Comscore Tracker

Mengenal 5 Planet Kerdil di Tata Surya Kita, Salah Satunya Pluto

Planet kerdil berbeda dengan planet biasa

Coba jawab pertanyaan ini: Ada berapa planet di tata surya kita? Tentu kamu bisa menjawab bahwa jumlahnya adalah 8. Kamu mungkin juga bisa menyebutkan semuanya, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Dulu, dunia mengakui bahwa ada 9 planet di tata surya, yaitu kedelapan planet tadi ditambah Pluto. Tapi sejak 2006, diputuskan bahwa Pluto gak bisa dikaterogikan sebagai planet. Pluto pun dimasukkan kategori planet kerdil, bersama dengan 4 planet kerdil lain.

Planet kerdil? Apa itu? Secara singkat, planet kerdil hampir sama dengan planet biasa. Mereka sama-sama mengelilingi matahari, memiliki massa yang cukup besar, dan bukan merupakan satelit. Perbedaan kuncinya adalah planet memiliki orbit yang 'steril' alias gak dilewati benda langit lain, sedangkan planet kerdil tidak demikian.

Maka, apa saja 5 planet yang tergolong planet kerdil di tata surya kita? Yuk, berkenalan dengan kelimanya, dimulai dari yang orbitnya paling dekat dengan matahari.

1. Ceres

Mengenal 5 Planet Kerdil di Tata Surya Kita, Salah Satunya Plutocosmosmagazine.com

Kamu mungkin tidak asing dengan nama Ceres. Pasalnya, sebenarnya Ceres adalah asteroid yang orbitnya berada sabuk asteroid yang terletak di antara orbit Mars dan Yupiter. Ceres sudah ditemukan oleh astronom bernama Giuseppe Piazzi sejak tahun 1801, namun baru pada tahun 2006 Ceres dinobatkan sebagai planet kerdil.

Ceres adalah asteroid terbesar di sabuk asteroid. Namun di antara kelima planet kerdil, Ceres adalah yang terkecil, dengan diameter hanya 950 km. Selain itu Ceres adalah satu-satunya planet kerdil yang tidak mempunyai satelit.

2. Pluto

Mengenal 5 Planet Kerdil di Tata Surya Kita, Salah Satunya Plutoregmedia.co.uk

Seperti disebutkan tadi, Pluto awalnya dianggap sebagai planet, sebelum akhirnya 'turun pangkat' menjadi planet kerdil pada 2006. Di antara semua planet kerdil, Pluto memiliki diameter terbesar.

Pluto memiliki orbit yang miring, sehingga jarak Pluto terhadap matahari tidak selalu sama. Jarak terjauhnya adalah 7,3 milyar km sedangkan jarang terdekatnya 4,4 milyar km. Artinya, terkadang Pluto memiliki jarak yang lebih dekat ke matahari daripada Neptunus. Itulah yang menyebabkan Pluto lebih cocok dianggap planet kerdil daripada planet biasa.

Baca Juga: Selamat Hari Pluto! Ini 11 Fakta Menarik yang Harus Kamu Tahu

3. Haumea

Mengenal 5 Planet Kerdil di Tata Surya Kita, Salah Satunya Plutodissolve.com

Haumea adalah planet kerdil yang terbilang belum lama ditemukan oleh para astronom, persisnya pada tahun 2004. Karakteristik terunik dari Haumea adalah bahwa di antara planet kerdil lain, Haumea memiliki bentuk paling lonjong. Jauh berbeda dengan empat planet kerdil lain yang bentuknya masih menyerupai bola.

Bentuk yang unik tersebut diperkirakan adalah efek dari rotasi Haumea yang sangat cepat. Haumea melakukan satu kali rotasi hanya dalam 3,9 jam. Artinya jika kita bisa pergi kesana, kita akan merasakan pagi dan malam hanya dalam waktu sekitar 3 jam 54 menit. Wah cepat sekali ya!

4. Makemake

Mengenal 5 Planet Kerdil di Tata Surya Kita, Salah Satunya Plutorenderhub.com

Makemake ditemukan pada tahun 2005, kira-kira 3 bulan setelah penemuan Haumea. Kamu mungkin setuju bahwa nama planet ini cukup unik. Rupanya, Makemake diberi nama berdasarkan nama dewa kesuburan dalam mitos masyarakat Rapa Nui yang menghuni Pulau Paskah. Makemake memiliki satu satelit yang baru ditemukan pada tahun 2016, yang diberi nama MK 2.

5. Eris

Mengenal 5 Planet Kerdil di Tata Surya Kita, Salah Satunya Plutomentalfloss.com

Planet kerdil kelima sekaligus yang paling jauh dari matahari adalah Eris. Planet ini ditemukan pada 2005, dan sempat dipertimbangkan untuk disebut sebagai planet ke-10 setelah Pluto. Namun akhirnya diputuskan bahwa Pluto serta Eris lebih cocok disebut sebagai planet kerdil.

Di antara kelima planet kerdil, Eris memiliki diameter terbesar kedua, hanya selisih 46 km dari Pluto. Namun meski kalah ukuran, Eris justru memiliki massa 28% lebih berat dari Pluto, sehingga menjadikannya planet kerdil dengan massa terbesar.

Nah, itulah 5 planet kerdil yang berada di tata surya kita. Mengingat ilmu astronomi adalah ilmu yang terus berkembang, bukan mustahil lho di masa depan akan ditemukan planet-planet kerdil lain di tata surya. Wah, jadi makin penasaran kan benda langit apa lagi yang ada di tata surya kita yang luas ini?

Baca Juga: Keren, NASA Temukan 9 Planet di Alam Semesta Star Wars

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You