Comscore Tracker

Gak Selalu Mematikan, Racun 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Menyembuhkan!

Ada yang punya potensi jadi obat kanker, loh

Saat mendengar kata racun, apa yang terlintas di benakmu? Tentu suatu zat yang mematikan, bukan? Hampir tak terbayangkan jika seseorang sengaja mengambil racun dan malah sengaja menggunakannya untuk obat. Namun, rupanya itu bukan hal yang mustahil.

Racun kimia buatan manusia hampir selalu mematikan dan tidak punya fungsi selain untuk membunuh. Namun, tidak demikian dengan racun dari alam. Ada banyak hewan yang beracun. Meski racun mereka memang bisa membunuh, ternyata bisa juga digunakan di dunia medis untuk menyembuhkan. Beberapa di antaranya seperti lima racun hewan berikut ini.

1. Siput kerucut

Gak Selalu Mematikan, Racun 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Menyembuhkan!diversalertnetwork.org

Siput memang biasanya tidak beracun, tapi siput kerucut memilikinya. Siput kerucut tergabung dalam genus Conus yang terdiri dari sekitar 600 spesies. Mereka banyak terdapat di Kepulauan Karibia, Amerika Tengah.

Siput ini menyuntikkan racun pada mangsanya, yaitu ikan dan membuatnya lumpuh total dalam sekejap. Seberapa hebat racun mereka? Secara teori, satu ekor siput kerucut saja punya racun yang sanggup membunuh 700 orang! Meski mengerikan, ternyata racun mereka punya potensi hebat di bidang kesehatan.

National Geographic menyebutkan bahwa racun siput kerucut bisa dijadikan obat penghilang rasa sakit yang 10 ribu kali lebih ampuh daripada morfin. Sudah begitu, racun mereka tidak punya efek samping seperti morfin yang bisa membuat kecanduan.

Namun untuk itu, racun tersebut harus diisolasi secara hati-hati. Para ilmuwan pun masih melakukan penelitian lanjutan.

2. Ular

Gak Selalu Mematikan, Racun 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Menyembuhkan!pexels/pixabay

Racun ular sudah sejak lama dipelajari dan digunakan di dunia kedokteran. Menurut laman Mother Nature Network, penggunaan racun berbagai jenis ular berguna untuk menangani pasien serangan jantung, hipertensi, hingga kerusakan otak. Bahkan, kini, para ilmuwan sedang mempelajari kemungkinan racun ular bisa digunakan untuk mengobati kanker.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Bulu pada Hewan, bahkan Dinosaurus pun Memilikinya!

3. Kalajengking

Gak Selalu Mematikan, Racun 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Menyembuhkan!newatlas.com

Kalajengking juga merupakan salah satu hewan paling beracun di dunia. Laman Medscape menyebutkan bahwa jumlah kematian per tahun akibat sengatan kalajengking di seluruh dunia mencapai 3.250. Namun racun kalajengking juga menyimpan potensi pengobatan medis.

Manfaatnya, misalnya, bisa untuk mengecilkan tumor dan menghambat pertumbuhannya. Racun kalajengking pun bisa menghancurkan sel-sel kanker sehingga ada kemungkinan jadi solusi untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

4. Laba-laba

Gak Selalu Mematikan, Racun 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Menyembuhkan!mnn.com

Laba-laba banyak ditakuti karena penampilannya yang menakutkan dan racunnya yang mematikan. Namun, racun mereka pun punya manfaat medis, seperti penghilang rasa sakit dan menyembuhkan distrofi otot. Laba-laba funnel-web dari Australia bahkan memiliki racun yang bisa mencegah kerusakan otak akibat stroke. Wah, hebat, ya!

5. Lebah

Gak Selalu Mematikan, Racun 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Menyembuhkan!pexels/Thijs van der Weide

Lebah punya racun? Ya, itulah yang menyebabkan sengatan mereka cukup menyakitkan. Racun lebah biasanya tidak mematikan, kecuali bagi orang yang alergi sengatan mereka. Racun mereka sudah digunakan luas untuk membantu pengobatan berbagai penyakit, seperti artritis, dermatitis, asma, bahkan tumor.

Itulah lima hewan yang racunnya ternyata punya manfaat dalam bidang kesehatan. Memang alam ini sangat luar biasa, ya. Hal yang mematikan pun bisa juga menyembuhkan, bahkan menyelamatkan kehidupan. Semoga para ilmuwan bisa menemukan banyak manfaat lain dari racun hewan untuk mengobati berbagai penyakit.

Baca Juga: Tak Disangka, Ternyata 4 Hewan Ini Sangat Cerdas! Lebah Salah Satunya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya