Comscore Tracker

Ini 7 Fobia Terhadap Hewan yang Paling Umum Dialami Orang Banyak

Coba cek, ada yang sesuai kamu nggak?

Dari banyaknya jenis hewan di bumi, pasti ada saja yang kamu tidak suka. Entah kamu tidak suka karena bentuk, atau hanya sekadar geli saja.

Kamu pasti akrab dengan kata phobia atau fobia. Fobia adalah rasa takut yang berlebihan yang dimiliki seseorang terhadap sesuatu. Hewan pun menjadi mahluk hidup yang kadang kita takuti. Berikut tujuh Fobia terhadap hewan yang paling umum terjadi!

1. Cynophobia

Ini 7 Fobia Terhadap Hewan yang Paling Umum Dialami Orang BanyakPexels.com/Pixabay

Fobia yang satu ini untuk kamu yang sangat takut dengan anjing. Jika kamu memiliki fobia ini, tentunya sangat menantang karena cukup banyak orang yang memelihara anjing. Seorang terapis mengatakan orang bisa mengalami Cynophobia karena trauma di masa kecil. Melansir dari mentalfloss.com, untuk mengobati fobia ini caranya menghabiskan waktu dengan anjing yang sudah diajari, dengan pengawasan orang yang paham anjing.

2. Equinophobia

Ini 7 Fobia Terhadap Hewan yang Paling Umum Dialami Orang Banyakthehorse.com

Equinophobia merupakan fobia terhadap kuda. Fobia ini dialami akibat pengalaman yang buruk dengan kuda. Namun, untuk orang yang biasanya memang satu lingkungan dengan kuda, kasusnya berbeda. Walaupun pernah terkena tendang dan lainnya, ada saja kejadian aneh yang membuat orang takut dengan kuda.

Biasanya orang yang fobia dengan kuda sangat takut untuk bertemu, bahkan melihat foto kuda pun enggan. Jika fobia tersebut cukup parah, bisa saja parno jika mendengar suara kuda. Fobia ini bisa disembuhkan, tetapi harus melewati beberapa tahap, dilansir dari chapelstone.co.uk.

3. Musophobia

Ini 7 Fobia Terhadap Hewan yang Paling Umum Dialami Orang BanyakPixabay.com/422737

Takut dengan tikus menjadi hal yang sering kita lihat di film. Tetapi, ada juga yang pasti betul takut dengan tikus. Fobia ini dinamakan Musofobia. Sama seperti fobia pada umumnya, orang tersebut pernah mengalami kejadian traumatis dengan tikus. Seperti, rumah yang penuh dengan tikus, atau menemukan tikus yang sedang memakan sisa makanan.

Jika melihat tikus di televisi atau membahas tikus, akan membuat orang memiliki musofobia cenderung terganggu. Kalau sudah parah, orang tersebut akan terkena panik tiba-tiba, bahkan mual. Ada obatnya, tetapi pengobatan ini ada efek sampingnya, jadi harus hati-hati, dilansir dari musofobia.com.

Baca Juga: 7 Pasang Hewan yang Terlihat Seperti Kembar, padahal Sebenarnya Tidak

4. Ailurophobia

Ini 7 Fobia Terhadap Hewan yang Paling Umum Dialami Orang Banyakbgr.com

Fobia yang satu ini membuat kamu panik dan takut saat melihat kucing. Sama seperti anjing, biasanya orang yang mengalami fobia ini diakibatkan pernah digigit atau tercakar kucing, atau kamu pernah melihat orang lain dicakar oleh kucing.  Untuk fobia terhadap kucing, hadir sebutan lainnya yaitu elurofobia, gatofobia, dan felinefobia. 

Melansir dari healthline.com, untuk melihat tanda jika kamu takut sama kucing, kamu akan menghindari kucing saat bertemu langsung. Hal ini dapat berefek pada sehari-hari kamu, apalagi banyak kucing yang berkeliaran.

5. Myrmecophobia

Ini 7 Fobia Terhadap Hewan yang Paling Umum Dialami Orang Banyakwall.alphacoders.com

Fobia satu ini, nama untuk takut terhadap semut. Bukan satu semut, tetapi semut dalam jumlah yang banyak. Biasanya orang yang memiliki fobia ini akan bertindak tidak nyaman dan menghindar, ketika hadir semut-semut di sekitarnya. Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang fobia terhadap jenis serangga lain akan panik juga ketika melihat semut.

6. Alektorophobia

Ini 7 Fobia Terhadap Hewan yang Paling Umum Dialami Orang Banyaknewsd.in

Nama fobia yang satu ini untuk kamu yang tidak suka ayam. Sebuah penelitian pada tahun 2016, mengatakan bahwa seorang gadis berumur 18 tahun mengaku takut melihat ayam, akibat pengalaman di masa kecilnya. Orang yang takut dengan ayam akan memiliki pemikiran akan diserang atau dipatuk, jadi cenderung akan panik melihat ayam. Tak hanya itu, jika fobia sangat parah, akan merasa ketakutan jika melihat ayam di makanannya.

7. Zoophobia

Ini 7 Fobia Terhadap Hewan yang Paling Umum Dialami Orang Banyakmicrosoft.com

Untuk fobia yang satu ini, untuk kamu yang benar-benar takut dengan segala jenis hewan. Namun, bisa saja kepada beberapa hewan spesifik yang cenderung ditakuti. Sama seperti lainnya, fobia ini dialami karena kejadian trauma. Gejala takut dengan hewan ini biasanya membuat kamu keringatan, gugup, dan pusing, dilansir dari prevention.com.

Itulah tujuh fobia terhadap hewan yang bisa saja terjadi. Di antara fobia di atas, ada gak yang menggambarkan fobia kamu?

Baca Juga: Jago, 7 Hewan Unik Ini Mampu Menari Secara Alami Tanpa Perlu Dilatih

Topic:

  • Rachel Rinesya
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya