Comscore Tracker

Keren! Peneliti Berhasil Ciptakan AlterEgo, Alat Pembaca Pikiran

#SainsSeru Awas lho, gak bisa bohong lagi nih

Dikutip dari The Verge dan Express, tim peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) berhasil menciptakan suatu perangkat wearable untuk membaca pikiran manusia. Perangkat canggih tersebut diberi nama 'AlterEgo'.

AlterEgo telah diuji dalam beberapa tes berbeda. Walaupun kemampuan menganalisis pikiran tersebut masih terbatas yakni hanya untuk implementasi sebanyak 20 kata, akan tetapi alat yang satu ini sudah punya akurasi sebesar 92 persen, lho.

1. AlterEgo bekerja melalui analisis gerakan non-verbal

Keren! Peneliti Berhasil Ciptakan AlterEgo, Alat Pembaca PikiranExpress

Untuk membaca pikiran manusia tersebut, AlterEgo menganalisis beberapa gerakan non-verbal manusia melalui sensor-sensor yang terdapat di dalam alat tersebut. Lebih detail, AlterEgo terdiri dari sebuah alat yang dipasang di telinga, serta di rahang yang juga tersambung hingga ke bawah mulut, dan juga dilengkapi dengan sebuah sistem komputer.

Baca Juga: Jubah Menghilang Harry Potter Ternyata Benar Ada, Ini 4 Penemuannya!

2. Sinyal neuromuscular dari verbalisasi internal akan di komputerisasi menjadi kata yang sesuai

Keren! Peneliti Berhasil Ciptakan AlterEgo, Alat Pembaca PikiranDezeen

Perangkat ini dibekali dengan elektroda yang mampu mendeteksi sinyal neuromuscular di rahang dan wajah yang muncul dari verbalisasi internal (seperti berbicara dalam hati).

Sinyal-sinyal tersebut tentu tak bisa terbaca oleh mata manusia. Nah, sensor di AlterEgo ini yang akan mengenali sinyal tersebut. Kemudian sinyal yang terdeteksi itu dikirimkan ke sebuah sistem (machine learning) untuk dianalisis sebagai data dan menghubungkan sinyal-sinyal tertentu dengan kata yang tepat.

3. Tingkat akurasi AlterEgo masih terus ditingkat oleh tim peneliti

Keren! Peneliti Berhasil Ciptakan AlterEgo, Alat Pembaca PikiranCNBC

Dalam prakteknya, pengguna AlterEgo dipasangkan sebuah headphone bone-conducting. Headphone tersebut mengirimkan suara ke pengguna melalui getaran di belakang telinga tanpa menginterupsi pendengaran si pengguna.

Tim peneliti terus mengupayakan terobosan yang satu ini supaya lebih akurat sehubungan dengan fungsinya untuk membaca pikiran. Mereka berharap headphone tersebut juga dapat digunakan untuk memilih siaran televisi yang ingin ditonton tanpa harus menekan tombol atau mengucapkan perintah.

Wow, inilah masa depan. Keren ya?

Baca Juga: Bukan Sedotan, Ini Limbah yang Lebih Berbahaya bagi Kelestarian Laut!

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho. Sekali lagi, terima kasih, ya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You