7 Pasang Istilah Sains yang Sering Dikira Sama, padahal Beda!

Hayo, kamu masih sering salah, gak?

Saat mempelajari ilmu tentang alam, kita pasti akan menemukan berbagai istilah sains tentang berbagai topik. Kalau sering membaca dan belajar, pasti kamu tahu cukup banyak arti dari istilah-istilah sains tersebut. Namun, tentu wajar jika ada beberapa istilah yang belum kita ketahui atau mungkin salah mengartikan.

Karena ketidaktahuan, mungkin kita menganggap beberapa istilah memiliki arti yang sama. Nyatanya, mungkin istilah-istilah tersebut hanya mirip, tapi tidak sama. Contohnya adalah tujuh pasang istilah sains yang sering dikira sama berikut ini. Sudahkah kamu tahu makna yang tepat?

1. Bisa dan racun

7 Pasang Istilah Sains yang Sering Dikira Sama, padahal Beda! sandiegozoo.org

Apakah kamu tahu perbedaan bisa dan racun? Sekilas, kedua istilah itu tampaknya sama, tapi sebenarnya tidak. Laman Britannica menjelaskan bahwa bisa adalah zat berbahaya yang disuntikkan ke dalam tubuh melalui taring atau sengat. Contoh hewan berbisa adalah ular kobra dan kalajengking karena mereka mampu menyuntikkan bisa melalui taring maupun sengatnya.

Sementara, racun adalah zat berbahaya yang terkandung dalam jaringan tubuh. Hewan yang beracun tidak bisa menyuntikkan racunnya melalui gigitan atau sengatan. Namun, jika ada hewan predator yang memangsa hewan tersebut, si predator itu akan keracunan. Contoh hewan beracun adalah katak panah beracun, yang menyimpan racun di dalam kulit dan jaringan lain di tubuhnya.

2. Gurun dan padang pasir

7 Pasang Istilah Sains yang Sering Dikira Sama, padahal Beda! worldatlas.com

Kedua istilah ini juga sering dicampuradukkan karena dikira sama, padahal sebenarnya tidak. Kamu perlu tahu bahwa arti gurun adalah tempat yang sangat kering dan hanya memiliki curah hujan kurang dari 25 cm per tahun, seperti dijelaskan National Geographic.

Tempat sekering itu bukan hanya padang pasir yang panas, tapi juga dataran Antarktika di Kutub Selatan dan Arktik di Kutub Utara. Ya, meskipun kedua tempat itu sangat dingin, di sana curah hujannya sangat sedikit sehingga bisa disebut gurun. Kesimpulannya, sebuah padang pasir pasti merupakan gurun, tapi gurun gak selalu berupa padang pasir.

3. Bakteri dan mikroba

7 Pasang Istilah Sains yang Sering Dikira Sama, padahal Beda! sciencemag.org

Bagaimana dengan istilah bakteri dan mikroba? Keduanya juga sering dikira sama, padahal ada perbedaan mendasar dalam maknanya. Mikroba adalah sebutan lain untuk mikroorganisme. Mikro berarti sangat kecil sedangkan organisme berarti makhluk hidup. Makanya, mikroba alias mikroorganisme adalah makhluk hidup yang berukuran sangat kecil.

Nah, makhluk hidup yang berukuran sangat kecil tentu bukan hanya bakteri. Ada pula alga, protozoa, fungi dan virus. Bahkan, serangga kecil seperti tungau debu pun bisa disebut mikroba karena gak bisa dilihat dengan mata telanjang. Bakteri sendiri hanyalah salah satu jenis mikroba, yaitu mikroba yang bersel satu.