Comscore Tracker

6 Suka Duka Memelihara Ikan, Gak Semudah Kelihatannya Lho 

Kamu ingin memelihara ikan? Pikirkan 6 hal ini baik-baik 

Bagi seorang pencinta hewan, memelihara hewan adalah salah satu kegiatan paling menyenangkan. Umumnya hewan yang banyak dipilih sebagai peliharaan adalah anjing dan kucing. Tapi dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk memelihara kedua jenis hewan itu. Mungkin kamu sendiri ingin, tapi gak bisa memelihara mereka karena kesibukan sehari-hari.

Karena itu, banyak orang yang akhirnya lebih memilih untuk memelihara ikan. Meski mungkin gak seimut anjing atau kucing, memelihara ikan juga bisa menyenangkan, lho. Apakah kamu tertarik? Kalau ya, cek dulu 6 suka duka yang bisa timbul karena memelihara ikan berikut ini supaya kamu bisa mengambil keputusan yang tepat.

1. Relatif lebih menghemat waktu 

6 Suka Duka Memelihara Ikan, Gak Semudah Kelihatannya Lho utahfishkeepers.us

Ikan umumnya adalah jenis peliharaan yang sangat hemat waktu. Gak seperti anjing atau kucing yang perlu banyak perawatan dan perhatian, ikan biasanya cukup hanya diberi makan saja. Membersihkan akuarium tentu juga penting, tapi umumnya itu gak harus dilakukan setiap hari.

Maka buat kamu yang punya kesibukan, ikan bisa jadi pilihan hewan peliharaan yang paling tepat. Laman The Spruce Pets menyebut beberapa jenis ikan yang paling mudah dipelihara, khususnya bila kamu masih pemula, yaitu ikan mas, cupang, ikan zebra, ikan tetra, dan lain-lain. Ikan-ikan itu hanya butuh sedikit perawatan yang pasti gak akan menyita waktumu.

2. Bebas dari gangguan 

6 Suka Duka Memelihara Ikan, Gak Semudah Kelihatannya Lho shopperhill.com

Jika ingin memelihara hewan, umumnya kita harus siap menghadapi gangguan dari mereka. Anjing biasanya berisik karena suka menggonggong, sementara kucing kadang suka merusak barang-barang di rumah. Nah, dibanding kedua hewan itu, ikan bisa dibilang gak akan menimbulkan gangguan sama sekali karena tidak bersuara dan hanya bisa berkeliaran di dalam akuarium saja.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kamu Memelihara Hewan

3. Bisa sekaligus mempercantik rumah 

6 Suka Duka Memelihara Ikan, Gak Semudah Kelihatannya Lho littlefiatbigadventure.com

Ada banyak jenis ikan yang bisa kamu pilih, tapi umumnya yang paling banyak dijadikan peliharaan adalah ikan hias yang berwarna-warni. Namanya saja ikan hias, maka mereka punya nilai plus yaitu bisa mempercantik rumahmu. Terutama kalau kamu memilih ikan yang warnanya berbeda-beda, pasti suasana rumahmu jadi tampak jauh lebih cantik.

4. Menuntutmu untuk belajar beberapa hal tentang kimia 

6 Suka Duka Memelihara Ikan, Gak Semudah Kelihatannya Lho amoskeagfishways.org

Namun di samping semua keuntungan tersebut, memelihara ikan tentu bisa menimbulkan kerepotan tersendiri. Beberapa ikan butuh kondisi air yang spesifik untuk bisa tumbuh sehat. Maka mau gak mau, kamu mungkin jadi harus belajar tentang kandungan oksigen larut dalam air, derajat keasaman air, siklus nitrogen di air, dan sebagainya.

Kalau kebetulan kamu memang berminat pada hal-hal berbau kimia, mungkin itu bukan masalah buatmu. Tapi kalau sebaliknya, bisa jadi kamu malah akan pusing sendiri. Kalau kamu malas mempelajari hal-hal itu, langkah terbaik mungkin adalah membatalkan niat untuk memelihara ikan.

5. Tidak bisa banyak berinteraksi dengan ikan 

6 Suka Duka Memelihara Ikan, Gak Semudah Kelihatannya Lho algone.com

Banyak orang senang memelihara ikan karena mereka bisa cukup puas meski hanya melakukan interaksi minim dengan ikan. Ya, dibanding dengan anjing dan kucing, kita memang gak bisa melakukan banyak hal dengan ikan peliharaan.

Satu-satunya interaksi yang terjadi mungkin hanya pada saat memberi makan saja. Maka kalau kamu tipe orang yang ingin bisa banyak berinteraksi dengan hewan peliharaan, jelas bahwa ikan bukan jenis hewan yang tepat untukmu.

6. Bisa cukup membosankan  

6 Suka Duka Memelihara Ikan, Gak Semudah Kelihatannya Lho aquarieneco.com

Selain gak bisa banyak berinteraksi, kita juga umumnya gak bisa mengamati banyak kelakuan unik dari ikan. Kegiatan sehari-hari apa yang biasanya dilakukan ikan? Paling banter hanya berenang kesana kemari dan makan saat diberi makan.

Itu jauh berbeda dengan anjing dan kucing yang asyik diamati karena suka bertingkah konyol dan membuat kita tertawa. Maka memelihara ikan bisa jadi cukup membosankan kalau kamu mengharapkan hal-hal semacam itu terjadi.

Itulah 6 suka duka yang bisa timbul ketika kamu memelihara ikan. Pastikan kamu mempertimbangkan matang-matang semua suka duka tersebut supaya kamu bisa membuat keputusan yang tepat untuk memelihara ikan atau tidak.

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum saat Memelihara Hewan, dari Kucing Hingga Ikan 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya