Comscore Tracker

6 Primata dengan Penampilan Terunik, Ada yang Warna-warni!

Beberapa terancam punah karena perusakan habitat

Primata adalah jenis hewan yang tergabung dalam ordo primates. Dalam bahasa Latin, kata primates sendiri berarti 'terbaik dan mulia', karena primata memang dianggap sebagai golongan hewan paling cerdas di muka bumi. Bahkan dalam taksonomi, manusia pun dikelompokkan sebagai primata.

Selain kecerdasannya, primata juga rupanya menarik untuk dipelajari karena penampilannya yang unik. Berikut 6 contoh terunik dari hewan yang konon merupakan kerabat jauh manusia ini.

1. Tamarin kaisar

6 Primata dengan Penampilan Terunik, Ada yang Warna-warni!zsl.org

Tamarin adalah jenis monyet kecil yang terdiri dari banyak spesies. Salah satu spesies terunik adalah tamarin kaisar, yang terkenal karena memiliki kumis panjang putih di wajahnya. Jantan dan betina sama-sama memiliki kumis tersebut, dan bahkan bayinya pun punya lho.

Konon, tamarin kaisar mendapat nama demikian karena kumisnya mirip seperti kumis Kaisar Wilhelm II dari Jerman. Sayangnya monyet yang hidup di Amerika Tengah dan Selatan ini tengah terancam punah karena habitatnya dirusak.

2. Langur kaki merah

6 Primata dengan Penampilan Terunik, Ada yang Warna-warni!rileypearce.com

Dari gambar di atas kamu pasti setuju bahwa monyet yang satu ini sangat colorful. Mereka seolah memakai sarung tangan dan kaos kaki dengan warna yang mencolok. Ditambah wajahnya yang jingga dan jenggotnya yang putih, mereka pantas disebut sebagai primata paling warna-warni di dunia.

Baca Juga: 10 Hewan Eksotis yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Indonesia, Bangga! 

3. Monyet De Brazza

6 Primata dengan Penampilan Terunik, Ada yang Warna-warni!twycrosszoo.org

Monyet De Brazza diberi nama sesuai penjelajah asal Prancis bernama Pierre Savorgnan de Brazza. Keunikan monyet ini terletak pada tampangnya yang seperti kakek-kakek berjenggot putih dengan rambut yang dicat supaya kece. Meski penampilannya terbilang mencolok, tapi ternyata mereka jago berkamuflase pada keadaan darurat.

4. Uakari botak

6 Primata dengan Penampilan Terunik, Ada yang Warna-warni!mnn.com

Uakari botak memiliki wajah yang sangat unik. Selain botak, wajahnya yang merah membuat monyet ini tampak sangat mencolok di pepohonan. Warna merah tersebut disebabkan karena mereka memiliki epidermis kulit yang sangat tipis sehingga warna merah darahnya terlihat. Dan ternyata di kalangan uakari, semakin merah wajah, semakin menarik bagi lawan jenis.

5. Mandrill

6 Primata dengan Penampilan Terunik, Ada yang Warna-warni!worldatlas.com

Mandrill atau kadang disebut monyet dukun adalah spesies monyet terbesar di dunia. Keunikan hewan ini tentu terletak pada wajahnya yang berhidung merah dan berpipi biru. Warna merah biru serupa juga terdapat di bagian bokong mereka. Dan uniknya, warna di tubuhnya akan semakin terlihat jelas jika monyet ini sedang bersemangat.

6. Aye aye

6 Primata dengan Penampilan Terunik, Ada yang Warna-warni!treehugger.com

Bukan hanya namanya yang unik dari primata ini, tapi juga penampilannya. Aye aye memiliki penampakan yang agak menakutkan, dengan warna hitam legam dan mata melotot. Itulah yang menyebabkan hewan endemik Madagaskar ini terancam punah, karena penduduk lokal mengira aye aye adalah pertanda buruk dan simbol ilmu hitam sehingga mereka kerap diburu.

Tapi sebenarnya aye aye sama sekali tidak berbahaya. Mereka justru menarik untuk dipelajari karena memiliki banyak keunikan. Misalnya adalah matanya yang besar bisa melihat warna bahkan dalam keadaan tanpa sedikitpun cahaya. Maka aye aye diperkirakan adalah satu-satunya primata yang mencari makan dengan menggunakan ekolokasi.

Itulah 6 primata dengan penampilan terunik di dunia. Karena primata dalah 'sepupu jauh' kita yang tinggal di hutan, maka kita bertanggung jawab melestarikan mereka dengan cara turut menjaga kelestarian hutan ya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tarsius, Primata Terkecil Endemik Indonesia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You