Comscore Tracker

Horor! 5 Hewan Ini Punya Kemampuan Unik yang Bikin Ngeri

Ada yang bisa menyemprotkan darah!

Membicarakan soal keunikan hewan memang tidak akan ada habisnya. Ada begitu banyak hewan yang mempunyai kemampuan unik yang akan membuat kita takjub melihatnya. Tapi ada juga beberapa kemampuan unik hewan yang gak hanya membuat kita takjub, tapi sekaligus juga ngeri.

Seperti menonton film horor, inilah lima kemampuan hewan yang terbilang mengerikan. Beberapa di antaranya mungkin juga bisa bikin kamu jijik, jadi dianjurkan untuk gak baca artikel ini sambil makan. Siap? Ini dia ulasannya.

1. Menggunakan tulang sebagai senjata

Horor! 5 Hewan Ini Punya Kemampuan Unik yang Bikin Ngerimentalfloss.com

Kamu tentu tahu Wolverine, sosok superhero Marvel yang dikisahkan punya kemampuan mengeluarkan tulang panjang dan tajam dari tangannya dan menggunakannya sebagai senjata melawan musuh. Nah, kemampuan semacam itu ternyata gak hanya ada di film fiksi, tapi juga di dunia nyata.

Spesies kodok berambut dari Afrika Tengah punya kemampuan itu. Saat merasa terancam, kodok ini akan dengan sengaja mematahkan tulang jari kakinya dan mengeluarkannya menembus kulit untuk kemudian digunakan sebagai senjata. Ilmuwan memperkirakan bahwa tulang tersebut bisa dimasukkan kembali ke dalam kakinya ketika otot si kodok sudah relaks.

Ada pula spesies salamander Pleurodeles waltl dari Spanyol yang mampu melakukan hal serupa, tapi lebih esktrim lagi. Bukannya tulang jari, salamander ini menggunakan tulang-tulang rusuknya sebagai senjata! Untunglah salamander punya daya regenerasi yang luar biasa, sehingga kemampuan itu gak akan menyebabkan luka permanen padanya.

2. Menyemprotkan darah

Horor! 5 Hewan Ini Punya Kemampuan Unik yang Bikin Ngeribbc.com

Kalau kamu orang yang gak kuat melihat darah, kamu mungkin bakal pingsan kalau melihat kadal bertanduk Texas "beraksi". Kadal ini terkenal dengan cara pertahanan dirinya yang unik sekaligus mengerikan: menyemprotkan darah dari matanya!

Darah yang ia keluarkan juga bercampur dengan sejenis zat berbau busuk yang bisa mengusir predator. Namun kemampuan ini biasanya hanya ia keluarkan dalam keadaan darurat, karena sekali semprotan bisa membuat kadal ini kehilangan hingga sepertiga darah di tubuhnya. Wah, kasihan juga ya.

Baca Juga: 10 Fakta Mengejutkan Hubungan Seks pada Hewan, Benar-benar Aneh! 

3. Memuntahkan organ-organ dalam perutnya

Horor! 5 Hewan Ini Punya Kemampuan Unik yang Bikin Ngeritheconversation.com

Ya, kamu gak salah baca. Beberapa hewan punya kemampuan untuk mengeluarkan isi perutnya, alias lambung, usus dan sebagainya lewat mulut untuk membuang sesuatu dari dalam perut mereka. Setelah melakukan hal ajaib itu, hewan-hewan tersebut akan menelan kembali organ-organ tersebut dan melanjutkan hidup seolah gak terjadi apa-apa.

Ada beberapa hewan yang bisa melakukan hal itu, contohnya beberapa spesies kodok. Kodok gak bisa muntah seperti manusia, jadi ketika mereka menelan sesuatu yang gak seharusnya mereka telan, mereka akan mengeluarkannya dengan cara mengerikan tadi.

Beberapa hewan laut juga bisa melakukan itu, seperti misalnya hiu. Hiu akan mengeluarkan organ dalam perutnya untuk memuntahkan benda-benda yang gak bisa mereka cerna, seperti plastik, tulang, dan bahkan parasit. Contoh hewan lain yang bisa melakukannya adalah ikan pari dan bintang laut.

4. Meledakkan tubuhnya

Horor! 5 Hewan Ini Punya Kemampuan Unik yang Bikin Ngerilivescience.com

Ada sebuah spesies semut yang punya nama ilmiah Colobopsis explodens. Perhatikan bahwa ada kata explodens di situ, yang pasti ada hubungannya dengan explosion alias ledakan. Ya, semut ini terkenal karena bisa melakukan "bom bunuh diri" alias berkorban meledakkan dirinya demi melindungi koloni.

Saat ada hewan yang datang mengganggu sarang mereka, semut pekerja akan meledakkan tubuhnya dan mengeluarkan cairan kuning beracun. Cairan ini efektif untuk mengusir atau bahkan membunuh si pengganggu. Wah, benar-benar rela berkorban ya.

5. Mengeluarkan organ dalamnya lewat anus

Horor! 5 Hewan Ini Punya Kemampuan Unik yang Bikin Ngerianimalfunfacts.net

Mirip seperti kodok dan hiu yang bisa memuntahkan organ-organ perutnya, teripang atau timun laut juga bisa mengeluarkan organ dalamnya. Bedanya teripang gak mengeluarkannya lewat mulut, tapi lewat anus. Ew!

Dan tujuannya pun berbeda. Teripang mengeluarkan organ-organ tubuhnya untuk mengalihkan perhatian predator yang ingin menyerangnya, misalnya penyu laut. Si penyu kemudian akan memakan organ-organ tersebut, dan si teripang pun kabur dengan selamat. Kehilangan organ bukan masalah bagi teripang, karena mereka bisa menumbuhkan seluruh organnya lagi.

Itulah lima kemampuan unik hewan yang terbilang mengerikan dan bahkan menjijikan. Tapi meskipun bikin ngeri, semua keunikan itu justru bikin mereka makin menarik untuk dipelajari. Setuju?

Baca Juga: 5 Kemampuan Super yang Dimiliki Hewan, Ada yang Bisa Hidup Abadi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You