Comscore Tracker

5 Cara Lain Pemberian Obat bagi Tubuh Selain Diminum, Sudah Tahu? 

Pengetahuan baru nih!

Pengobatan dan obat-obatan yang diberikan oleh dokter tersedia dalam berbagai jenis, dosis dan cara pemberiannya. Pemberian obat pada individu yang sedang sakit tidak hanya menggunakan metode diminum langsung dengan air putih. Ada lima cara yang dapat dilakukan tergantung jenis penyakit, kondisi tubuh dan reaksi tubuh seperti lima cara di bawah ini. 

1. Parenteral atau suntikan

5 Cara Lain Pemberian Obat bagi Tubuh Selain Diminum, Sudah Tahu? Unsplash.com/Chang Duong

Metode pertama pengobatan selain diminum adalah penyuntikan pada bagian tertentu dalam tubuh. Pengobatan dengan metode ini dibedakan menjadi empat macam berdasarkan posisi penyuntikanya, yakni subkutan, intramuskular, intravena dan intratekal. 

2. Topikal

5 Cara Lain Pemberian Obat bagi Tubuh Selain Diminum, Sudah Tahu? Globalnews.ca

Pemberian obat dengan metode topikal merupakan cara mengoleskan langsung obat dalam bentuk salep, krim, gel maupun bedak. Pemberian langsung dengan cara mengoleskanya pada luka atau bagian tubuh yang sakit akan meminimalisir adanya efek samping pada tubuh. Reaksi pada metode topikal ini hanya terasa langsung pada bagian yang sakit saja, sehingga efek samping seperti ngantuk, mual dan pusing tidak akan menyerang tubuh. 

3. Supositoria

5 Cara Lain Pemberian Obat bagi Tubuh Selain Diminum, Sudah Tahu? Unsplash.com/Charles

Saat seseorang tidak dapat menggunakan metode meminum langsung obat dengan air putih, maka dapat melakukan hal lain, yakni supositoria atau rektal. Metode ini adalah memasukkan obat secara langsung melalui bagian dubur. Umumnya obat yang diberikan untuk dimasukkan dalam tubuh berbentuk padat dan mengandung lapisan lilin sehingga obat tersebut mudah masuk dan tidak langsung hancur pada dubur. 

Baca Juga: 7 Pengobatan di Masa Lalu yang Membahayakan Nyawa, Jangan Ditiru ya! 

4. Tetesan

5 Cara Lain Pemberian Obat bagi Tubuh Selain Diminum, Sudah Tahu? Barraquer.com

Metode pengobatan dengan meneteskan cairan pada tubuh biasanya hanya dalam beberapa penyakit saja. Seperti infeksi mata yang diakibatkan oleh bakteri dan debu. Metode tetes ini hanya bereaksi pada bagian tubuh yang sakit saja dan merupakan pengobatan dari luar tubuh. 

5. Disemprotkan

5 Cara Lain Pemberian Obat bagi Tubuh Selain Diminum, Sudah Tahu? www.whattoexpect.com

Metode pengobatan semprot biasanya diberikan pada bagian tubuh yang merasa nyeri akibat aktivitas olahraga, seperti futsal dan sepak bola. Nyeri tersebut diakibatkan oleh otot pada dalam tubuh yang kejang. Biasanya ini terjadi pada seseorang yang melakukan olahraga berat tapi tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu. 

Nahitudia lima cara pemberian obat pada tubuh selain diminum. Namun, perlu diingat metode diatas harus dilakukan dengan saran dan aturan dokter juga ya! 

Baca Juga: 70 Persen Pengobatan Penyakit Tidak Menular Tak Bisa Dikendalikan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya