Comscore Tracker

5 Negara Ini Memiliki Spesies Pohon Terbanyak di Dunia

Indonesia urutan ke berapa, ya? #IDNTimesScience

Di sekitar rumahmu, entah itu di samping, di depan atau di belakang rumah, mungkin ada beberapa pohon yang berbeda spesies. Ada pohon jati, pohon mahoni, atau mungkin pohon beringin dan lainnya. Namun pernahkah kamu membayangkan ada berapa banyak spesies pohon di dunia ini?

Dalam sebuah studi komprehensif global untuk mendata jumlah spesies pohon, para ilmuwan telah menyusun daftarnya secara lengkap. Lembaga nirlaba Botanic Gardens Conservation International (BGCI) yang berbasis di Inggris pada tahun 2017 lalu mengatakan bahwa dari semua spesies pohon yang diketahui, total ada 60.065 jenis yang berbeda.

Lalu negara mana yang paling banyak memiliki spesies pohon itu? Apakah Indonesia termasuk di dalamnya? Berikut ini adalah lima negara yang memiliki jumlah spesies pohon terbanyak di dunia. Simak artikel ini sampai habis untuk menemukan jawabannya.

1. Brasil

5 Negara Ini Memiliki Spesies Pohon Terbanyak di Duniailustrasi hutan pinus (Unsplash.com/ Macarena Moraga)

Jika pada tahun 2017 disebutkan ada 60.065 spesies pohon di dunia, pada tahun 2020 lalu jumlah itu telah diperbarui dan menjadi 60.082 spesies. Meski penambahannya tidak banyak, tapi itu telah menunjukkan kerja keras para ilmuwan untuk mengidentifikasi banyaknya spesies pohon.

Dari jumlah tersebut, negara yang memiliki spesies pohon terbanyak adalah Brasil. Negara ini memiliki bagian paling luas dari hutan Amazon. Tak heran jika total pohon di negara Samba itu mencapai 9.223 spesies.

Salah satu pohon kebanggaan Brasil adalah Araucaria angustifolia atau juga terkenal dengan nama pinus brasil atau pinus parana. Selain di negara tersebut, spesies ini juga tersebar di Argentina dan Paraguay.

Sejak tahun 1500-an, pinus parana dinilai sebagai kayu terpenting di Brasil. Namun, deforestasi besar-besaran telah menghancurkannya, yang membuat status spesies pohon satu ini jadi sangat terancam punah.

2. Kolombia

Menurut laporan The States of the World's Forest pada tahun 2020, negara dengan jumlah spesies pohon terbanyak kedua di dunia adalah Kolombia. Dilaporkan bahwa ada 6.021 jenis pohon di sana.

Salah satu yang paling disukai oleh penduduk Kolombia adalah La Palma de Cera atau Ceroxylon quindiuense. Bahkan tumbuhan ini juga jadi simbol nasional negara tersebut. Pohon ini tampak seperti kelapa dan palem yang tingginya sekitar  70 meter dengan usia mencapai 100 tahun.

Dilansir Global Trees, Ceroxylon quindiuense dapat diektraksi untuk membuat lilin dan korek api sampai pertengahan abad ke-19. Namun, karena ekstraksi melibatkan penebangan pohon dewasa, spesies ini mulai rentan dan terancam punah.

3. Indonesia

Dengan jumlah 5.623 spesies pohon, Indonesia memiliki jumlah spesies pohon terbanyak ketiga di dunia. Wilayah Indonesia yang paling kaya akan ragam jenis pohon adalah Kalimantan dan Papua.

Salah satu jenis spesies yang berharga adalah Eusideroxylon zwageri atau yang biasa disebut kayu ulin dan kayu besi. Spesies ini tersebar dari mulai Sumatra bagian selatan, Bangka Belitung, dan Kalimantan. Ulin dianggap kayu paling kuat dan awet se-Asia Tenggara.

Akan tetapi, nasib spesies pohon ulin kian rentan. Horst Liebner, seorang antropolog maritim, mengatakan kayu tersebut sudah mulai habis dan sulit ditemukan. Ini terjadi karena eksploitasi besar-besaran yang dilakukan tanpa mempertimbangkan kelestarian spesies tersebut.

Baca Juga: 9 Negara dengan Senjata Nuklir Terbanyak di Dunia, Negara Mana Saja?

4. Malaysia

5 Negara Ini Memiliki Spesies Pohon Terbanyak di Duniailustrasi hutan Borneo (Unsplash.com/ Jeremy Bezanger)

Malaysia memiliki jumlah 5.459 spesies pohon. Negara yang juga memiliki sebagian wilayah Kalimantan itu berarti juga memiliki keanekaragaman spesies yang kaya seperti Indonesia.

Salah satu hutan dengan spesies tanaman yang kaya dijadikan sebagai destinasi wisata favorit para turis, baik itu domestik maupun mancanegara. Hutan itu adalah Taman Negara Malaysia yang telah dibuka sejak tahun 1938-1939 yang lalu.

Malaysia juga memiliki spesies pohon nasional yakni Intsia palembanica atau pohon merbau. Dilansir Malay Mail, Perdana Menteri Mahatir Mohammad ketika meresmikan spesies pohon itu jadi pohon nasional pada tahun 2019 mengatakan, "Saya ingin mengambil kesempatan untuk mengumumkan bahwa pohon merbau (jati malaka) telah dipilih sebagai Pohon Nasional kita. Dengan sifatnya yang tangguh, saya percaya bahwa semua orang Malaysia, dapat mengambil merbau sebagai simbol kebanggaan nasional."

5. Venezuela

Selanjutnya yang kelima adalah Venezuela, sebuah negara yang berada di Amerika Latin. Negara itu memiliki 4.879 spesies pohon. Salah satu andalan di Venezuela adalah pohon Araguaney atau Tabebuia chrysantha. Spesies ini memiliki bunga yang indah berwarna kuning emas dan menjadi lambang pohon nasional Venezuela.

Dilansir National Gegraphic, bunga-bunganya biasa bermekaran ketika pada akhir musim dingin dan awal musim semi. Spesies pohon tersebut dideklarasikan sebagai pohon nasional Venezuela pada tahun 1948.

Dari lima negara teratas yang memiliki jumlah spesies pohon terbanyak di dunia, mereka semua adalah negara di wilayah tropis. Keanekaragaman hayati itu semoga bisa dijaga oleh manusia sehingga tidak lenyap dan punah dari muka Bumi.

Baca Juga: 9 Tumbuhan Khas Indonesia yang Langka & Terancam Punah, Yuk Kita Jaga!

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya