Comscore Tracker

5 Kemampuan Mengejutkan yang Dimiliki Hewan, Ada Ikan Bisa Bernyanyi!

Gak nyangka ternyata mereka punya kemampuan ini 

Setiap jenis hewan di dunia ini punya kemampuan yang jadi ciri khasnya masing-masing. Misalnya ikan yang punya kemampuan berenang, burung bisa terbang, atau burung yang bisa bernyanyi. Kamu pasti gak heran kalau melihat hewan-hewan tersebut menunjukkan kemampuan yang memang jadi ciri khas mereka.

Tapi beberapa hewan ternyata punya kemampuan mengejutkan yang gak disangka. Misalnya tahukah kamu bahwa ada ikan yang bisa bernyanyi? Yuk lihat faktanya dalam ulasan lima hewan yang punya kemampuan mengejutkan berikut ini.

1. Unta bisa berenang 

https://www.youtube.com/embed/muJvSx-I19g

Unta tinggal di padang pasir yang gersang. Maka mereka sangat jarang bertemu air dalam jumlah banyak, apalagi yang bisa dipakai berenang. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya unta bisa berenang? Yap, seperti bisa kamu lihat dalam video di atas, unta ternyata gak kesulitan untuk berenang di laut.

Hal itu sejalan dengan laman BBC yang menyebut bahwa hampir semua mamalia memang bisa berenang secara alami, termasuk unta. Terutama unta kharai, sejenis peranakan unta yang hidup di Gujarat, India. Laman The Hindu bahkan menyebut bahwa sekali masuk ke air, unta kharai bisa berenang hingga berjam-jam!

2. Kalkun bisa terbang 

https://www.youtube.com/embed/uJ_jrb0oPIg

Kamu pasti tahu kalkun, sejenis unggas mirip ayam yang biasanya memiliki tubuh besar dan gemuk. Karena posturnya itu, rasanya sulit membayangkan bahwa mereka bisa terbang. Tapi faktanya adalah sebenarnya kalkun bisa terbang lho.

Memang, kalkun yang diternak tidak bisa terbang karena mereka sengaja dibuat gemuk. Tapi kalkun liar masih punya kemampuan terbang. Misalnya kalkun liar timur (Meleagris gallopavo silvestris) yang hidup di Amerika.

Live Science menyebut bahwa kalkun liar memang harus terbang pada malam hari karena mereka tidur di atas pohon. Namun jangan bayangkan bahwa kalkun bisa terbang tinggi hingga puluhan kilometer seperti burung. Kalkun liar bisa terbang hingga kecepatan 88 km per jam, tapi hanya untuk waktu singkat.

Baca Juga: 6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf V, Kamu Tahu Vaquita? 

3. Kura-kura bisa berlari cepat 

https://www.youtube.com/embed/ZNkerUALPQY

Selain siput, hewan yang terkenal dengan gerakannya yang lambat di darat adalah kura-kura. Tapi ternyata tidak semua jenis kura-kura seperti itu. Kura-kura cangkang lunak (famili Trionychidae) punya kecepatan yang cukup menakjubkan di darat.

Laman The Southern menyebut bahwa kura-kura ini punya kemampuan itu karena cangkang mereka lunak. Cangkang lunak itu gak cukup melindungi mereka dari predator, maka mereka harus bisa belari cepat untuk kabur. Kecepatan lari mereka sendiri bisa mencapai 6,4 km per jam.

Mungkin kedengarannya gak istimewa, tapi jangan lupa bahwa kura-kura ini hanya berukuran sekitar 60 cm. Maka sebenarnya kecepatan itu setara dengan manusia setinggi 180 cm yang berlari dengan kecepatan sekitar 19 km/jam. Lumayan cepat, kan?

4. Ular bisa melompat 

https://www.youtube.com/embed/t-N02N-PKXQ

Aneh membayangkan bahwa seekor ular bisa melompat. Kaki saja gak punya, gimana mau lompat? Tapi itulah tepatnya yang bisa dilakukan oleh ular dari genus Dendrelaphis. Dilansir dari National Geographic, ular yang hidup di Australia ini bisa melompat.

Kemampuan itu sangat berguna bagi ular ini untuk melompati gap pendek antara dua pohon. Caranya adalah mereka menekuk sedikit tubuhnya, lalu melentingkannya ke depan dengan kekuatan otot perutnya. Kamu bisa melihat aksinya itu dalam video di atas.

5. Ikan bisa bernyanyi  

https://www.youtube.com/embed/vSmEsuhEDK0

Banyak hewan yang bisa menghasilkan suara merdu seperti nyanyian dari mulutnya untuk berkomunikasi. Tapi kalau disuruh menyebut contohnya, kamu pasti gak akan menyebut ikan. Namun tahukah kamu bahwa ada ikan yang punya kemampuan itu?

Ikan tersebut bernama plainfin midshipman (Porichthys notatus). Ikan ini hidup di Samudera Pasifik, dan pada musim kawin para pejantan ikan ini akan mengeluarkan suara senandung untuk menarik perhatian betina. Selain itu, ikan ini juga bisa mengeluarkan suara geraman untuk mengintimidasi jantan lain.

Menurut Live Science, suara yang mereka keluarkan sangat keras hingga banyak pemilik kapal yang bermalam dekat dermaga jadi gak bisa tidur karena terlalu berisik. Mau tahu seperti apa suaranya? Dengarkan saja video di atas.

Itulah lima fakta tentang hewan yang ternyata punya yang gak disangka. Dari semuanya, yang mana yang paling mengejutkanmu?

Baca Juga: 10 Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan, Keren Banget! 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya