10 Laba-Laba dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Merak

Banyak yang punya penampilan unik untuk berkamuflase

Laba-laba adalah salah satu makhluk yang paling unik dan menarik. Hewan ini ditakuti banyak orang karena penampilannya dianggap menyeramkan. Tapi mereka juga membuat banyak orang takjub dan tertarik untuk memeliharanya. Kalau kamu, termasuk yang takut atau kagum?

Nah, dari sekian banyak jenis laba-laba, kita tahu bahwa ada jenis laba-laba yang beracun dan yang tidak. Namun, kali ini yang akan kita bahas adalah soal penampilannya. Ada beberapa spesies laba-laba yang penampilannya sangat unik dan mungkin belum pernah kamu lihat. Apa saja? Ini dia ulasannya.

1. Laba-laba ranting

10 Laba-Laba dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Merakhowstuffworks.com

Laba-laba ranting adalah sebutan untuk sejenis laba-laba dari genus Ariamnes yang terkenal karena penampilannya menyerupai ranting pohon. Mereka hidup di India, Australia, dan juga Asia Tenggara. Bentuk tubuhnya yang unik itu tentu ditujukan sebagai kamuflase.

Selain bentuk tubuhnya, bentuk sarang yang mereka buat juga unik. Tidak seperti laba-laba lain, laba-laba ranting memintal jaringnya dengan bentuk seperti huruf Y. Namun, bukan berarti bentuk yang unik itu tidak efektif. Ternyata, sarangnya bisa mengelabui serangga yang mengiranya sebagai tempat hinggap yang aman.

2. Laba-laba merak

10 Laba-Laba dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Merakcbsnews.com

Melihat gambar di atas, kamu pasti mengerti kenapa laba-laba ini disebut laba-laba merak. Ya, laba-laba dari genus Maratus memiliki ciri khas unik berupa pola unik berwarna-warni yang terdapat di tubuhnya.

Bukan cuma pola uniknya yang membuat mereka mirip merak, tapi juga fungsi dari pola tersebut. Hanya laba-laba jantan yang memiliki pola itu dan mereka menggunakannya untuk menarik perhatian betina sambil menari. Benar-benar persis merak, ya!

3. Laba-laba punggung duri

10 Laba-Laba dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Merakarachne.org.au

Laba-laba dari genus Gasterachanta memiliki ciri unik yang lain lagi. Mereka disebut laba-laba punggung duri karena terdapat struktur keras mirip duri pada bagian atas abdomennya. Duri dan warna cerah tubuhnya bisa mengintimidasi predator, tapi mereka sendiri tidak berbahaya bagi manusia.

4. Laba-laba merah peniru semut rangrang

10 Laba-Laba dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Merakpinterest.com

Namanya cukup panjang ya? Kamu juga bisa menyebutnya dengan nama ilmiahnya, yaitu Myrmaranche plataloides. Dari gambar di atas kamu tentu paham kenapa laba-laba ini disebut peniru semut rangrang, bukan? Namun, delapan kakinya tidak bisa berbohong. Hewan ini memang laba-laba, bukan semut.

Fungsi dari penyamarannya sendiri adalah untuk mendapat perlindungan. Jika sebagian besar hewan menjauhi semut rangrang, maka laba-laba ini suka berada di dekat sarang semut rangrang untuk menghindari predator. Mereka adalah jenis laba-laba pelompat, yaitu laba-laba yang tidak menggunakan jaring untuk menangkap mangsa.

5. Laba-laba tunggul pohon

10 Laba-Laba dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Merakfineartamerica.com

Masih ada lagi laba-laba yang memiliki penampilan super unik untuk menyamar. Laba-laba tunggul pohon berkamuflase dengan memanfaatkan bentuk tubuhnya yang sangat mirip tunggul pohon kering. Laba-laba ini memintal sarang, lalu menunggu mangsanya sambil menyamar. Apakah kamu bisa melihatnya pada gambar di atas?

Baca Juga: 5 Hewan Endemik Selandia Baru yang Unik, dari Burung hingga Reptil

6. Laba-laba tanduk panjang

10 Laba-Laba dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Merakflickr.com/hoky0100

Laba-laba ini agak mirip laba-laba punggung duri. Keduanya sama-sama memiliki struktur mirip duri atau tanduk di punggung mereka, tapi yang satu ini sangat panjang. Bahkan, jauh lebih panjang daripada tubuh mereka sendiri. Fungsi tanduk tersebut adalah untuk mengintimidasi predator.

7. Laba-laba ekor kalajengking

10 Laba-Laba dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Merakbrisbaneinsects.com

Laba-laba dan kalajengking sama-sama tergabung dalam keluarga Arachnida. Tapi mereka jelas hewan yang berbeda. Nah, laba-laba yang satu ini justru tampak seperti gabungan keduanya. Kalau mereka sedang gak hinggap di sarangnya, mungkin kamu akan mengira hewan ini adalah kalajengking.

Akan tetapi, ekornya yang panjang seperti kalajengking itu tidak bisa menyengat sehingga tidak berbahaya bagi manusia. Selain ekornya yang unik, laba-laba ini terbilang cukup normal. Mereka membangun sarang dan menunggu mangsanya seperti laba-laba pada umumnya.

8. Laba-laba peniru kepik

10 Laba-Laba dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Merakdeviantart.com

Kepik atau biasa dikenal sebagai ladybug adalah jenis kumbang yang cantik, namun bisa mengeluarkan zat kimia yang terasa tidak enak di lidah. Burung pun akan menghindari kumbang ini.

Fakta itulah yang dimanfaatkan oleh laba-laba dari genus Paraplectana. Mereka meniru penampilan kepik untuk menghindari predator sekaligus mengelabui mangsanya.

9. Laba-laba kepiting kotoran burung

10 Laba-Laba dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Merakincrediblethings.com

Kita sudah membahas banyak jenis laba-laba yang punya penyamaran unik, namun yang satu ini bukan hanya unik melainkan juga menjijikkan. Laba-laba ini tidak hanya punya penampilan seperti kotoran burung, namun mereka juga mengeluarkan bau busuk!

Mengapa mereka menyamar sebagai sesuatu yang menjijikkan? Tentu saja untuk menghindari dari predator, terutama burung itu sendiri. Selain itu, penyamaran mereka juga efektif untuk mengecoh serangga yang mengira mereka sebagai kotoran burung yang tidak berbahaya.

10. Laba-laba cermin

10 Laba-Laba dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Meraktreehugger.com

Laba-laba cermin mendapatkan namanya karena abdomennya yang berwarna unik dan mengkilap. Sekilas, abdomennya tersebut lebih mirip cangkang siput, ya? Laba-laba ini endemik Australia dan fungsi dari abdomennya yang berkilau itu untuk kamuflase. Kilaunya terlihat seperti tetesan air hujan, loh!

Itulah 10 spesies laba-laba dengan penampilan terunik. Kalau menurut kamu, yang mana yang paling unik?

Baca Juga: Selain Siput, 5 Hewan Ini Juga Memiliki Gerakan Lamban

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You