Comscore Tracker

6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf V, Kamu Tahu Vaquita? 

Ada hewan pengerat, monyet, hingga sejenis lumba-lumba 

Jenis hewan yang hidup di dunia ini sangat beragam. Cukup banyak yang sudah diidentifikasi dan dinamai oleh para ilmuwan meskipun mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya.

Lantas, tahukah kamu bahwa ada beberapa hewan unik di dunia yang namanya berawalan dari huruf V? Kalau kamu penasaran, berkenalan dengan enam hewan di antaranya, yuk!

1. Vole

6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf V, Kamu Tahu Vaquita? animals.net

Pertama ada vole, hewan pengerat yang penampilannya sangat mirip tikus. Namun, mereka berbeda dengan tikus. Laman Britannica menyebut bahwa mereka tergabung dalam famili Cricetidae yang mencakup hamster, lemming, dan muskrat. Vole terdiri dari banyak spesies, sekitar 70 spesies, meskipun beberapa sumber lain menyebut hingga lebih dari 100 spesies.

Salah satu perbedaan signifikan antara vole dengan tikus ialah vole memiliki moncong yang tumpul, tidak mancung seperti tikus. Selain itu, ekor mereka lebih pendek dari tubuhnya dan mata serta telinga mereka terbilang kecil. Persebaran mereka cukup luas, mulai dari Amerika Utara dan Tengah, Eropa, Asia Timur, hingga Libya di Afrka Utara.

2. Viscacha

6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf V, Kamu Tahu Vaquita? eso.org

Ada pula viscacha yang merupakan hewan pengerat seperti vole. Bedanya adalah penampilan mereka lebih mirip kelinci meskipun mereka tidak berkerabat dengan kelinci. Hewan yang berkerabat dengan mereka adalah chincilla. Menurut Britannica, viscacha terdiri dari empat spesies yang semuanya hidup di Amerika Selatan.

Tiga spesies viscacha dari genus Lagidium hidup di pegunungan dengan ketinggian 4.000 hingga 5.000 meter sehingga mereka disebut viscacha gunung. Penampilan mereka mirip kelinci karena telinganya yang panjang. Sementara satu spesies lagi adalah viscacha dataran tinggi (Lagostomus maximus) yang penampilannya lebih mirip guinea pig dengan telinga pendek.

3. Vikuna

6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf V, Kamu Tahu Vaquita? magazinehorse.com

Berikutnya, ada vikuna (Vicugna vicugna), hewan sejenis unta yang hidup di Amerika Selatan. Namun, kekerabatan mereka lebih dekat dengan alpaca, yang juga tergabung dalam genus Vicugna. Di antara semua hewan dari famili Camelidae yang mencakup unta, llama, dan alpaca, vikuna memiliki ukuran paling kecil.

Panjang mereka hanya mencapai 1,6 meter, tinggi 90 cm, dan berat 50 kg. Namun, mereka sanggup bertahan hidup di lingkungan yang dingin di sekitar Pegunungan Andes karena punya bulu yang panjang dan lebat. Bulunya itu menjadi incaran pemburu untuk dijadikan bahan pakaian sehingga populasi mereka mengalami penurunan.

Baca Juga: 5 Hewan yang Jago Menyamar Jadi Hewan Lain, Bikin Terkecoh!

4. Vervet

6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf V, Kamu Tahu Vaquita? britannica.com

Sementara, hewan yang satu ini adalah sejenis monyet, biasa disebut monyet vervet atau hanya vervet saja. Monyet ini tergabung dalam genus Chlorocebus dan mereka terdiri dari enam spesies. Istilah vervet memang bisa dipakai untuk menyebut keenam spesies itu, tapi biasanya yang kerap disebut vervet adalah spesies Chlorocebus pygerythrus.

Vervet hidup di Afrika dan merupakan hewan semiarboreal, yang artinya mereka lebih sering beraktivitas di tanah daripada di atas pohon. Mereka omnivor: memakan tumbuhan, jamur, serangga, serta hewan kecil lainnya. Monyet ini bisa dimakan oleh manusia sehingga populasi mereka terus berkurang terutama di daerah tempat orang mendapat daging dengan cara berburu.

5. Vanga

6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf V, Kamu Tahu Vaquita? ebird.org

Ada pula burung yang namanya berawalan huruf V, yaitu burung vanga, sebutan untuk burung yang tergabung dalam famili Vangidae. Laman Carolina Birds mendaftar sekitar 31 spesies dan mereka tersebar di Madagaskar dan Kepulauan Komoro di Afrika Timur. Meski berbeda-beda dalam penampilan, semua spesies vanga memiliki bentuk tengkorak yang sama.

6. Vaquita

6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf V, Kamu Tahu Vaquita? elsoldemexico.com.mx

Terakhir, ada vaquita (Phocoena sinus), yaitu spesies porpoise yang merupakan mamalia laut mirip lumba-lumba. Mereka adalah yang terkecil di antara semua porpoise, bahkan terkecil di antara semua Cetacean yang mencakup paus, lumba-lumba, dan porpoise. Panjang tubuhnya hanya 1,5 meter dan berat 54 kg, seperti dilansir dari One Kind Planet.

Vaquita hanya terdapat di Teluk California sehingga jumlah mereka di dunia sangat sedikit. Itu diperparah dengan kerusakan habitat, polusi, dan penangkapan ikan dengan jaring yang kerap ikut menjerat mereka. Makanya, gak heran jika mereka disebut Cetacean paling terancam punah di dunia dengan jumlah diperkirakan kurang dari 100 ekor saja.

Itulah enam hewan unik dari seluruh dunia yang memiliki nama berawalan huruf V. Nah, sekarang pengetahuanmu soal hewan semakin bertambah, kan?

Baca Juga: Unik, 5 Hewan Ini Justru Diberi Nama Berdasarkan Hewan Lain 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya