Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Seputar Gurkha, Pasukan Berani Mati dari Nepal

Salah satu pasukan elit di dunia

Gurkha telah melayani Kerajaan Inggris selama lebih dari 200 tahun. Unit elit Nepal ini menjadi terkenal di dunia karena keberanian dan kedisiplinannya. Mereka memiliki motto, "lebih baik mati daripada hidup seperti pengecut."

Nama "Gurkha" berasal dari kota Gorkha di Nepal barat. Saat ini, Brigade Gurkha terus berperang sebagai bagian integral dari Angkatan Darat Inggris, dan selalu siap untuk meneriakkan kata-kata legendaris mereka, “Ayo Gorkhali” yang berarti, “Gurkha ada di sini.”

1. Gurkha adalah mantan musuh Kerajaan Inggris

6 Fakta Menarik Seputar Gurkha, Pasukan Berani Mati dari Nepalistorja.ru

Setelah menaklukkan India pada pertengahan abad ke-18, Kerajaan Inggris ingin memperluas jangkauannya ke utara, yaitu Kerajaan Nepal. Ide yang sungguh mengerikan. Dipelopori oleh Perusahaan India Timur, pasukan kekaisaran menghadapi perlawanan keras dari para pejuang Himalaya ganas, yang menolak untuk ditaklukkan.

Akhirnya, kedua belah pihak menandatangani Perjanjian Perdamaian pada tahun 1816, mengakhiri invasi keliru yang mengakibatkan banyak korban Kerajaan Inggris. Perjanjian itu juga menetapkan bahwa Gurkha sekarang dipersilakan untuk bergabung dengan mantan musuh mereka. Para pejabat Inggris di abad ke-19 menyatakan Gurkha sebagai "Martial Race", sebuah istilah yang menggambarkan orang-orang yang dianggap "suka berperang dan agresif dalam pertempuran". Singkatnya, jangan main-main dengan orang-orang ini.

2. Hanya kandidat terbaik yang bisa menjadi pasukan Gurkha

6 Fakta Menarik Seputar Gurkha, Pasukan Berani Mati dari Nepalforces.net

Ribuan kandidat Gurkha bersaing setiap tahun hanya untuk 400 tempat di Angkatan Darat Inggris, meningkat hampir dua kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian, persaingan semakin ketat bagi para remaja putra yang berlomba-lomba untuk mendapatkan kesempatan dalam mengubah hidup, baik secara finansial maupun sebagai kebanggaan nasional.

Kandidat biasanya didominasi oleh empat kelompok etnis petani bukit yang tinggal di lereng selatan Pegunungan Himalaya: Gurungs dan Magars di Nepal tengah, serta Rais dan Limbus dari timur. Sejak dulu, penduduk desa dari salah satu negara termiskin di Asia ini tumbuh baik dan sehat karena bekerja berjam-jam di ladang. Mereka juga mendapat manfaat dari lingkungan ketinggian, suatu keuntungan yang memungkinkan mereka untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dengan menyesuaikan diri pada udara yang lebih tipis.

Proses rekrutmen awal dilakukan dengan serangkaian tes tertulis dan fisik, termasuk 12 pull-up, 75 push up, dan 70 sit-up dalam dua menit. Itu bagian yang mudah. Bagi mereka yang berhasil naik kelas, juga harus melewati lomba doko yang terkenal: lari menanjak sejauh 5 kilometer dalam waktu kurang dari 46 menit sambil membawa keranjang anyaman di punggung mereka yang diisi dengan 25 kilogram batu dan pasir.

3. Gurkha memiliki senjata tradisional yang mematikan

6 Fakta Menarik Seputar Gurkha, Pasukan Berani Mati dari Nepalasiatimes.com

Selama beberapa abad, prajurit Nepal telah membawa senjata tradisional ke dalam pertempuran yang disebut kukri. Pisau 18 inci yang ikonik ini memiliki bilah melengkung yang berbeda, dengan pegangan yang terbuat dari kayu, tulang, atau tanduk kerbau. Menurut legenda apokrifa, sekali kukri digunakan dalam pertempuran, itu harus merasakan darah sebelum kembali ke sarungnya.

Setiap prajurit memiliki satu buah untuk penggunaan sehari-hari dan yang lainnya untuk keperluan upacara. Pisau dijaga tetap tajam dan memiliki banyak fungsi seperti memotong, menggali, membersihkan, dan bahkan membuka kaleng. Itu juga sangat tersembunyi dalam membunuh musuh. Dalam Military Anecdotes, penulis Geoffrey Reagan, menggambarkan sebuah laporan dari unit Gurkha yang bertugas di Afrika Utara selama Perang Dunia II: “Kerugian bagi musuh: 10 orang terbunuh. Pengeluaran amunisi tidak ada.”

Fitur unik lain dari bentuk kukri adalah lekukan di dasar mata pisau. Desainnya memungkinkan darah mengalir keluar dari tepiannya ke pegangan dan membuatnya licin. Fitur ini sangat berguna ketika digunakan dalam ritual pengorbanan hewan.

Baca Juga: 7 Perang Paling Mematikan dalam Sejarah Dunia

4. Gurkha menjadi pengawal terkuat Kerajaan Inggris

6 Fakta Menarik Seputar Gurkha, Pasukan Berani Mati dari Nepalgurkhabde.com

Jika kamu adalah seorang raja serta salah satu orang terkaya di planet ini, kamu bisa membeli pengawal terkuat yang bisa dibeli dengan uang. Tidak mengherankan, Ratu Elizabeth II selalu diapit oleh dua perwira Gurkha di sisinya selama acara resmi negara dan penting.

Perwira Gurkha, sebuah unit sangat khusus yang berasal dari masa pemerintahan Ratu Victoria, sama-sama dihormati karena ulet dalam pertempuran dan sangat setia. Setelah melakukan tugas mereka, para Gurkha kemudian diangkat sebagai Anggota Royal Victorian Order, sebuah tatanan dinasti ksatria yang mengakui layanan pribadi terhormat kepada Mahkota Inggris.

5. Seorang Gurkha dapat menghabisi sekelompok bandit

6 Fakta Menarik Seputar Gurkha, Pasukan Berani Mati dari Nepalindiatimes.com

Pada malam tanggal 2 September 2010, sekelompok bandit bersenjata menyamar sebagai penumpang menghentikan kereta yang penuh sesak di timur laut India. Para penyerang, mungkin sebanyak 40 orang, mulai menuruni lorong, menjarah dan meneror para wisatawan. Tetapi tanpa diketahui para perampok, seorang pensiunan Gurkha berusia 35 tahun bernama Bishnu Shrestha kebetulan berada di dalam kereta.

Shrestha sedang tertidur di kursinya ketika peristiwa itu terjadi. Saat dia dengan tenang menilai kekacauan yang terjadi di sekitarnya, para bandit itu mengambil seorang gadis yang duduk di sebelahnya dan bermaksud memperkosanya. Saat itulah Shrestha beraksi dan mulai bekerja. Dia mengeluarkan kukrinya dan dengan cepat membunuh 3 perampok dan melukai 8 lainnya, menyebabkan orang-orang yang tersisa lari. Selama huru-hara, Shrestha menderita luka yang dalam di tangannya, tetapi entah bagaimana berhasil menggagalkan penyergapan.

Setelah musibah itu, keluarga korban pemerkosaan yang dimaksud menawarkan hadiah uang tunai yang besar. Shrestha menolaknya, dan mengatakan: “Memerangi musuh dalam pertempuran adalah tugasku sebagai seorang prajurit. Mengatasi preman di kereta adalah tugasku sebagai manusia." Shrestha menghabiskan lebih dari 2 bulan untuk pulih dari luka-lukanya dan kemudian dihormati oleh pemerintah India dengan tiga penghargaan gagah berani.

6. Gurkha memiliki garis keturunan yang hebat

6 Fakta Menarik Seputar Gurkha, Pasukan Berani Mati dari Nepalzimbio.com

Nilai-nilai keluarga yang kuat memberikan tatanan dasar kehidupan sehari-hari bagi rakyat Nepal dan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Semangat juang juga merupakan bagian dari garis keturunan mereka, seperti dua prajurit dengan nama belakang "Pun".

Pada tanggal 23 Juni 1943, Tul Bahadur Pun menemukan dirinya dalam situasi yang mengerikan ketika berperang dengan Jepang di Burma selama Perang Dunia II. Semua unit telah terbunuh atau terluka setelah serangan musuh di dekat jembatan kereta api. Tanpa gentar, dia mengambil pistol dan terus menembakannya sementara dia berlari melintasi lapangan terbuka yang berlumpur. Dia kemudian membunuh 3 tentara Jepang dan mengambil dua senapan mesin serta sejumlah besar amunisi.

Bergerak maju 67 tahun kemudian. Cucu Pun, Sersan Dipprasad Pun, sendirian melawan 30 tentara Taliban di provinsi Helmand, Afghanistan. Gurkha menjaga di atap sebuah pos pemeriksaan ketika para pemberontak menyerbu masuk ke pos komando bersenjatakan granat berpeluncur roket dan AK-47.

Lebih dari satu jam berikutnya, Pun menghabiskan semua amunisinya saat ia melawan para penyerang. Pada satu titik, ia bahkan melemparkan tripod senapan mesin ke pejuang Taliban yang telah naik ke atap. Tindakan Pun membuatnya mendapatkan Conspicuous Gallantry Cross, dekorasi militer Inggris tertinggi kedua yang diberikan untuk keberanian.

Baca Juga: 5 Masjid Tertua di Kota Medan, Megah dan Bersejarah

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You