dengan panjang mencapai 4,8 meter dan berat 3 ton.

3. Ada pula Coelodonta antiquitatis atau biasa disebut badak berbulu wol, hewan lain yang merupakan kerabat badak modern 

Selain Mammoth, Ini 10 Hewan di Zaman Es yang Perlu Kamu Tahu cbsnews.com

Penampilan mereka memang sangat mirip dengan badak modern. Yang membedakan tentu adalah bulu tebal yang menyelimuti tubuh mereka guna bertahan di suhu yang dingin. Ukuran mereka sendiri sangat besar, dengan panjang mencapai 3,8 meter dan berat hingga 3 ton.

Baca Juga: 5 Alasan yang Menyebabkan Hewan-hewan Raksasa Purba Punah dengan Cepat

4. Indricotherium atau disebut juga Paraceratherium pun termasuk hewan Perissodactyla yang hidup pada zaman es 

Selain Mammoth, Ini 10 Hewan di Zaman Es yang Perlu Kamu Tahu geomodel.it

Indricotherium bukanlah mamalia biasa. Menurut Britannica, mereka adalah mamalia darat terbesar yang pernah hidup di bumi! Panjang tubuh mereka mencapai 8 meter, tingginya 5,5 meter, dan bobot hingga 30 ton!

5. Herbivora lain yang menghuni bumi pada zaman es adalah Doedicurus, yang merupakan nenek moyang dari armadilo 

Selain Mammoth, Ini 10 Hewan di Zaman Es yang Perlu Kamu Tahu thoughtco.com

Panjang Doedicurus mencapai 4 meter dan bobot 1 ton. Seperti armadilo, ciri khas Hewan ini adalah pertahanannya yang sangat kuat, dengan cangkang keras serta ekor yang berduri tajam. Selain untuk melindungi diri dari predator, diperkirakan bahwa mereka juga menggunakan ekornya untuk saling bertarung memperebutkan pasangan.

6. Selain herbivora, tentu ada pula karnivora pada zaman es, salah satunya adalah Hyaenodon 

Selain Mammoth, Ini 10 Hewan di Zaman Es yang Perlu Kamu Tahu dinofan.com

Meski namanya mirip hyena, hewan ini bukan nenek moyang hyena. Tidak ada hewan modern yang merupakan keturunan langsung dari mereka. Ukuran Hyaenodon memang gak terlalu besar, dengan panjang hanya mencapai 1,5 meter dan berat 45 kg. Tapi dengan kekuatan gigitannya, mereka adalah salah satu predator paling menakutkan kala itu.

7. Andrewsarchus adalah karnivora lain yang sangat ditakuti pada zaman es 

Selain Mammoth, Ini 10 Hewan di Zaman Es yang Perlu Kamu Tahu dontcomply.com

Bisa tebak Andrewsarchus berkerabat dengan hewan apa? Ternyata, mereka termasuk Artiodactyla, ordo mamalia yang mencakup paus dan kuda nil! Berdasarkan fosil tengkorak yang ditemukan, diperkirakan bahwa Andrewsarchus memiliki panjang 3,6 meter, yang artinya mereka bisa jadi adalah mamalia karniora terbesar yang pernah hidup di bumi!

8. Yang satu ini adalah beruang moncong pendek, jenis beruang purba yang hidup di zaman es 

Selain Mammoth, Ini 10 Hewan di Zaman Es yang Perlu Kamu Tahu thoughtco.com

Beruang ini tergabung dalam genus Arctodus, dan spesies terbesar adalah Arctodus simus. Ukuran mereka jauh lebih besar dari beruang modern. Saat berdiri dengan dua kakinya, mereka bisa mencapai tinggi 4,2 meter! Sementara bobotnya sendiri nyaris 1 ton. Itu menjadikan mereka karnivora darat terbesar yang pernah hidup di kawasan Amerika Utara.

9. Burung predator pun ada pada zaman es, misalnya hewan ini yang bernama Diatryma  

Selain Mammoth, Ini 10 Hewan di Zaman Es yang Perlu Kamu Tahu aminoapps.com

Diatryma memiliki karakteristik yang cukup mirip dengan burung unta. Mereka bertubuh besar, tidak bisa terbang tapi bisa berlari cepat. Bedanya adalah burung unta merupakan herbivora, sementara Diatryma karnivora sejati. Laman Britannia menyebut bahwa mereka menggunakan paruhnya yang kuat dan besar untuk menangkap mamalia kecil.

10. Mirip dengan Diatryma, Titanis juga adalah burung predator yang meneror banyak hewan pada zaman es 

Selain Mammoth, Ini 10 Hewan di Zaman Es yang Perlu Kamu Tahu thoughtco.com

Laman Prehistoric Wildlife menyebut bahwa dengan kaki yang lebih panjang, Titanis kemungkinan lebih tangkas dalam mengejar mangsanya dibanding burung teror lain. Selain itu, mereka mungkin juga lebih jago dalam bermanuver sambil berlari.

Itulah 10 hewan luar biasa yang hidup di zaman es dulu. Menurut kamu, yang mana yang paling bikin takjub?

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Dinosaurus, Hewan Purba yang Bikin Kagum

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya