Comscore Tracker

Mengenal Mythomania, Kehaluan yang Tidak Disadari oleh Penderita

Penderita Mythomania tidak memiliki motif untuk berbohong

Pernah mendengar atau melihat orang lain berbohong dan kebohonganya terkuak publik, tetapi tidak membuatnya mengaku bahkan ia akan membeberkan kebohongan lainya? Kondisi seperti itu merupakan gangguan mental yang disebut Mythomania.

Mythomania sendiri merupakan kebohongan yang sering dilakukan seseorang dalam jangka waktu yang lama dan terus dilakukan tanpa disadari oleh dirinya. 

Kebohongan yang dilakukan oleh penderita Mythomania tidak bermaksud untuk menipu orang lain, melainkan hanya kesenanganya saja. Dengan kata lain, hal ini merupakan khayalan belaka dari penderita Mythomania. 

Agar dapat memahami lebih jauh tentang gangguan mental ini, ada baiknya kita mengetahui fakta-fakta Mythomania di bawah ini.

1. Gangguan Mythomania banyak terjadi pada usia 16-22 tahun

Mengenal Mythomania, Kehaluan yang Tidak Disadari oleh PenderitaUnsplash.com/Eliott Reyna

Gangguan Mythomania paling sering terjadi pada seseorang di usia 16-22 tahun dengan perbandingan yang sama antara pria dan wanita. Meski begitu, hal ini tidak menarik kemungkinan bahwa orang dewasa dengan usia di atas 30 tahun pun dapat terkena Mythomania. 

Seseorang yang sudah terkena Mythomania ini, kebohongan merupakan hal yang wajar pada dirinya dan akan selalu ada. Mereka yang merasakannya akan merasa bahwa kebohongan yang sudah dibuat olehnya merupakan suatu yang benar-benar nyata terjadi pada hidup. 

2. Salah satu penyebab Mythomania karena adanya kegagalan pada masa lalu

Mengenal Mythomania, Kehaluan yang Tidak Disadari oleh PenderitaPexels.com/Inzmam Khan

Faktor yang paling sering terjadi dan menyebabkan seseorang mengidap Mythomania adalah kegagalan. Kegagalan tersebut bisa dikarenakan oleh beberapa hal, seperti kegagalan sekolah, keluarga, pertemanan dan pekerjaan.

Dari kegagalan tersebutlah ia akan mencari simpati orang lain sehingga ia sudah terbiasa akan hal tersebut. Terkadang orang-orang akan percaya dengan omongannya karena rasa kasihan dan ia akan melakukannya lagi dan lagi untuk kesenangannya. 

Baca Juga: 5 Fakta Delusion Of Grandeur, Mengenal Gangguan Kejiwaan Langka Ini

3. Jenis Mythomania merupakan kebohongan yang paling ekstrem dilakukan

Mengenal Mythomania, Kehaluan yang Tidak Disadari oleh PenderitaPexels.com/Tirachard Kumtanom

Mythomania merupakan salah satu jenis kebohongan yang paling ekstrem terjadi. Hal ini disebabkan karena Mythomania ini menggabungkan antara fakta dan fantasi yang dimilikinya sehingga ia akan merasa senang ketika kebohongan-kebohongan tersebut diucapkan dan dilakukan.

4. Perbedaan paling mencolok dari Mythomania adalah keuntungan yang didapat

Mengenal Mythomania, Kehaluan yang Tidak Disadari oleh PenderitaPexels.com/Bruce Mars

Kebohongan pada Mythomania dengan kebohongan biasa memiliki perbedaan yang jelas. Pada kebohongan biasa ada beberapa hal yang ditutupi, seperti menutupi diri dari kesalahan yang dilakukan dan keinginan untuk memperoleh dari kebohongan tersebut. 

Sedangkan pada kebohongan Mythomania, seseorang tidak memiliki keinginan untuk memperoleh keuntungan dari kebohongan yang dilakukannya. Mereka akan merasa senang akan kebohongan tersebut meskipun kebohongan itu memiliki nilai buruk pada dirinya. 

5. Pengobatan psikoterapi merupakan pengobatan yang paling efektif

Mengenal Mythomania, Kehaluan yang Tidak Disadari oleh PenderitaPexels.com/Rawpixel.com

Pengobatan yang paling efektif untuk penderita Mythomania adalah pendekatan psikoterapi dan pemberian obat-obatan yang diberikan oleh dokter. Metode pendekatan ini mampu memberikan keterbukaan antara penderita dengan dokter.

Memberikan dukungan pada penderita Mythomania harus dilakukan agar ia mau untuk melakukan terapi. Jika dilakukan secara rutin besar kemungkinan untuk terjadi penyembuhan secara total. 

Nah, itulah fakta-fakta tentang Mythomania yang akan menjadi pengetahuan baru untukmu. Jika kamu memiliki kerabat atau teman yang memiliki ciri tersebut, segera periksakan pada dokter terapi ya! 

Baca Juga: Bila 7 Pengidap Skizofrenia Lukis Halusinasinya, Seram Juga!

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You