Comscore Tracker

Masih Musim Kemarau, Ini 7 Cara Efektif untuk Menghemat Air Bersih

Panas? Ayo, hemat air!

Indonesia sedang dilanda musim kemarau. Bisa dilihat dengan berita-berita tentang kekeringan, dan mulai krisis air bersih. Tak hanya itu, kebakaran hutan pun juga rentan terjadi.

Jarang juga hujan dalam beberapa waktu ini, menjadi air untuk kita gunakan berkurang. Seperti daerah Serpong yang sudah dilanda kekeringan. Dengan begitu, kita harus menghemat air untuk keperluan sehari-hari kita. Berikut tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk hemat air!

1. Kurangi penggunaan air

Masih Musim Kemarau, Ini 7 Cara Efektif untuk Menghemat Air Bersihprettywomen.co

Hal pertama yang harus dilakukan, pastinya menghemat air. Jadi, kamu harus pintar untuk memilih penggunaan air untuk hari-hari kamu. Misalnya ada kegiatan yang tidak perlu banget air, lebih baik jangan dilakukan.

Seperti melamun saat mandi menggunakan shower, atau air dari keran mengalir saat menyikat gigi. Memang, akan ada hal kebiasaan yang harus diubah. Namun, hal itu agar tetap adanya kesediaan air.

2. Jangan gunakan air saat keadaan panas

Masih Musim Kemarau, Ini 7 Cara Efektif untuk Menghemat Air Bersihvideoblocks.com

Saat musim panas, hindari menggunakan air pada siang hari. Karena saat posisi matahari di atas kepala, air akan menguap lebih cepat. Melansir dari bioadvanced.com, hindari menyiram tumbuhan saat tengah hari dan kondisi berangin.

3. Pergi ke tempat cuci mobil

Masih Musim Kemarau, Ini 7 Cara Efektif untuk Menghemat Air Bersihconsumerreports.org

Untuk kalian yang punya mobil dan biasanya mencucinya di rumah, harus berubah. Untuk menghemat air, lebih baik membawa mobil kalian ke tempat cuci mobil. Melansir dari nrdc.org, mencuci mobil di rumah dapat menghabiskan 100 galon air. Sedangkan tempat cuci mobil bisa hanya 40 galon dan jarang air yang bersih.

Baca Juga: 7 Hal yang Membuatmu Terlihat Lebih Menarik Menurut Sains, Manfaatkan!

4. Gunakan air saat pakaian kotor sudah banyak

Masih Musim Kemarau, Ini 7 Cara Efektif untuk Menghemat Air Bersihmirror.co.uk

Dalam mencuci pakaian, penggunaan air harus diperhatikan. Caranya dengan mengganti kebiasaan dalam melakukan kedua kegiatan itu. Hal yang dapat kamu lakukan adalah mencuci pakaian semuanya sudah banyak saja.

Mengutip dari homeselfe.com, kebanyakan orang menggunakan jumlah air yang sama saat mencuci. Tidak bergantung dengan berapa banyak pakaian kotornya. Selain itu, dengan begitu bisa menyimpan waktu, dan menghemat beberapa galon, saat kamu mencuci serta mengeringkan pakaiannya.  

5. Perbaiki toilet dan keran yang suka bocor

Masih Musim Kemarau, Ini 7 Cara Efektif untuk Menghemat Air Bersihthespruce.com

Banyak keran yang walaupun sudah dalam posisi ditutup, masih ada air yang menetes. Saat keadaan yang panas, hindari hal tersebut. Dengan membetulkan keran tersebut. Walaupun hanya tetesan, tetapi bisa tanpa disadari sudah banyak galon air yang terbuang.

Saat penggunaan shower mandi pun juga berpengaruh. Jika kita mandi lebih cepat dua menit daripada biasanya, kamu dapat menghemat 1.750 galon air per tahunnya, dari Live Science. Jangan lupa juga untuk mematikan keran air saat sikat gigi.

6. Simpan air minum di kulkas

Masih Musim Kemarau, Ini 7 Cara Efektif untuk Menghemat Air Bersihcleanipedia.com

Saat udara panas, pasti kita lebih ingin mengonsumsi sesuatu yang dingin menyegarkan. Untuk kamu yang biasanya meminum dari air keran, harus mengurangi kebiasaan tersebut. Lebih baik, minuman kamu ditaruh ke dalam kulkas.

7. Menampung air

Masih Musim Kemarau, Ini 7 Cara Efektif untuk Menghemat Air Bersihgeorgeherald.com

Hal yang dengan mudah dilakukan. Selain itu, menampung air juga cara yang umum dilakukan. Dengan kamu menampung air, atau menyimpannya, bisa membantu saat kamu membutuhkannya.

Bahkan, kamu lebih baik menggunakan ulang air yang sebelumnya kamu gunakan, dilansir dari bioadvanced.com. Tetapi, air yang digunakan bukan sembarangan. Jangan sampai airnya mengandung pemutih dan sabun cuci.

Itulah tujuh cara yang bisa kamu terapkan dalam situasi yang sedang panas ini. Tidak terlalu sulit kan? Jangan lupa hemat air ya!

Baca Juga: 7 Kematian di Film Ini Berbeda dari Kenyataan Seharusnya Menurut Sains

Topic:

  • Rachel Rinesya
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You