Comscore Tracker

6 Reptil dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Spider-Man!

Ada juga yang persis daun kering

Reptil adalah kelompok hewan berdarah dingin yang mencakup berbagai jenis kadal, ular, buaya, dan kura-kura. Ada lebih dari 10 ribu spesies reptil di bumi ini, dan kebanyakan memiliki penampilan yang tergolong umum dan mungkin sudah biasa kamu lihat.

Tapi dari sekian banyak spesies, tentu ada juga beberapa spesies reptil yang penampilannya cukup unik. Dari tokek yang bisa terbang hingga kadal mirip Spider-Man, inilah 6 spesies reptil dengan penampilan terunik di dunia.

1. Tokek terbang

6 Reptil dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Spider-Man!pinterest.cl

Tokek terbang adalah sebutan untuk sejumlah spesies tokek dari genus Ptychozoon. Mereka disebut demikian tentu karena kemampuan uniknya yaitu bisa terbang. Well, sebenarnya gak benar-benar terbang, melainkan hanya melayang. Tapi jaraknya cukup jauh lho, mereka bisa melayang sampai 60 meter jauhnya!

Mereka bisa melakukan itu karena memiliki selaput di badannya dan juga di kakinya. Habitat tokek ini adalah di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Orang Indonesia kadang bahkan memelihara tokek ini karena keunikannya. Apakah kamu termasuk?

2. Kura-kura mata-mata

6 Reptil dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Spider-Man!imgur/Insecuriousity

Nama mata mata disini bukan berarti bahwa kura-kura ini adalah seekor agen rahasia. Kura-kura ini berasal dari Amerika Selatan. Dalam bahasa Spanyol, mata berarti 'bunuh'. Nama itu diberikan karena kura-kura ini adalah karnivora sejati yang memakan ikan dan hewan invertebrata air.

Yang unik dari kura-kura ini tentu adalah penampilannya yang terbilang purba. Lehernya lebar, dan panjangnya bahkan melebihi panjang tubuhnya sendiri. Mereka memanfaatkan penampilannya yang unik untuk berkamuflase di air menunggu mangsanya lewat.

3. Kadal tanpa kaki

6 Reptil dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Spider-Man!herpsofnc.org

Jangan tertipu, gambar di atas bukanlah gambar ular, melainkan gambar kadal tanpa kaki. Ada banyak jenis kadal yang tak berkaki, misalnya kadal dari famili Pygopodidae. Kebanyakan dari mereka gak punya kaki sama sekali, meski ada juga beberapa yang punya kaki tapi sangat kecil hingga nyaris gak berfungsi.

Kalau gak punya kaki, lalu kenapa hewan ini dianggap kadal dan bukan ular? Itu karena mereka memiliki ciri-ciri yang hanya dimiliki kadal. Misalnya adalah mereka punya kelopak mata, punya lubang telinga, tidak punya sisik yang lebar di perutnya, dan lidahnya tidak bercabang seperti ular.

Baca Juga: 4 Hewan Ini Sarangnya Dipakai Berlindung Spesies Lainnya

4. Tokek setan ekor daun

6 Reptil dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Spider-Man!wired.com

Apakah kamu bisa melihat seekor hewan pada gambar di atas? Hewan yang penampilannya persis daun kering itu adalah tokek setan ekor daun, yang mendapatkan namanya karena ekornya persis seperti daun plus matanya yang merah menyala hingga dianggap seperti setan.

Hewan yang berhabitat di benua Afrika ini memang memiliki kemampuan mimikri yang luar biasa hingga bisa menyerupai daun di tempat dia hinggap. Maka warna tubuhnya pun bisa menyesuaikan, tidak hanya coklat tapi juga hijau, merah, atau hitam. Seperti apa pun warnanya, yang jelas bentuk ekornya yang persis daun membuatnya sangat ahli menyamar.

5. Labi-labi moncong babi

6 Reptil dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Spider-Man!edgeofexistence.org

Labi-labi adalah sejenis kura-kura yang memiliki tempurung lunak dan masih berkerabat dengan bulus. Labi-labi moncong babi sendiri adalah satu-satunya spesies tersisa dari genus Carettochelys, karena semua spesies lain dari genus ini sudah punah.

Keunikan dari penampilan labi-labi ini tentu adalah moncongnya yang persis seperti moncong babi. Selain itu, mereka adalah satu-satunya spesies kura-kura air tawar yang kakinya berupa sirip. Itu membuat mereka lebih mirip penyu daripada kura-kura. Hewan ini bisa tumbuh cukup besar, dengan panjang mencapai 70 cm dan berat hingga 20 kg.

6. Kadal agama batu berkepala merah

6 Reptil dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Spider-Man!trover.com

Kadal agama adalah jenis kadal yang berasal dari famili Agamidae. Nama hewan ini cukup panjang ya, jadi kita sebut saja dia sebagai kadal Spider-Man. Yap, memang itulah julukan yang cukup populer untuk kadal ini, karena warna merah dan biru mencolok pada tubuhnya mengingatkan kita pada sosok superhero Marvel Spider-Man bukan?

Warna cerah pada kadal ini terutama akan semakin jelas pada saat musim kawin. Begitu pula saat kadal ini terancam, maka warna tubuhnya akan semakin ngejreng. Kamu pasti tertarik melihat kadal ini secara langsung, tapi sayangnya mereka berhabitat di Afrika dan tidak ada di Indonesia.

Itulah 6 spesies reptil dengan penampilan yang paling unik. Kalau kamu pencinta reptil, apakah kamu tertarik memelihara salah satunya?

Baca Juga: Penangkaran Buaya Teritip, Sensasi di Dekat Reptil Raksasa

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You