Comscore Tracker

Planet Mars Tidak Layak Dihuni Manusia, Ini 4 Penyebabnya

Akankah 25 tahun ke depan, Mars bisa dihuni manusia?

Mars merupakan planet keempat yang paling dekat dengan matahari dan berdekatan dengan Bumi. Planet ini dikatakan sangat mirip dengan Bumi, seperti sama-sama memiliki kutub es dan punya temperatur yang sama. Itu sebabnya, banyak yang menyebutkan bahwa dalam jangka waktu sekitar 25 tahun ke depan, Mars dapat dihuni oleh manusia.

Namun, melihat kondisi iklim dan keadaan Mars yang jauh berbeda dengan Bumi, ternyata planet merah ini justru tidak dapat dihuni oleh manusia. Lalu, apa saja penyebabnya? Berikut penjelasannya.

1. Teknologi yang belum memadai untuk bertahan hidup

Planet Mars Tidak Layak Dihuni Manusia, Ini 4 Penyebabnyahdwall.us

Dilansir dari laman BGR, NASA telah berhasil menemukan delapan sumber mata air di Mars. Kita tahu bahwa air merupakan kebutuhan hidup manusia sehari-hari. Namun, sayangnya, belum ada teknologi yang canggih untuk mengolah air tersebut.

2. Sedikit oksigen dan rendah gravitasi

Planet Mars Tidak Layak Dihuni Manusia, Ini 4 Penyebabnyaouterplace.com

Sejatinya, manusia membutuhkan oksigen untuk bernapas. Oksigen dihirup dan karbon dioksida dikeluarkan. Manusia juga butuh gravitasi untuk bisa tetap menapakkan kaki di tanah dan menanam tumbuhan. Jika di planet merah ini sedikit oksigen dan rendah gravitasi, jelas saja planet ini tidak bisa dihuni oleh manusia.

Baca Juga: 7 Fakta Misi M2O2O Rover: NASA Tawarkan Tiket Gratis ke Mars!

3. Adanya radiasi berbahaya bagi tubuh manusia

Planet Mars Tidak Layak Dihuni Manusia, Ini 4 Penyebabnyatechnotoday.com.tr

NASA menjelaskan bahwa terdapat Solar Energetic Particles (SEPs) dan Galactic Cosmic Rays (GCRs) pada ekosistem Mars yang merupakan dua kandungan radiasi yang berbahaya bagi tubuh manusia. Dua radiasi berbahaya tersebut dapat dihindari dengan teknologi canggih, namun sayangnya belum ada yang menciptakannya hingga saat ini.

4. Masalah tekanan mental saat perjalanan menuju Mars

Planet Mars Tidak Layak Dihuni Manusia, Ini 4 Penyebabnyafuturism.com

Jarak rata-rata planet Bumi ke Mars sekitar 225 km. Hal tersebut menunjukkan bahwa perjalanan ke Mars membutuhkan waktu yang lama. Tentu perjalanan panjang di luar angkasa dapat menyebabkan depresi dan tekanan yang mendalam bagi para astronaut.

Baca Juga: 50 Tahun Lalu Apollo 11 Mendarat di Bulan, Akankah Mars Selanjutnya?

Rara Hidayah Photo Verified Writer Rara Hidayah

Life is never-ending learning process.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya