10 Fakta Rekayasa Genetik yang Bermanfaat Bagi Kehidupan Manusia

Rekayasa genetik adalah satu kemajuan dalam ilmu pengetahuan

Ada banyak organisme hidup dari berbagai jenis, bentuk dan ukuran yang telah diubah secara genetika melalui penggunaan rekayasa genetika untuk melayani tujuan tertentu. Bakteri, virus, tanaman, dan hewan semuanya dapat direkayasa secara genetik saat ini untuk memberikan berbagai manfaat.

Dengan demikian, transgenik digunakan di berbagai bidang, termasuk industri, obat-obatan, dan produksi makanan. Tetapi tidak semua orang setuju tentang penggunaan rekayasa genetika untuk tujuan seperti itu, baik karena risiko potensial terhadap kesehatan dan lingkungan atau karena masalah moral.

1. Lebih dari 40 jenis tanaman yang berbeda dapat direkayasa secara genetik

10 Fakta Rekayasa Genetik yang Bermanfaat Bagi Kehidupan ManusiaIlustrasi jagung hasil rekayasa genetik (nsf.gov)

Sejauh ini, ada lebih dari 40 tanaman yang dimodifikasi secara genetik di seluruh dunia, tetapi jumlah yang jauh lebih kecil ditanam secara komersial dan tersedia secara luas. Menurut Departemen Pertanian AS, tanaman yang paling umum terlibat dalam rekayasa genetika adalah jagung, kedelai, kapas, pepaya, beras, tembakau, kenari dan beri.

2. Bakteri adalah salah satu organisme pertama yang dimodifikasi secara genetik

10 Fakta Rekayasa Genetik yang Bermanfaat Bagi Kehidupan ManusiaIlustrasi bakteria (sciencenews.org)

Bakteri adalah salah satu organisme hasil rekayasa genetika pertama di dunia, hanya karena genetika mereka sederhana. Untuk alasan yang sama, mereka masih banyak digunakan saat ini dalam penelitian dan eksperimen rekayasa genetika.

Salah satu bidang terpenting dari penelitian semacam ini tentu saja adalah pengobatan, dan para ilmuwan sekarang dapat memproduksi insulin untuk mengobati diabetes dari bakteri serta faktor pembekuan maupun hormon pertumbuhan manusia. Tetapi obat bukanlah satu-satunya bidang di mana bakteri yang dimodifikasi secara genetika berguna. Kita dapat memproduksi bahan bakar dengan bantuan bakteri, serta makanan olahan dan banyak hal lain yang membuat kehidupan sehari-hari lebih mudah.

3. Virus yang direkayasa secara genetik digunakan dalam terapi gen manusia

10 Fakta Rekayasa Genetik yang Bermanfaat Bagi Kehidupan ManusiaIlustrasi virus (hopkinsmedicine.org)

Bakteri bukan satu-satunya organisme berpotensi bahaya yang kita gunakan dalam rekayasa genetika saat ini. Virus juga sangat populer dan dengan alasan yang bagus, mereka digunakan untuk jenis pengobatan yang relatif baru yang dikenal sebagai terapi gen. Dan bagaimana tepatnya cara kerja terapi gen?

Virus yang dimodifikasi secara genetik digunakan untuk mengirimkan gen yang dapat menyembuhkan jenis penyakit tertentu pada tubuh manusia. Kita masih jauh dari mengungkap semua rahasianya, tetapi pada waktunya, terapi gen dapat membantu menyembuhkan penyakit yang saat ini sulit disembuhkan, seperti penyakit Parkinson, kanker, diabetes, dan berbagai kondisi lain yang jarang diketahui.

Baca Juga: Menurut Sains, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Terlihat dari Wajahmu

4. Tanaman transgenik membantu menciptakan mawar biru yang menakjubkan

10 Fakta Rekayasa Genetik yang Bermanfaat Bagi Kehidupan ManusiaIlustrasi bunga mawar biru hasil rekayasa genetik (drewchialauthor.com)

Rekayasa genetika dapat membantu kita menciptakan keindahan yang jarang ditemukan di alam. Warna yang luar biasa di berbagai tanaman adalah salah satu contoh dari penggunaan rekayasa genetika, yang telah memberi kita mawar biru. Ini adalah proyek bersama antara perusahaan Australia bernama Florigene dan perusahaan Jepang bernama Suntory.

Pada tahun 2004, mereka bersama-sama menciptakan mawar biru menggunakan tiga perubahan genetik yang terpisah. Mereka menambahkan gen untuk pigmen tanaman biru, menekan produksi warna alami dengan memblokir protein penting untuk produksi warna, dan menambahkan protein modifikasi yang akan memungkinkan pigmen biru untuk tetap bekerja. Mawar biru banyak tersedia saat ini di Jepang, Amerika Serikat dan Kanada.

5. Tanaman yang dimodifikasi secara genetik menyebar dengan cepat ke seluruh dunia

10 Fakta Rekayasa Genetik yang Bermanfaat Bagi Kehidupan ManusiaIlustrasi rekayasa genetik pada tanaman (independent.co.uk)

Penggunaan rekayasa genetika dalam pertanian berkembang pesat. Tanaman transgenik atau biotek (tanaman yang DNA-nya dimodifikasi oleh rekayasa genetika) sedang dibudidayakan di berbagai belahan dunia untuk membawa sejumlah manfaat bagi produksi tanaman normal kita. Manfaat-manfaat ini termasuk peningkatan resistensi terhadap hama, penyakit, dan kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan, pengurangan akibat pembusukan tanaman, dan profil nutrisi yang lebih baik atau nilai gizi lebih tinggi dari makanan yang dibuat dari tanaman tersebut.

