Comscore Tracker

4 Jenis Hormon Kalin dan Fungsinya Pada Tumbuhan

Kamu harus tahu, nih!

Setiap tumbuhan memiliki struktur tumbuhan yang berupa akar, batang, daun, bunga, dan buah. Struktur tersebut dapat tumbuh sempurna dengan adanya faktor intrasel yang terdapat didalam gen dalam bentuk pembawa sifat yang biasa disebut hereditas. Selain faktor intrasel, terdapat pula faktor intersel yang berupa hormon-hormon pada tumbuhan. Tumbuhan memiliki beberapa hormon, salah satunya adalah hormon kalin.

Hormon kalin adalah hormon yang dihasilkan oleh tumbuhan pada jaringan meristem dan berfungsi untuk memacu pertumbuhan organ-organ tumbuhan. Hormon kalin ini memiliki peranan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Hormon kalin juga dapat bekerja sama dengan fitohormon lain yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Karena pentingnya fungsi dari hormon kalin tersebut, pada tumbuhan hormon kalin dibedakan menjadi empat jenis yang memiliki fungsi yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Empat jenis hormon kalin tersebut adalah sebagai berikut.

1. Kaulokalin

4 Jenis Hormon Kalin dan Fungsinya Pada TumbuhanPixabay/sativis

Fungsi dari kaulokalin ini adalah perangsang pembentukan, pertumbuhan dan perkembangan pada batang tanaman. Adanya hormon kaulokalin ini dapat membantu batang pada tanaman tumbuh dengan baik. Karena batang tanaman sendiri berfungsi sebagai penopang dari suatu tanaman, maka pertumbuhan batang harus sempurna.

2. Antokalin

4 Jenis Hormon Kalin dan Fungsinya Pada Tumbuhanjollylane.com

Antokalin sendiri adalah hormon yang membantu tumbuhan dalam merangsang pertumbuhan bunga dan buah. Anthokalin berupa asam yang dapat merangsang bunga hingga ke pembuahan. Hormon ini juga membantu merangsang pertumbuhan buah sampai buah tumbuh subur dan matang.

Baca Juga: Makin Sehat, 5 Makanan Ini Bantu Seimbangkan Hormon Tubuh!

3. Rhizokalin

4 Jenis Hormon Kalin dan Fungsinya Pada TumbuhanPixabay/PDPhotos

Rhizokalin adalah hormon yang berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan dan perkembangan akar tanaman. Hormon ini membantu merangsang terbentuknya akar, baik akar primer maupun akar sekunder. Karena akar sendiri berfungsi sebagai penyerap zat hara atau air dari dalam tanah dan disalurkan ke seluruh organ pada tumbuhan.

4. Filokalin

4 Jenis Hormon Kalin dan Fungsinya Pada Tumbuhanunsplash.com/ Paweł Czerwiński

Filokalin adalah hormon yang merangsang pertumbuhan pembentukan daun. Hormon ini juga memiliki peranan penting terhadap perkembangan tumbuhan, karena pada daun inilah terjadi fotosintesis yakni untuk menghasilkan makanan pada semua bagian pada tumbuhan. Selain itu, ketika tumbuhan kekurangan atau kelebihan air, maka kutikula yang ada di permukaan daun dapat melakukan proses penguapan yang disebut proses transpirasi.

Nah, itulah 4 jenis hormon kalin yang wajib kamu ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda, ya.

Baca Juga: Mengenal Venus Flytrap, Tumbuhan yang Hobi Makan Serangga

Raiyani Hidayah Photo Community Writer Raiyani Hidayah

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You