Comscore Tracker

5 Fakta Udang Pistol, Suaranya Bisa Kalahkan Pesawat Jet!

Kenceng banget!

Apakah kamu tahu udang pistol? Nama hewan ini cukup unik ya, maka kamu mungkin bertanya-tanya mengapa mereka diberi nama udang pistol. Yang jelas, pasti ada alasan tersendiri hingga mereka bisa mendapat nama demikian.

Apa alasan tersebut? Ini dia fakta menarik tentang udang pistol mulai dari spesies hingga asal-usul namanya.

1. Terdiri dari banyak spesies

5 Fakta Udang Pistol, Suaranya Bisa Kalahkan Pesawat Jet!leisurepro.com

Udang pistol bukan nama satu spesies saja, melainkan sebutan untuk sekitar 600 spesies udang yang tergabung dalam lebih dari 30 genus. Genus yang terkenal misalnya Synalpheus dan Alpheus. Mereka hidup di dasar perairan di berbagai belahan bumi, termasuk di samudera beriklim dingin dan juga di sungai.

2. Ukurannya kecil, tapi memiliki capit yang besar

5 Fakta Udang Pistol, Suaranya Bisa Kalahkan Pesawat Jet!wired.com

Udang pistol memiliki penampilan yang unik. Ukuran mereka kecil, panjangnya hanya 3-5 cm saja. Tapi mereka memiliki satu capit besar yang panjangnya lebih dari setengah panjang tubuhnya. Capit tersebut bisa berada di kanan atau kirinya, sementara satu capitnya lagi berukuran normal.

Capit yang besar tersebut bukan berfungsi untuk mencapit mangsa. Capit tersebut terdiri dari dua bagian, satu bagian besar dan satu bagian kecil yang dihubungkan dengan sendi elastis yang bisa menutup dengan cepat, persis seperti pelatuk pistol.

3. Hewan dengan suara terkeras di dunia

5 Fakta Udang Pistol, Suaranya Bisa Kalahkan Pesawat Jet!sciencemag.org

Ketika ada mangsanya yang lewat, mereka akan mengatupkan capitnya dengan kecepatan tinggi, menyebabkan gelembung air meluncur dari capitnya dengan kecepatan hingga mencapai 100 km per jam mengenai mangsanya.

Proses mengatupkan capit itulah yang menimbulkan suara luar biasa keras, yaitu hingga mencapai 218 desibel. Jangankan suara tembakan pistol, suara pesawat jet yang tengah lepas landas pun kalah! Saking kerasnya, mangsanya akan langsung pingsan atau bahkan mati, dan si udang pistol pun tinggal memakannya.

Udang pistol pun dinobatkan sebagai hewan dengan suara paling keras kedua di bumi, hanya kalah dari paus sperma yang bisa menghasilkan suara berkekuatan 230 desibel. Dan satu lagi, capitannya yang luar biasa itu juga untuk sesaat menghasilkan energi panas bersuhu hingga 4.700 °C, alias hampir menyamai suhu permukaan matahari! Wow, luar biasa ya!

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Udang, Hewan Kecil yang Kerap Ada di Olahan Seafood

4. Jika capit besarnya hilang, capit yang satunya akan menggantikannya

5 Fakta Udang Pistol, Suaranya Bisa Kalahkan Pesawat Jet!sciencemag.org

Udang pistol terkadang akan kehilangan capit besarnya seiring berjalannya waktu, biasanya saat sedang berganti kulit. Ketika itu terjadi, capit kecilnya akan tumbuh menjadi capit besar menggantikannya, sedangkan capit besarnya yang sudah hilang akan tumbuh menjadi capit yang kecil. Jadi mereka selalu hanya memiliki satu capit besar dan satu capit kecil.

5. Mereka membentuk simbiosis mutualisme dengan ikan gobi

5 Fakta Udang Pistol, Suaranya Bisa Kalahkan Pesawat Jet!aquainfo.org

Udang ini memiliki penglihatan yang sangat buruk hingga sulit melihat pemangsa yang datang. Karena itu, udang pistol kerap menjalin hubungan kerjasama dengan ikan gobi. dengan penglihatan bagus. Ikan ini akan memperingatkan udang pistol saat ada predator mendekat.

Sebagai gantinya, udang pistol akan membuatkan rumah bagi ikan gobi dengan cara menggali lubang di dasar laut. Ikan gobi pun terlindungi, sebagaimana udang pistol juga terlindungi berkat keberadaan udang pistol. So sweet ya?

Itulah 5 fakta tentang udang pistol, si hewan kecil bersuara besar. Oh ya, udang ini juga umum dipelihara loh, dan si pemilik pun berkesempatan melihat langsung cara berburu udang pistol yang menakjubkan. 

Baca Juga: 4 Manfaat Mengonsumsi Udang Bagi Kesehatan Tubuhmu

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya