Comscore Tracker

Sadis! 5 Hewan Ini Ternyata Suka Membunuh Tanpa Alasan

Sepertinya mereka membunuh hanya untuk bersenang-senang

Selama ini, kita mungkin mengira bahwa membunuh demi kesenangan adalah hal buruk yang hanya dilakukan manusia. Manusia kerap membunuh hewan hanya untuk bersenang-senang. Sementara, hewan sendiri biasanya tidak melakukan hal itu. Mereka hanya akan membunuh untuk mencari makan atau melindungi diri dari ancaman.

Namun, ternyata, anggapan itu gak sepenuhnya benar. Ada juga beberapa jenis hewan yang diketahui kerap membunuh hewan lain tanpa diketahui alasannya, lo. Satu-satunya kesimpulan adalah mereka membunuh hanya demi kesenangan semata. Hewan apa saja itu? Ini dia lima di antaranya.

1. Lumba-lumba hidung botol

Sadis! 5 Hewan Ini Ternyata Suka Membunuh Tanpa Alasanunsplash/darin ashby

Lumba-lumba kerap mendapat citra sebagai hewan yang cerdas, jinak, dan lucu. Mungkin gak banyak orang yang tahu bahwa faktanya mereka bisa jadi pembunuh berdarah dingin juga.

Dilansir dari laman Scribol, fakta itu terungkap melalui temuan pada 1997. Saat itu sejumlah besar bangkai porpoise, yaitu hewan mirip lumba-lumba, ditemukan di pantai Virginia, Amerika Serikat.

Penelitian ahli biologi mengungkapkan bahwa para porpoise itu mati akibat serangan lumba-lumba hidung botol, sebagaimana terlihat dari bekas gigitan di sekujur tubuh mereka.

Anehnya, lumba-lumba bukanlah hewan predator dari porpoise, sehingga mustahil mereka membunuh porpoise itu untuk dimakan. Selain itu, persediaan makanan saat itu tidak sedang menipis, sehingga tidak mungkin lumba-lumba membunuh porpoise karena persaingan mencari makan.

Itu sebabnya, kesimpulan yang mungkin hanyalah karena lumba-lumba membunuh sekadar untuk kesenangan.

2. Kucing

Sadis! 5 Hewan Ini Ternyata Suka Membunuh Tanpa Alasanunsplash/Erik-Jan Leusink

Yap, kucing domestik yang ada di sekitar kita, bahkan mungkin ada di rumahmu, adalah hewan lain yang kerap membunuh untuk bersenang-senang. Mungkin kamu sendiri pernah melihat kucing membunuh cecak, tikus, kecoak, atau hewan kecil lain. Namun, setelah itu, mereka sama sekali tidak memakannya.

Ilmuwan menduga bahwa sebagai predator, kucing menikmati kesenangan dalam berburu. Laman National Geographic bahkan menyebut bahwa kucing bertanggung jawab atas kematian miliaran mamalia dan burung setiap tahun.

Gak heran jika di beberapa tempat, seperti Selandia Baru melarang keberadaan kucing karena mengancam populasi hewan endemis di sana.

Baca Juga: Bikin Haru! Ini Ritual Kematian Hewan Layaknya Manusia

3. Macan tutul

Sadis! 5 Hewan Ini Ternyata Suka Membunuh Tanpa Alasanunsplash/HARSH TANK

Gak hanya kucing rumahan, keluarga kucing besar, yaitu macan tutul juga diketahui punya kebiasaan membunuh hewan secara besar-besaran, tanpa memakannya. Kadang, bahkan populasi hewan langka pun jadi korbannya.

Laman The Guardian melaporkan insiden pembunuhan penguin afrika oleh leopard pada 2016. Dari 33 penguin yang dibunuh, hanya 2 ekor yang dimakan. Dikenal sebagai pembunuhan surplus, insiden itu pun sempat memunculkan debat soal hewan mana yang harus lebih dilindungi, penguin afrika atau leopard.

4. Hiena

Sadis! 5 Hewan Ini Ternyata Suka Membunuh Tanpa Alasanunsplash/Sneha

Memiliki gigitan terkuat di dunia, hiena punya kemampuan membunuh yang luar biasa. Sebuah insiden di tahun 1966 menunjukkan bahwa kadang mereka bisa memanfaatkan kemampuan itu untuk membunuh hanya demi kesenangan.

Saat itu, sekelompok hiena tutul melakukan pembunuhan besar-besaran kepada sekawanan gazelle. Sebanyak 82 gazelle dibunuh dan 27 lainnya mendapat luka parah, hingga akhirnya mati perlahan.

Hanya sekitar 13 ekor yang dimakan dan tidak sampai habis. Bahkan, sisanya tidak dibawa untuk dimakan kemudian. Kesimpulannya adalah mereka hanya membunuh untuk kesenangan.

5. Gajah

Sadis! 5 Hewan Ini Ternyata Suka Membunuh Tanpa Alasanunsplash/AJ Robbie

Laman BBC melaporkan bahwa pada 2000, sekelompok gajah muda melakukan pembunuhan besar-besaran kepada badak di Taman Nasional Hluhluwe-Umofolozi di Afrika Selatan. Badak yang mati saat itu mencapai 36 ekor, bahkan beberapa di antaranya adalah badak hitam yang tergolong langka.

Penyebabnya sendiri diduga karena tidak adanya gajah dewasa yang bisa jadi panutan pada saat itu. Gajah-gajah muda tersebut telah kehilangan orangtua mereka sejak kecil. Akibatnya, saat bertumbuh, mereka berubah menjadi sangat agresif dan suka menyerang badak tanpa alasan.

Untungnya, pembunuhan itu akhirnya bisa dihentikan ketika enam ekor gajah dewasa jantan diperkenalkan ke taman tersebut. Dengan adanya gajah dewasa, perilaku gajah-gajah muda tersebut pun membaik dan tidak agresif lagi.

Itulah lima hewan yang ternyata suka membunuh hewan lain tanpa alasan. Namun, tentu kelakuan mereka tersebut masih bisa dimaklumi karena mereka hanya bertindak berdasarkan insting. Sementara, manusia yang berakal harusnya tidak melakukan pembunuhan demi kesenangan semata.

Baca Juga: 10 Bunga Ini Sering Dikira Hewan karena Penampilannya, Indah dan Unik 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You