Comscore Tracker

5 Fakta Kucing Merah, Hewan Liar Endemik Kalimantan yang Hampir Punah

Yuk, lindungi fauna kita!

Kucing tergolong hewan yang terbilang lekat dengan keseharian sebab eksistensinya. Selain kucing liar yang bertahan hidup di jalanan hingga kucing peliharaan yang dibanderol dengan harga fantastis, jenis kucing lain yang tak luput dari perhatian adalah kucing langka lagi unik. Misalnya saja, Kucing merah (Catopuma badia).

Nah, dilansir dari Live Science, Wild Cat Family, dan The Guardian, berikut adalah beberapa fakta menarik seputar kucing yang satu ini.

1. Kucing merah dikenal dengan berbagai varian nama atau julukan

5 Fakta Kucing Merah, Hewan Liar Endemik Kalimantan yang Hampir Punahthroughgoldeneyes.blogspot.com

Selain dengan nama 'Kucing merah', kucing yang memiliki nama latin Catopuma badia ini juga dikenal sebagai Kucing Kalimantan, Kucing Borneo (Borneo cat), Kucing merah Kalimantan, hingga Bay Cat

2. Kucing merah berhabitat di pulau Kalimantan dan merupakan hewan endemik

5 Fakta Kucing Merah, Hewan Liar Endemik Kalimantan yang Hampir Punahsmallwildcats.com

Sesuai varian namanya, Kucing Kalimantan, kucing merah memang tersebar luas di pulau Kalimatan (atau Borneo) mulai dari di dataran rendah, hutan rawa, hingga perbukitan. Usut punya usut, kucing jenis ini merupakan kucing liar endemik yang khas dari pulau Kalimantan. 

3. Kucing merah memiliki ciri fisik yang terbilang unik dibandingkan kucing pada umumnya

5 Fakta Kucing Merah, Hewan Liar Endemik Kalimantan yang Hampir Punahflickr.com

Untuk ciri fisiknya, kucing merah memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada kucing pada umumnya. Namun, badan dan ekor kucing merah lebih panjang, telinganya berbentuk membulat, kepalanya pun agak lebih kecil dengan bentuk pendek-bulat. Selain itu, bulu kucing merah berwarna kecokelatan-kemerahan.

Baca Juga: Kucing 101: Kenali Turkish Van, Jenis Kucing yang Ramah dan Manja

4. Kucing merah merupakan hewan nokturnal, dan belum banyak data yang terhimpun lebih detail

5 Fakta Kucing Merah, Hewan Liar Endemik Kalimantan yang Hampir Punahwildcatfamily.com

Kucing merah termasuk hewan nokturnal. Selain populasinya yang semakin langka, agaknya pola sikap yang berimbas pada kelangkaan penampakan ini turut pula melatarbelakangi mengapa tak begitu banyak data yang dapat dihimpun para peneliti terkait Kucing merah. Misalnya soal ekologi makan dan perilaku reproduksi.

5. Kucing merah termasuk jenis kucing yang dilindungi oleh pemerintah

5 Fakta Kucing Merah, Hewan Liar Endemik Kalimantan yang Hampir Punahinternational.thenewslens.com

Kendati unik dan endemik, populasi dari kucing merah tersebut malah semakin rendah. Hal ini disebabkan oleh deforestasi hutan yang merupakan habitat dari kucing merah. Padahal, berdasarkan Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1999, kucing merah merupakan satu dari enam jenis kucing yang dilindungi, lho.

Nah, semoga informasi di atas memperluas wawasanmu soal dunia perkucingan dan mari saling bahu-membahu melindungi fauna kita!

Baca Juga: Kucing 101: 5 Fakta Unik Soal Kucing Hitam, Sudah Tahu?

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya