Comscore Tracker

Hati-Hati! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Berbahaya untuk Kucing

Coklat hingga susu

Kucing merupakan binatang berkaki empat yang menjadi salah satu hewan peliharaan kesayangan banyak orang. Bahkan nabi Muhammad pun menyayangi kucing dan memiliki kucing peliharaan yang diberi nama Muezza. Saat ini binatang lucu ini banyak dipelihara di rumah dan diberi makan makanan khusus kucing oleh pemiliknya. 

Apakah kamu termasuk pecinta kucing? Kamu harus berhati-hati dalam memberi makan kucing. Karena ada makanan dan minuman yang malah menjadi racun, alih-alih membuat sehat kucing peliharaanmu. Kenali 5 jenis makanan dan minuman yang berbahaya untuk kucing di bawah ini:

1. Coklat dan minuman berkafein

Hati-Hati! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Berbahaya untuk Kucingcoklat makanan berbahaya untuk kucing (pexels.com/Vie Studio)

Cokelat mengandung zat yang disebut methylxanthines, yang dapat menyebabkan muntah dan diare, suhu tubuh tinggi, tremor otot, irama jantung abnormal, ketidaknyamanan perut, peningkatan rasa haus, dan kejang. Methylxanthines juga ditemukan dalam minuman berkafein dan harus dihindari.

Temui dokter hewan jika kucing perliharaanmu mengalami gejala-gejala ini. Dilansir dari dailypaws.com, dark chocholate lebih berbahaya daripada susu dan cokelat putih. Cokelat putih memiliki kadar metilxantin paling rendah, sedangkan dark chocholate mengandung paling tinggi.

Baca Juga: 8 Kucing Asli Indonesia, Gak Kalah Lucu dari Kucing Ras!

2. Alkohol dan adonan mentah

Hati-Hati! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Berbahaya untuk Kucingmakanan mengandung alkohol berbahaya bagi kucing (pexels.com/Isabella Mendes)

Minuman beralkohol dan makanan yang mengandung alkohol bisa berbahaya bagi kucing. Jika tertelan dapat menyebabkan muntah, diare, tremor, disorientasi, kesulitan bernapas, koma, dan bahkan kematian. 

Selain alkohol, hindari juga adonan mentah. Adonan mentah menyebabkan ekspansi di perut, atau menciptakan alkohol di perut. Jika merasa kucing peliharaanmu telah menelan sedikit alkohol, segera bawa dia ke dokter hewan.

3. Bawang merah dan bawang putih

Hati-Hati! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Berbahaya untuk Kucingbawang merah, salah satu makanan berbahaya untuk kucing (pexels.com/Isabella Mendes)

Bawang merah, bawang putih, dan daun bawang dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah kucing dan menyebabkan anemia. Makanan ini biasanya beracun bila dimakan dalam jumlah besar, termasuk jika  bawang menjadi campuran makanan seperti sup. Kucing dengan gejala lesu, lemas, nafsu makan berkurang, gusi pucat, dan urine berwarna oranye hingga merah tua harus segera dibawa ke dokter hewan.

4. Buah citrus

Hati-Hati! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Berbahaya untuk Kucingbuah citrus, salah satu makanan berbahaya untuk kucing (pexels.com/freetocks.org)

Buah citrus memiliki rasa segar yang cenderung asam dan manis. Contohnya seperti lemon, limau, jeruk, clementine, dangrapefruits yang mengandung asam sitrat dan minyak esensial yang dapat menyebabkan masalah pada kucing. Batang, daun, kulit, buah, dan biji buah ini harus dihindari. 

Jika kucing memakannya dalam jumlah kecil kemungkinan hanya akan menyebabkan sakit perut. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan diare, muntah, dan depresi sistem saraf pusat.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Kucing Busok, Kucing Endemik Pulau Raas Madura  

5. Susu dan produk susu lainnya

Hati-Hati! Ini 5 Makanan dan Minuman yang Berbahaya untuk Kucingsusu, ternyata merupakan salah satu makanan berbahaya (unsplash.com/Nikolai Chernicko)

Sering kita lihat di film kartun jika kucing suka minum susu. Dikutip dari website dailypaws.com, nyatanya kucing tidak dapat mencerna susu sapi dengan baik setelah mereka disapih dari susu induknya. Enzim laktase mencerna protein susu dan gula. Laktase tetap ada selama kucing terus minum susu. Jika kucing berhenti minum susu dan mulai lagi, tidak ada cukup laktase untuk mencerna protein dan gula susu dengan baik, yang dapat menyebabkan diare. 

Susu mengandung gula yang tidak mudah dicerna kucing, yang dapat menyebabkan feses menjadi encer. Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan jika dibiarkan tanpa penanganan. Setelah berumur sekitar 10 minggu, anak kucing dan kucing hanya membutuhkan makanan yang lengkap dan seimbang serta air bersih. Susu bukanlah pengganti makanan atau air kucing, kecuali susu ibu mereka.

Itu dia tadi makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh kucing. Hati-hati ya, jangan sampai kucing kesayangan kamu memakan atau meminum salah satunya!

Puteridly Photo Verified Writer Puteridly

She Believe, She Could

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya