Comscore Tracker

10 Potret Ular dengan Bermacam Warna, Termasuk Warna Pink! 

Gak melulu hitam sama cokelat, lho

Ular biasanya dikenal sebagai hewan yang menakutkan. Banyak orang yang ngeri terhadap reptil tak berkaki ini, terutama ular-ular yang berbisa. Namun demikian, tak sedikit pula orang yang suka pada hewan ini, lho. Biasanya alasannya adalah karena penampilannya yang dianggap cantik, apalagi kalau tubuhnya memiliki warna-warna yang indah.

Tahukah kamu bahwa hampir semua warna bisa ditemukan pada ular? Entah memang karena warna aslinya ataupun karena mutasi genetik yang unik, beberapa jenis ular bisa memiliki warna yang mungkin gak kamu sangka. Inilah 10 potret ular dengan 10 macam warna yang berbeda. Kamu pasti kagum melihatnya!

1. Dimulai dari warna merah, ini adalah ular kukri tioman, salah satu spesies ular kukri 

10 Potret Ular dengan Bermacam Warna, Termasuk Warna Pink! speciesonthebrink.org

Ular kukri tioman (Oligodon booliati) dinamai sesuai tempat hidupnya yaitu Pulau Tioman, Malaysia. Menurut laman Britannica, ular kukri berukuran rata-rata 90 cm, dan mereka adalah pemakan telur burung atau reptil.

2. Boa pembelit adalah ular besar yang mematikan, tapi mereka bisa memiliki warna kuning yang cantik seperti ini 

10 Potret Ular dengan Bermacam Warna, Termasuk Warna Pink! petponder.com

Boa pembelit (Boa constrictor) bisa berukuran panjang hingga 4 meter dan berat lebih dari 45 kg. Warna ular ini biasanya adalah cokelat dengan corak cokelat gelap. Namun menurut National Geographic, ular yang hidup di Amerika Selatan ini juga bisa berwarna hijau, merah, atau kuning.

3. Sementara ular yang berwarna hijau ada cukup banyak, salah satunya adalah ular rumput 

10 Potret Ular dengan Bermacam Warna, Termasuk Warna Pink! animalia.bio

Sebutan lain mereka adalah ular hijau mulus (Opheodrys vernalis), karena mereka memiliki sisik yang halus. Ular yang hidup di Amerika Utara ini berukuran kecil, dengan panjang maksimal hanya 50 cm. Mereka juga tidak berbahaya dan jinak, dan makanan mereka hanya hewan-hewan kecil seperti serangga, laba-laba, siput, dan cacing.

Baca Juga: 5 Fakta Ilmiah tentang Ular Derik, Ular Berbisa yang Berisik

4. Bagaimana dengan ular yang berwana biru? Ternyata ada juga, misalnya ular blue racer 

10 Potret Ular dengan Bermacam Warna, Termasuk Warna Pink! discoverwildlife.com

Ular blue racer (Coluber constrictor foxii) adalah subspesies dari ular eastern racer (Coluber constrictor) yang umumnya berwarna cokelat. Ular ini sendiri diberi nama racer karena gerakannya yang cepat dan aktif. Ular blue racer hidup di Amerika Utara, dan mereka merupakan ular yang tidak berbahaya karena tidak berbisa.

5. Sementara ular dengan warna jingga yang cantik ini bernama ular tikus everglade 

10 Potret Ular dengan Bermacam Warna, Termasuk Warna Pink! sunshineserpents.com

Ular tikus everglade (Elaphe obsoleta rossalleni) adalah subspesies dari ular tikus barat
yang hidup di Amerika Utara. Selain jingga, ular ini juga bisa berwarna kuning atau merah.
Ular ini sendiri bisa berukuran hingga 1,8 meter, tapi mereka tidak perlu ditakuti karena
tidak berbisa.

6. Salah satu ular yang berwarna cokelat adalah ular cokelat timur, dan mereka adalah salah satu ular paling berbisa di dunia! 

10 Potret Ular dengan Bermacam Warna, Termasuk Warna Pink! ecolinc.vic.edu.au

Dilansir laman Australian Geographic, ular cokelat timur (Pseudonaja textilis) mempunyai
gerakan yang cepat dan sangat agresif. Berdasarkan kekuatan bisanya, mereka adalah ular paling mematikan kedua di dunia. Tersebar di bagian timur Australia, ular cokelat timur juga bisa ditemukan di Indonesia, lho, tepatnya di daerah Merauke di Papua.

7. Ular yang berwarna hitam ini juga tak kalah mematikan, namanya adalah ular mamba hitam 

10 Potret Ular dengan Bermacam Warna, Termasuk Warna Pink! theconversation.com

Mamba hitam (Dendroaspis polylepis) adalah ular berbisa terpanjang di Afrika, dengan ukuran mencapai 4,2 meter. Mereka juga adalah salah satu ular tercepat di dunia, dengan kecepatan hingga 20 km/jam. Meski kadang berwarna hitam, warna ular ini sebenarnya lebih sering abu-abu. Nama mamba hitam sendiri diberikan karena bagian dalam mulut mereka berwarna hitam.

8. Ular berwarna putih pun ada, lho, dan ular ini bukan albino 

10 Potret Ular dengan Bermacam Warna, Termasuk Warna Pink! atlasobscura.com

Nama spesiesnya adalah ular abu-abu slaty (Stegonotus cucullatus), dan biasanya mereka berwarna cokelat. Tapi ular yang satu ini memiliki mutasi geneitk yang disebut leukism, sehingga kulitnya tidak memiliki pigmen warna. Ular abu-abu slaty sendiri hidup di Australia. Mereka hidup di dekat air dan bukan merupakan ular berbisa.

9. Ular berleher cincin punya penampilan yang unik karena memiliki pola cincin pada lehernya 

10 Potret Ular dengan Bermacam Warna, Termasuk Warna Pink! mnherps.com

Dilansir Britannica, pola cincin pada ular berleher cincin (Diadophis punctatus) terutama kentara pada saat ular ini masih bayi. Lalu seraya makin dewasa, pola tersebut mengecil dan hilang. Fungsi pola tersebut diperkirakan untuk kamuflase. Sementara warna tubuh ular ini sendiri bisa hitam, cokelat, atau abu-abu seperti pada gambar.

10. Dan ini adalah viper alis, salah satu spesies ular dengan penampilan dan warna terunik 

10 Potret Ular dengan Bermacam Warna, Termasuk Warna Pink! mapio.net

Dilansir laman Smithsonian, ular ini disebut viper alis (Bothriechis schlegelii) karena memiliki sisik yang mencuat di atas matanya seperti alis. Selain itu, ular ini juga unik karena memiliki warna yang mencolok. Mereka bisa berwarna kuning, hijau, atau pink seperti gambar di atas. Namun meski cantik, ular yang hidup di benua Amerika ini berbahaya karena berbisa.

Itulah sepuluh potret ular dengan bermacam warna yang ada di dunia. Kalau menurutmu, yang mana yang warnanya paling keren?

Baca Juga: 9 Fakta Ular Black Mamba, Hewan Mitos yang Mengerikan dari Afrika 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya