Comscore Tracker

10 Potret Mamalia Indonesia yang Unik, tapi Belum Banyak Diketahui 

Tahukah kamu kalau di Indonesia ada hewan-hewan unik ini?

Apakah kamu tahu hewan mamalia apa saja yang hidup di Indonesia? Kamu pasti bisa menyebutkan banyak di antaranya, mulai dari harimau, gajah, badak, beruang madu, anoa, babi rusa, orang utan, dan masih banyak lagi. Ya, itulah beberapa contoh mamalia yang bisa kita temui di Indonesia. Mungkin kamu pernah melihat beberapa di antaranya secara langsung.

Namun, Indonesia memiliki keanekaragaman satwa yang sangat luar biasa sehingga tentu mamalia yang ada di negeri ini jauh lebih banyak dari itu. Berikut ini adalah sepuluh potret mamalia unik yang hidup di Indonesia tapi masih belum banyak diketahui orang. Mungkin kamu juga belum tahu, tapi setelah membaca ini pasti pengetahuanmu akan semakin bertambah.

1. Disebut bearcat alias beruang kucing dalam bahasa Inggris, binturong adalah mamalia unik yang hidup di Kalimantan, Sumatra, dan Jawa

10 Potret Mamalia Indonesia yang Unik, tapi Belum Banyak Diketahui zoochat.com

Binturung (Arctictis binturong) adalah anggota famili Viverridae, jenis binatang yang mencakup genet, civet, dan linsang. Selain di Indonesia, mereka juga terdapat di banyak negara Asia Tenggara lain.

2. Masih berkerabat dengan binturung, ini adalah linsang belang atau yang biasa disebut musang congkok dalam bahasa Indonesia

10 Potret Mamalia Indonesia yang Unik, tapi Belum Banyak Diketahui sina.com

Namun, sebenarnya linsang berbeda dengan musang. Linsang termasuk anggota subordo Feliformia alias Carnivora mirip kucing, sedangkan musang tergolong Carniformia alias Carnivora mirip anjing. Dilansir laman Animal Diversity, linsang belang (Prionodon linsang) sendiri bisa ditemukan di Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.

3. Nah, kalau yang satu ini baru merupakan hewan keluarga musang. Namanya marten berleher kuning

10 Potret Mamalia Indonesia yang Unik, tapi Belum Banyak Diketahui carnivora.net

Marten berleher kuning (Martes flavigula) adalah spesies marten terbesar dengan panjang mencapai 72 cm dan berat hingga 5,7 kg, seperti dilansir Animalia. Mereka merupakan marten dengan persebaran yang luas di Asia Tenggara, Timur, hingga Selatan. Di Indonesia sendiri, mereka bisa ditemui di Kalimantan, Sumatra, dan sebagian Jawa.

4. Contoh lain hewan keluarga musang yang terdapat di Indonesia, tapi belum banyak diketahui orang adalah badger babi

10 Potret Mamalia Indonesia yang Unik, tapi Belum Banyak Diketahui listal.com

Merupakan salah satu spesies badger, badger babi (Arctonyx collaris) mendapat sebutan demikian karena bentuk moncongnya yang seperti moncong babi. Termasuk hewan omnivor, badger babi tersebar mulai dari Tiongkok hingga ke Pulau Sumatra.

5. Mamalia unik yang satu ini juga terdapat di Sumatra. Namanya kambing-hutan sumatra

10 Potret Mamalia Indonesia yang Unik, tapi Belum Banyak Diketahui cgtn.com

Kambing-hutan sumatra (Capricornis sumatraensis) tergabung dalam subfamili Caprinae yang kerap disebut kambing-antelop karena penampilannya yang mirip gabungan kambing dan antelop. Namun, sebenarnya mereka bukan antelop dan lebih dekat kekerabatannya dengan kambing.

Baca Juga: Sering Menyerang! Ini 5 Hewan Paling Berbahaya di Jepang

6. Sementara, hewan ini bernama colugo sunda atau lemur terbang sunda, tapi sebenarnya mereka bukan lemur dan tidak bisa terbang

10 Potret Mamalia Indonesia yang Unik, tapi Belum Banyak Diketahui mongabay.com

Lemur terbang sunda (Galeopterus variegatus) adalah salah satu dari dua spesies lemur terbang di dunia. Mereka sebenarnya bukan lemur, tapi memang masih berkerabat dengan primata. Mereka gak benar-benar bisa terbang, tapi bisa melayang hingga sejauh 100 meter dari pohon ke pohon dengan selaput yang terdapat di sisi tubuhnya.

7. Di Indonesia terdapat beberapa spesies kucing liar, salah satunya adalah kucing emas asia 

10 Potret Mamalia Indonesia yang Unik, tapi Belum Banyak Diketahui felis-uk.com

Kucing emas asia (Catopuma temminckii) memiliki ukuran sedang dengan panjang sekitar 1,5 meter hingga ke ekor dan berat sampai 15 kg, seperti dilansir laman Wild Cat Conservation. Kucing ini tersebar hingga ke Tiongkok dan Bangladesh, sementara di Indonesia mereka terdapat di Pulau Sumatra.

8. Selain kucing liar, Indonesia juga memiliki spesies anjing liar yang unik dan dengan nama yang unik pula yaitu ajak

10 Potret Mamalia Indonesia yang Unik, tapi Belum Banyak Diketahui earthtimes.org

Ajak (Cuon alpinus) disebut dhole dalam bahasa Inggris. Kadang, mereka disebut juga anjing liar asia atau anjing merah karena warna rambutnya yang cokelat kemerahan. Dilansir San Diego Zoo, ajak berukuran panjang sekitar 1 meter dan berat hingga 20 kilogram. Hewan ini bisa kita temui di Sumatra dan Jawa.

9. Bandicoot alias bandikut adalah sejenis marsupial mirip tikus yang banyak terdapat di Australia, tapi spesies ini terdapat di Indonesia

10 Potret Mamalia Indonesia yang Unik, tapi Belum Banyak Diketahui infoanimale.net

Namanya adalah bandikut hidung panjang pulau seram (Rhynchomeles prattorum). Sesuai namanya, bandikut ini terdapat di Pulau Seram, Maluku. Oleh penduduk lokal, hewan ini dikenal dengan nama mapea.

10. Last but not least, di Indonesia, kita juga bisa menemukan salah satu spesies ekidna, yaitu ekidna timur hidung panjang

10 Potret Mamalia Indonesia yang Unik, tapi Belum Banyak Diketahui mongabay.com

Ekidna adalah mamalia unik yang sangat unik karena mereka tidak melahirkan anak melainkan bertelur. Ekidna timur hidung panjang (Zaglossus bartoni) sendiri terdapat di Pulau Papua, tersebar di wilayah Indonesia hingga Papua Nugini. Hewan unik ini bisa mencapai panjang 1 meter dan berat 10 kg dan merupakan pemakan cacing serta serangga.

Sepuluh hewan di atas hanyalah sedikit contoh mamalia unik yang terdapat di Indonesia namun belum banyak diketahui orang. Terbukti bahwa keanekaragaman satwa di Indonesia sangat luar biasa, ya! Kalau menurut kamu, yang mana yang paling unik dari antara mereka?

Baca Juga: 5 Fakta Ilmiah Tikus Mole Afrika, Hewan Unik yang Kebal Kanker

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya