Comscore Tracker

6 Hewan yang Mampu Berjalan di Atas Air, dari Kadal hingga Burung  

Mereka melakukannya dengan metode yang berbeda-beda 

Berenang adalah kemampuan umum yang dimiliki oleh banyak hewan. Tapi bagaimana dengan berjalan di atas air? Kemampuan hebat itu tentu gak dimiliki sembarang hewan, maka hewan yang bisa melakukannya pantas disebut luar biasa. Mau tahu hewan apa saja yang punya kemampuan itu? Ini dia enam hewan di antaranya.

1. Kadal basilisk 

https://www.youtube.com/embed/CW0TijmAUqY

Pertama ada kadal basilisk (Basiliscus basiliscus), kadal yang sangat terkenal dengan kemampuannya berjalan di atas air. Well, sebenarnya mereka berlari di atas air, bukan berjalan. Tapi yang jelas kadal ini sampai dijuluki kadal Yesus karena keunikannya itu. Mereka kerap berlari untuk menyeberangi air apabila merasa terancam.

National Geographic menyebut bahwa hal itu dimungkinkan karena kadal ini mampu berlari kencang di atas air, kecepatannya sekitar 1,5 meter per sekon. Mereka memang hanya bisa melakukan itu hingga jarak beberapa meter. Tapi itu gak masalah, karena kadal ini punya trik cadangan yaitu kemampuan berenang yang bagus untuk melanjutkan perjalanan.

2. Tokek kerdil 

https://www.youtube.com/embed/M6UsKJUmq2A

Reptil lain yang punya kemampuan berjalan di atas air adalah tokek kerdil brasil (Coleodactylus amazonicus). Namun berbeda dengan kadal basilisk, tokek kerdil bukan sekadar bisa berjalan, tapi juga bisa berdiam diri di atas air tanpa tenggelam.

Laman Roaring Earth menjelaskan bahwa alasannya adalah karena kulit tokek ini kedap air. Ukuran dan bobot mereka yang sangat kecil juga membuat mereka bisa dibilang tak mungkin tenggelam. Kemampuan itu sangat berguna karena mereka tinggal di hutan hujan Amazon yang seringkali terdapat banyak genangan air.

3. Burung grebe 

https://www.youtube.com/embed/ZbRrxw-H6xA

Melihat burung yang bisa berenang adalah hal yang biasa. Tapi bagaimana dengan burung yang bisa berjalan di air? Laman Nature menyebut bahwa burung grebe barat (Aechmophorus occidentalis) dan grebe clark (Aechmophorus clarkii) bisa berlari di atas air sejauh 20 meter selama 7 detik sebagai ritual saat musim kawin.

Padahal burung yang hidup di Amerika Utara ini punya bobot mencapai 2 kg. Namun mereka tetap bisa berlari di atas air karena gerakan kakinya yang sangat cepat, hingga 20 langkah per detik. Selain itu, bentuk kaki mereka yang lebar mampu menghasilkan gaya yang cukup untuk menopang 55 persen berat tubuhnya.

Baca Juga: Unik, 6 Hewan Ini Tidak Berkerabat Dekat dengan Hewan Lain 

4. Laba-laba pemancing  

https://www.youtube.com/embed/qNIF7aA3LgQ

Sementara beberapa hewan bisa berjalan di atas air dengan memanfaatkan tegangan permukaan air. Contoh hewan yang seperti itu adalah laba-laba pemancing (genus Dolomedes). Dengan kakinya yang kedap air, laba-laba ini bisa berdiri diam karena tegangan permukaan air bisa menahan berat tubuhnya.

Tapi gak sekadar berdiam, laba-laba ini juga bisa berjalan di atas air, yaitu dengan cara mengayunkan kakinya dari depan ke belakang seperti sedang mendayung. Dengan kemampuan ini, laba-laba pemancing bisa berburu hewan yang hidup di air seperti katak dan ikan kecil.

5. Siput air 

6 Hewan yang Mampu Berjalan di Atas Air, dari Kadal hingga Burung  baynature.com

Empat hewan di atas mampu berjalan di atas permukaan air. Sementara hewan yang satu ini justru berjalan di bawah permukaan air. Seperti di gambar, siput air justru berjalan di air dalam posisi terbalik.

Bagaimana caranya? Pertama, siput air akan memerangkap udara di dalam cangkangnya supaya bisa mengambang. Lalu mereka memproduksi lendir yang akan kontak dengan permukaan air. Karena ada tegangan permukaan air, terjadi perbedaan antara kontak lendir dengan udara dan lendir dengan tubuh si siput.

Akibatnya, sebagian lendir siput akan tertekan hingga memendek dan sebagian lagi memanjang. Itu yang menyebabkan perbedaan tekanan yang mendorong siput ke depan. Kecepatan siput air sendiri saat berjalan di air adalah sekitar 0,2 cm per sekon.

6. Lumba-lumba  

6 Hewan yang Mampu Berjalan di Atas Air, dari Kadal hingga Burung  the-scientist.com

Terakhir, ada lumba-lumba yang punya kemampuan untuk berjalan di atas air. Lumba-lumba memang gak punya kaki, tapi mereka bisa "berjalan" mundur di atas permukaan air dengan ekornya. Namun berbeda dengan hewan-hewan tadi, lumba-lumba gak punya alasan khusus melakukannya selain sekadar untuk bersenang-senang.

Itulah enam hewan yang unik karena mempunyai kemampuan berjalan di atas air. Yang mana yang paling menakjubkan menurutmu?

Baca Juga: 5 Kemampuan Mengejutkan yang Dimiliki Hewan, Ada Ikan Bisa Bernyanyi!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya