Comscore Tracker

Berukuran Besar, 5 Jenis Lumba-Lumba Ini Mendapat Sebutan Paus

Berat tubuhnya bisa mencapai ribuan kilogram, lho!

Lumba-lumba adalah salah satu jenis mamalia laut yang paling terkenal. Mereka terutama populer karena kecerdasan serta gerakannya yang akrobatik di lautan. Lumba-lumba hidung botol (genus Tursiops) adalah salah satu jenis yang paling dikenal, tapi sebenarnya hewan ini terdiri dari sekitar 40 spesies yang tergabung dalam famili Delphinidae.

Dari sekian banyak jenis lumba-lumba, ternyata ada beberapa spesies yang justru mendapat sebutan paus. Sebabnya adalah karena ukuran mereka yang lebih besar daripada sesamanya. Inilah dia lima jenis lumba-lumba yang mendapat sebutan paus.

1. Paus pembunuh

Berukuran Besar, 5 Jenis Lumba-Lumba Ini Mendapat Sebutan Pauspaus pembunuh (baynature.org)

Pertama ada paus pembunuh, atau biasa disebut juga orca (Orcinus orca). Orca adalah spesies lumba-lumba terbesar di dunia, dengan ukuran mencapai hampir 10 meter dan berat 6 ton, seperti dilansir National Geographic. Ukuran tersebut membuat mereka bahkan lebih besar daripada beberapa spesies paus sejati.

Sebutan "pembunuh" juga cocok disandangnya karena mereka adalah predator puncak di lautan. Mereka bisa makan berbagai jenis hewan laut, mulai dari ikan, penguin, anjing laut, hiu, dan bahkan beberapa jenis paus. Orca berburu dalam kelompok yang bisa mencapai 40 individu, sehingga mereka adalah pemburu yang sangat efektif.

2. Paus pilot

Berukuran Besar, 5 Jenis Lumba-Lumba Ini Mendapat Sebutan Pauspaus pilot (britannica.com)

Berikutnya ada paus pilot, yang terdiri dari dua spesies yaitu paus pilot bersirip panjang (Globicephala melas) dan paus pilot bersirip pendek (Globicephala macrorhynchus). Kedua spesies memiliki ukuran panjang hingga 6 meter dan berat 3 ton. Dengan demikian, mereka adalah spesies lumba-lumba terbesar kedua setelah orca.

Selain ukuran, penampilan kedua spesies juga sangat mirip, namun mereka bisa dibedakan dengan melihat ukuran siripnya. Paus pilot adalah hewan yang sangat sosial. Dilansir Britannica, mereka hidup dalam kelompok yang bisa terdiri dari ratusan individu. Makanan utamanya adalah cumi-cumi, tapi mereka juga kerap makan berbagai jenis ikan.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Perlu Berhenti Menonton Sirkus Lumba-lumba

3. Paus pembunuh palsu

Berukuran Besar, 5 Jenis Lumba-Lumba Ini Mendapat Sebutan Pauspaus pembunuh palsu (roaring.earth)

Ada pula spesies lumba-lumba yang disebut paus pembunuh palsu (Pseudorca crassidens). Meski disebut demikian, mereka tidak berkerabat langsung dengan paus pembunuh alias orca. Dilansir laman Oceana, nama mereka berasal dari bentuk tengkoraknya yang sangat mirip dengan orca.

Paus pembunuh palsu memiliki ukuran panjang hingga 6 meter dan berat 2 ton. Mereka adalah hewan yang sosial, bahkan bisa membentuk kelompok dengan spesies lumba-lumba lain, misalnya lumba-lumba hidung botol. Paus pembunuh palsu berburu dalam kelompok dan makanan mereka mencakup cumi-cumi serta ikan.

4. Paus pembunuh kerdil

Berukuran Besar, 5 Jenis Lumba-Lumba Ini Mendapat Sebutan Pauspaus pembunuh kerdil (animalspot.net)

Paus pembunuh kerdil (Feresa attenuata) juga mendapat namanya karena memiliki beberapa kemiripan dalam hal penampilan dengan orca. Namun ukuran mereka jauh lebih kecil, dengan panjang maksimal 2,6 meter dan berat 225 kilogram. Dengan tubuh ramping dan warna gelap seperti paus pilot, mereka juga punya sebutan lain yaitu paus pilot ramping.

Laman Whales menyebut bahwa paus pembunuh kerdil tersebar di seluruh lautan tropis dan temperate di dunia. Namun mereka terbilang langka, dengan populasi diperkirakan hanya sekitar 40 ribu ekor. Makanannya mencakup cumi-cumi dan ikan, tapi mereka kadang memakan spesies lumba-lumba lain.

5. Paus berkepala melon

Berukuran Besar, 5 Jenis Lumba-Lumba Ini Mendapat Sebutan Pauspaus berkepala melon (abc.net.au)

Satu lagi spesies lumba-lumba yang mendapat sebutan paus adalah paus berkepala melon (Peponocephala electra). Sesuai namanya, lumba-lumba ini khas dengan kepala yang bentuknya seperti buah melon. Ukurannya sangat mirip dengan paus pembunuh kerdil, yaitu panjang 2,7 meter dan berat 225 kilogram.

Sementara itu, cara hidup paus berkepala melon lebih mirip paus pembunuh palsu. Mereka hidup dalam kelompok yang bisa terdiri dari ratusan individu. Selain itu, mereka suka bersosialisasi dengan berbagai spesies lumba-lumba lain.

Karena ukurannya yang besar, lima jenis lumba-lumba di atas justru mendapat sebutan paus. Itu membuktikan bahwa mereka memang memiliki keberagaman spesies yang luar biasa!

Baca Juga: 5 Fakta Phiomicetus anubis, Paus yang Bisa Hidup di Dua Alam

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya