Comscore Tracker

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Serigala, termasuk Ular dan Laba-laba

Kenapa, ya, mereka disebut serigala?

Kamu pasti tahu serigala, bukan? Hewan yang disebut-sebut sebagai cikal bakal anjing domestik ini terkenal sebagai predator ganas bergigi tajam yang mengandalkan kekuatan kelompok untuk berburu. Meski secara ukuran tak sebesar singa atau harimau, serigala tetap merupakan hewan buas yang berbahaya.

Nah, tahukah kamu bahwa ada beberapa hewan yang dinamai serigala karena memiliki karakteristik yang serupa? Hewan apa saja itu dan kenapa mereka mendapat sebutan serigala dalam namanya? Ini dia lima hewan tersebut.

1. Ikan serigala 

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Serigala, termasuk Ular dan Laba-labaoceana.org

Ada beberapa spesies ikan yang mendapat sebutan ikan serigala, salah satunya ikan serigala atlantik (Anarhichas lupus). Hanya dengan melihat sekilas saja, pasti kamu langsung tahu kenapa ikan ini mendapat sebutan serigala. Ya, ikan ini memiliki gigi tajam yang mencuat keluar, bahkan saat mereka sedang menutup mulutnya.

Meski tampak garang, laman Oceana menyebut bahwa ikan serigala atlantik sebenarnya tidak agresif. Mereka tak akan menggigit kecuali jika diganggu. Ikan ini memiliki tubuh yang panjang dan langsing seperti belut sehingga kadang mereka juga disebut belut serigala. Ukuran mereka sendiri cukup besar dengan panjang bisa mencapai 1,5 meter.

2. Cichlid serigala

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Serigala, termasuk Ular dan Laba-labaaquariumdomain.com

Sementara, cichlid serigala (Parachromis dovii) adalah salah satu spesies ikan cichlid (famili Cichlidae). Seperti ikan serigala, cichlid serigala juga memiliki gigi tajam dan merupakan ikan predator. Plus, ikan yang satu ini memang agresif sehingga sebutan serigala memang sangat cocok bagi mereka.

Cichlid serigala sendiri berhabitat asli di Amerika Tengah. Ukuran ikan ini bisa mencapai panjang 72 cm. Warnanya yang unik membuat ikan ini kerap dipelihara. Namun, karena karakternya yang agresif, ikan ini bukan pilihan terbaik bagi pemula yang baru ingin memelihara ikan.

Baca Juga: 6 Fakta Unik Sayap Hewan, Hewan Apa yang Mempunyai Sayap Terbesar?

3. Laba-laba serigala  

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Serigala, termasuk Ular dan Laba-labaterro.com

Laba-laba biasanya berburu dengan cara membuat sarang dan menunggu mangsanya terperangkap. Namun, laba-laba serigala berbeda. Laba-laba serigala adalah laba-laba dari famili Lycosidae yang tidak memintal sarang. Sebaliknya, mereka berburu dengan cara mengejar mangsanya, persis seperti serigala.

Tak heran jika National Geographic menyebut bahwa laba-laba serigala adalah sprinter di dunia laba-laba. Karena tidak membuat sarang, laba-laba serigala lebih banyak menghabiskan waktu di tanah atau bersembunyi di bawah batu atau dalam lubang di tanah. Laba-laba serigala terdiri dari ribuan spesies yang tersebar di seluas dunia, termasuk di Indonesia.

4. Serigala lebah 

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Serigala, termasuk Ular dan Laba-labadistinctlyaverage.co.uk

Serangga yang satu ini bernama serigala lebah, tapi sebenarnya mereka bukan lebah. Mereka adalah sejenis tawon yang berburu dan memangsa lebah. Karena itulah, mereka mendapat sebutan demikian. Tawon ini tergabung dalam genus Philanthus yang terdiri dari lebih dari seratus spesies.

Serigala lebah adalah hewan yang hidup soliter. Tawon ini sebenarnya adalah pemakan nektar. Namun, pada saat akan bertelur, tawon betina akan mencari lebah untuk dijadikan inang tempat menaruh telur-telurnya. Tawon ini akan menyuntikkan telurnya ke dalam tubuh lebah, lalu larva tawon akan memangsa si lebah dari dalam sebelum akhirnya keluar dan bermetamorfosis.

5. Ular serigala 

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Serigala, termasuk Ular dan Laba-labainaturalist.org

Terakhir, bahkan ular pun ada yang mendapat sebutan serigala. Ular serigala terdiri dari puluhan spesies dan mereka mendapatkan namanya karena taring besar yang terdapat di rahang atas dan bawahnya.

Meski namanya terdengar garang, ular serigala sebenarnya tidak berbahaya karena tidak berbisa. Mereka juga berukuran cukup kecil dengan panjang hanya mencapai sekitar 50 cm. Makanan ular ini adalah hewan kecil seperti amfibi dan reptil.

Itulah lima jenis hewan yang mendapatkan sebutan serigala dalam namanya karena karakteristik mirip serigala yang mereka miliki. Menurutmu, hewan mana yang paling pantas mendapat sebutan serigala?

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya