Comscore Tracker

Tak Biasa, 5 Hewan Unik Ini Punya Warna Kuning yang Ngejreng 

Warna mereka unik dibanding hewan sejenisnya 

Warna kuning adalah warna yang kerap kita temukan dalam beberapa jenis hewan. Anak ayam dan anak bebek biasanya identik dengan tubuh warna kuning. Beberapa jenis burung, ikan, dan serangga pun wajar jika memiliki warna kuning.

Nah, di artikel ini, kita akan melihat lima hewan yang sangat unik karena memiliki tubuh berwarna kuning. Mereka unik karena hewan sejenis mereka biasanya tidak berwarna kuning. Ini dia ulasan tentang mereka.

1. Kepiting hantu kuning 

Tak Biasa, 5 Hewan Unik Ini Punya Warna Kuning yang Ngejreng abcnews4.com

Kepiting biasanya khas dengan warna merah atau kadang abu-abu, tapi kepiting yang satu ini justru punya warna kuning yang mencolok. Mereka adalah kepiting hantu kuning (Ocypode convexa) yang kadang disebut juga kepiting hantu emas. Kepiting yang memiliki lebar sekitar 5 cm ini adalah endemik Australia bagian barat.

Dilansir laman Western Australia Muesum, sebutan kepiting hantu diberikan karena mereka bisa tiba-tiba muncul dari dalam pasir, lalu menghilang dengan sama mendadaknya kembali ke dalam pasir. Keunikan lain yang mereka miliki adalah kecepatannya yang luar biasa. Dalam sedetik, mereka bisa bergerak dengan kecepatan 100 kali ukuran tubuhnya!

2. Laba-laba kepiting goldenrod

Tak Biasa, 5 Hewan Unik Ini Punya Warna Kuning yang Ngejreng distanthill.org

Laba-laba kepiting goldenrod (Misumena vatia) mendapatkan namanya karena mereka sering hinggap di bunga tumbuhan goldenrod. Laba-laba ini bisa berwarna kuning ataupun putih, bergantung warna bunga yang sedang mereka hinggapi. Namun, menurut laman Insect Identification, mereka butuh waktu beberapa hari untuk mengubah warnanya sesuai lingkungan.

Laba-laba ini tidak memintal sarang untuk menjebak mangsa. Mereka berburu dengan memanfaatkan kamuflasenya di atas bunga. Saat ada kupu-kupu atau serangga lain yang hinggap ke atas bunga tersebut, mereka langsung menangkapnya. Dengan kakinya yang panjang dan kuat, mereka sanggup menangkap mangsa yang berukuran lebih besar daripada dirinya sendiri.

Baca Juga: Pencinta Hewan? 7 Film Animasi Hewan Ini Wajib Kamu Tonton

3. Iguana darat galapagos  

Tak Biasa, 5 Hewan Unik Ini Punya Warna Kuning yang Ngejreng galapagosconservation.org.uk

Sementara, iguana biasanya memiliki warna hijau atau warna gelap, tapi iguana darat galapagos (Conolophus subcristatus) justru memiliki warna kuning. Penampilan mereka mungkin tampak garang dan seperti karnivor, tapi sebenarnya mereka adalah reptil yang lembut dan merupakan pemakan daun dan buah-buahan.

Ukuran iguana ini cukup besar dengan panjang maksimal 1,5 meter dan berat 11,5 kg. Di habitat aslinya, iguana ini hanya terancam oleh predator alami saat masih berukuran kecil. Namun, saat ini mereka terancam karena hewan predator yang dibawa manusia seperti anjing dan kucing. Saat ini, status mereka adalah rentan terancam punah.

4. Siput pisang 

Tak Biasa, 5 Hewan Unik Ini Punya Warna Kuning yang Ngejreng sempervirens.org

Cocok banget nama siput ini, ya! Mereka gak punya cangkang dan warna tubuhnya kuning sehingga memang mirip seperti pisang. Siput pisang tergabung dalam genus Ariolimax dan terdiri dari tiga spesies. Yang terbesar adalah siput pisang pasifik (Ariolimax columbianus) yang panjangnya mencapai 25 cm, seperti dilansir National Geographic.

Meski warna kuning adalah yang paling umum, siput ini juga bisa berwarna cokelat, putih, atau hijau. Mereka adalah salah satu hewan paling lambat dan berjalan dengan kecepatan sekitar 16 cm per detik. Seperti siput pada umumnya, siput pisang juga memproduksi lendir untuk membantu dirinya bergerak serta untuk mempertahankan diri.

5. Viper bulu mata

Tak Biasa, 5 Hewan Unik Ini Punya Warna Kuning yang Ngejreng animalia.bio

Warna kuning juga warna yang cukup jarang terdapat pada ular. Makanya, viper bulu mata (Bothriechis schlegelii) ini tampak sangat unik karena seluruh tubuhnya berwarna kuning cerah. Viper ini memang biasanya berwarna kuning, tapi mereka juga bisa berwarna merah, cokelat, hijau, bahkan pink!

Nama viper ini cukup unik dan itu berasal dari sisik yang mencuat di atas matanya sehingga tampak seperti bulu mata. Menurut Animalia, sisiknya itu berfungsi untuk membantunya berkamuflase. Meski warnanya tampak cantik, ular ini sangat berbahaya karena memiliki bisa yang sanggup membunuh manusia.

Itulah lima hewan unik yang memiliki warna kuning yang tak biasa pada hewan sejenisnya. Yang mana yang tampak paling cantik menurutmu?

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Ekor Hewan, Ada Hewan yang Berekor Enam 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya