Comscore Tracker

7 Hewan dengan Proses Kehamilan Terunik, Ada yang Bisa Ditunda!

Pada kuda laut, justru jantannya yang hamil

Kehamilan adalah proses alami paling ajaib di dunia. Embrio yang tadinya begitu kecil bisa bertumbuh menjadi bayi dengan anggota tubuh yang lengkap hingga akhirnya keluar ke dunia. Jika kamu pernah melihat video perkembangan bayi manusia di dalam rahim, kamu pasti sangat takjub, bukan?

Gak hanya manusia, kehamilan yang terjadi pada hewan pun gak kalah menakjubkan, dan beberapa di antaranya bisa dibilang unik. Hewan apa saja yang kehamilannya tergolong unik? Ini dia 7 di antaranya.

1. Gajah

7 Hewan dengan Proses Kehamilan Terunik, Ada yang Bisa Ditunda!flanderstoday.eu

Gajah adalah mamalia dengan masa kehamilan terlama. Dilansir dari Live Science, induk gajah mengandung selama 23 bulan alias hampir 2 tahun. Dan ukuran bayi mereka juga adalah yang terbesar di antara semua hewan darat, dengan berat mencapai 105 kg.

2. Hiu berumbai

7 Hewan dengan Proses Kehamilan Terunik, Ada yang Bisa Ditunda!wunc.org

Hiu memang bukan mamalia, tapi ada beberapa spesies hiu yang bereproduksi dengan cara ovovivipar. Mereka menghasilkan telur yang akan menetas dan berkembang di dalam perut induknya, lalu lahir seperti layaknya mamalia.

Contoh hiu yang melahirkan adalah hiu berumbai (Chlamydoselachus anguineus). Spesies hiu yang tergolong purba ini bisa mengandung anaknya selama 42 bulan alias 3,5 tahun! Maka hiu berumbai adalah hewan dengan rekor waktu kehamilan terlama.

3. Opossum Virginia

7 Hewan dengan Proses Kehamilan Terunik, Ada yang Bisa Ditunda!wildlifecenter.org

Hiu berumbai punya waktu kehamilan terlama. Lalu hewan apa yang waktu kehamilannya paling singkat? Jawabannya adalah opossum Virginia (Didelphis virginiana) yaitu sejenis opossum yang hidup di Amerika Utara. Berapa lama opossum virginia mengandung bayinya? Hanya sekitar 12 hari! Wah, kalau manusia bisa seperti itu mungkin enak ya.

Baca Juga: 5 Fakta Hewan Tasmanian Devil, Si Iblis yang Sebenarnya Lucu

4. Kuda laut

7 Hewan dengan Proses Kehamilan Terunik, Ada yang Bisa Ditunda!insh.world

Jenis hewan betina yang paling santai mungkin adalah kuda laut, karena mereka tidak perlu hamil. Sebaliknya, si jantan lah yang harus mengandung bayi di dalam perutnya! Well, sebenarnya gak juga sih. Kuda laut jantan tidak benar-benar hamil seperti yang mungkin kamu bayangkan.

Kuda laut jantan memiliki semacam kantong pada perutnya. Si betina lalu menaruh telur-telur yang belum dibuahi ke dalam kantung si jantan, lalu si jantan pun membuahinya dan menyimpan telur-telur itu sampai menetas.

Maka kuda laut jantan sebenarnya tidak benar-benar hamil. Mereka lebih mirip kanguru yang menaruh bayinya di dalam kantong. Alasan kuda laut menaruh bayi di kantong tentu adalah untuk perlindungan. Telur-telurnya tetap bisa berkembang dan menetas di luar kantong, tapi perkembangannya tidak sebaik sewaktu di dalam kantong.

5. Tenrec tak berekor

7 Hewan dengan Proses Kehamilan Terunik, Ada yang Bisa Ditunda!animalia.bio

Hewan yang bertelur bisa menghasilkan telur hingga ribuan atau bahkan jutaan butir dalam sekali kesempatan. Tapi bagaimana dengan hewan yang melahirkan? Rekor terbanyak ternyata dimiliki oleh tenrec tak berekor (Tenrec ecaudatus).

Hewan mirip tikus yang hidup di Pulau Madagaskar ini diketahui bisa melahirkan hingga 32 bayi sekaligus! Itu adalah rekor di antara semua mamalia. Wah, kalau manusia mengandung bayi sampai sebanyak itu, apa yang bakal terjadi ya?

6. Guinea pig

7 Hewan dengan Proses Kehamilan Terunik, Ada yang Bisa Ditunda!expressandstar.com

Hewan mirip hamster yang kerap jadi hewan peliharaan ini ternyata memiliki rekor unik dalam hal kehamilan. Guinea pig sangat cepat mencapai kedewasaan seksual. Mereka sudah bisa hamil ketika baru berusia 4 minggu! Selain itu, mereka ternyata bisa langsung berhubungan seks lagi hanya 2 jam setelah melahirkan. Waduh!

7. Armadillo

7 Hewan dengan Proses Kehamilan Terunik, Ada yang Bisa Ditunda!howlermag.com

Bagi beberapa hewan, waktu kelahiran adalah sesuatu yang bisa ditunda. Contohnya adalah armadillo. Hewan yang terkenal dengan armornya ini bisa menunda waktu kelahiran bayinya jika kondisi lingkungan sedang tidak mendukung.

Saat si induk menunda waktu kelahiran, embrio bayi armadillo pun akan berada dalam masa dorman alias tidak berkembang. Mereka bisa menunda kelahiran hingga sekitar 4 bulan. Selain armadillo, ada beberapa hewan lain yang bisa melakukannya, misalnya beruang dan badger.

Itulah 7 hewan dengan proses kehamilan terunik. Menurut kamu, mana yang paling unik dan mengejutkan?

Baca Juga: 5 Fakta Hewan Wolverine, Si Garang yang Jadi Inspirasi Superhero

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You