Oleh karena itu, tidak heran jika teknologi rekayasa genetika telah menyebar begitu cepat selama dua dekade terakhir. Dari 1996 hingga 2013, luas lahan yang ditanami dengan tanaman transgenik meningkat seratus kali lipat, dari 4,2 juta hektar menjadi sekitar 432 juta hektar, dan saat ini lebih dari 10 persen lahan pertanian ditanami tanaman transgenik.

6. Mamalia telah direkayasa secara genetik

10 Fakta Rekayasa Genetik yang Bermanfaat Bagi Kehidupan ManusiaDomba Dolly (kanan) yang merupakan hasil rekayasa genetik (phys.org)

Berbagai mamalia termasuk sapi, tikus, kelinci, domba, babi dan banyak lagi telah direkayasa secara genetik. Ralph L. Brinster dan Richard Palmiter adalah dua ilmuwan yang mengembangkan teknik-teknik rekayasa genetika pada hewan di tahun 1980-an. Rekayasa genetik pada hewan dapat melayani dua tujuan utama.

Mereka dapat memberi manfaat bagi hewan yang direkayasa secara genetik itu sendiri dengan meningkatkan ketahanan mereka terhadap penyakit dan aspek kesehatan lainnya. Tetapi, lebih sering, rekayasa ini digunakan untuk memberi manfaat bagi manusia melalui peningkatan interaksi hewan dengan manusia, meningkatkan makanan yang terbuat dari dagingnya, untuk menghasilkan produk industri dan konsumen, atau untuk meneliti dan menyembuhkan penyakit manusia.

7. Mamalia yang direkayasa secara genetik digunakan untuk membantu menemukan penyembuhan untuk sejumlah penyakit

10 Fakta Rekayasa Genetik yang Bermanfaat Bagi Kehidupan ManusiaIlustrasi rekayasa genetik pada hewan (atlantablackstar.com)

Mamalia yang dimodifikasi secara genetik saat ini digunakan dalam penelitian yang bertujuan untuk menemukan obat bagi beberapa penyakit manusia yang berpotensi sangat berbahaya. Dari ratusan kasus seperti itu, babi berfluoresensi dan kucing berfluoresensi pastilah yang paling aneh.

Babi berfluoresensi telah dikembangbiakkan dengan tujuan transplantasi antarspesies (dikenal dengan xenotransplantasi) atau, dengan kata lain berfungsi sebagai donor organ potensial bagi manusia dengan masalah organ. Kucing hijau-fluoresen telah digunakan oleh para ilmuwan Jepang untuk menemukan terapi yang efektif untuk AIDS.

8. Rekayasa genetik juga digunakan dalam produksi terapi manusia

10 Fakta Rekayasa Genetik yang Bermanfaat Bagi Kehidupan ManusiaIlustrasi rekayasa genetik pada hewan (newatlas.com)

Salah satu contoh terbaik dalam terapi manusia adalah antikoagulan ATryn, obat biologis manusia yang diproduksi dari hewan yang dimodifikasi secara genetik (dalam kasus ATryn dari susu kambing). Dalam hal menghasilkan sifat-sifat berkualitas baik untuk penggunaan manusia, ada banyak contoh seperti babi yang direkayasa untuk menghasilkan asam lemak omega-3, sapi yang direkayasa untuk menghasilkan susu yang dapat berfungsi sebagai suplemen "alami" untuk ASI atau susu formula manusia biasa, dan babi yang direkayasa untuk mengeluarkan kotoran yang tidak terlalu merusak lingkungan.

9. Ikan yang direkayasa secara genetik bahkan dijadikan hewan peliharaan

10 Fakta Rekayasa Genetik yang Bermanfaat Bagi Kehidupan ManusiaIlustrasi rekayasa genetik pada hewan (advancedaquarist.com)

Salah satu fakta transgenik yang paling tidak biasa mengungkapkan bahwa hewan yang dimodifikasi secara genetik saat ini bahkan digunakan sebagai hewan peliharaan, dan tidak hanya untuk tujuan ilmiah. Salah satu contohnya adalah ikan yang direkayasa secara genetik, yang dikenal dengan nama GloFish. Hewan peliharaan khusus ini adalah ikan zebra fluorescent yang direkayasa secara genetik dengan warna merah, hijau, dan oranye terang. Mereka menjadi hewan yang direkayasa secara genetik pertama yang tersedia untuk umum sebagai hewan peliharaan pada tahun 2003.

10. Modifikasi genetik dari invertebrata membawa kemajuan penting ilmiah

10 Fakta Rekayasa Genetik yang Bermanfaat Bagi Kehidupan ManusiaIlustrasi rekayasa genetik pada hewan (phys.org)

Tidak hanya mamalia, tetapi juga invertebrata telah digunakan dalam penelitian yang menggunakan rekayasa genetika. Lalat buah, misalnya, digunakan untuk mempelajari efek perubahan genetik pada perkembangan, nyamuk digunakan untuk mengatasi penyebaran malaria dan demam berdarah, cacing gelang telah dimodifikasi secara genetika untuk memudahkan mengontrol populasi mereka dan digunakan dalam studi kekebalan maupun proses perkembangan tertentu.