Comscore Tracker

6 Tempat di Bumi yang Mirip Seperti Planet Mars

Berada di tempat ini seperti bukan di bumi

Apakah manusia akan bisa hidup di Mars? Itu pertanyaan besar yang banyak orang pikirkan. Dijuluki Planet Merah karena warna karatnya yang cerah, ia adalah planet keempat dari matahari dan tetangga Bumi.

Meskipun jauh lebih dingin daripada Bumi dengan suhu rata-rata sekitar -80 derajat Fahrenheit, ada banyak hambatan lain dalam cara manusia berkoloni di sana sekarang, seperti kenyataan bahwa tidak ada oksigen untuk bernapas. Namun, para ilmuwan sedang mencari cara baru untuk memungkinkan manusia akhirnya pindah ke Mars, seperti berpotensi memanaskan planet ini untuk menciptakan atmosfer di mana orang dapat menghirup oksigen.

Kemajuan yang dibuat para ilmuwan luar biasa dan sangat mungkin bagi manusia untuk mendiami tetangga planet kita di masa depan yang tidak terlalu jauh. Memiliki lokasi di Bumi yang mirip dengan kondisi di Planet Merah sangat membantu bagi para peneliti, seperti 6 lokasi mirip Mars di planet kita berikut ini.

1. Danau Vostok, Antartika

6 Tempat di Bumi yang Mirip Seperti Planet Mars24sata.hr

Danau Vostok, Antartika adalah salah satu danau subglacial terbesar di Bumi. Danau, yang terletak di dekat Kutub Selatan di Antartika Timur, memiliki panjang 230 kilometer, lebar 50 kilometer, dan kedalaman lebih dari 2.600 kaki.

Danau itu terkubur di bawah lebih dari 3 kilometer es dan terletak dekat dengan stasiun penelitian Vostok, Rusia. Diperkirakan danau itu telah tertutupi oleh es selama setidaknya 15 juta tahun, tanpa akses ke cahaya, dan tersegel dari atmosfer yang menjadikannya salah satu lingkungan paling ekstrem di planet ini.

Seorang ahli geografi Rusia pertama kali melihat danau terkubur pada 1960-an ketika ia melihat dari udara sepetak es halus di atasnya. Pada tahun 1996, para peneliti Inggris dan Rusia kemudian mengonfirmasi bahwa memang ada danau yang terkubur di sana. Meskipun usia danau tidak diketahui, para ilmuwan percaya itu baru berusia ribuan tahun.

Meskipun lokasi tersebut memiliki suhu rata-rata sekitar -80 derajat Fahrenheit, danau itu sendiri diyakini sekitar 27 derajat Fahrenheit karena beratnya es di atasnya. Para ilmuwan juga percaya bahwa danau air tawar bisa memiliki makhluk hidup dalam kegelapan dan dingin yang ekstrem.

Faktanya, mereka menemukan bahwa danau itu mengandung mikroba dan organisme multiseluler. Dan ini memberi harapan bahwa kehidupan dapat ditemukan di lingkungan yang sama ekstrimnya di Mars.

2. Lembah Kering, Antartika

6 Tempat di Bumi yang Mirip Seperti Planet Marsmirvokrug.blog

Lembah Kering adalah deretan lembah yang terletak di sebelah barat McMurdo Sound di Antartika. Lembah-lembah, yang mengalami permafrost dingin, dikatakan sebagai lingkungan terestrial terdekat yang mirip dengan wilayah paling utara Mars.

Para peneliti telah menemukan bakteri yang hidup di suhu beku di mana air berubah menjadi es dan di mana nutrisi langka. Oligotrof adalah organisme yang tumbuh lambat yang hidup di lingkungan di mana nutrisi sulit ditemukan dan mereka dapat membantu para ilmuwan mencari tahu bagaimana kehidupan mungkin ada di Mars.

Para peneliti percaya bahwa kutub utara Mars mungkin telah mendukung kehidupan pada satu waktu karena menerima lebih banyak sinar matahari jutaan tahun yang lalu, yang berarti kemungkinan air dan, tentu saja, kehidupan. Jadi para peneliti mulai melakukan pengeboran di lokasi ini di Antartika untuk memutuskan mesin mana yang terbaik untuk digunakan di lokasi utara Mars.

Para ilmuwan telah menemukan sebidang tanah yang menutupi lapisan es di kutub utara Planet Merah, dan lingkungannya sangat mirip di Lembah Kering, jadi itulah mengapa penelitian pengeboran ini dilakukan di sana.

Baca Juga: Manusia Benar-benar Bisa Hidup di Planet Mars Lho, Ini 7 Faktanya!

3. Gurun Atacama, Chili

6 Tempat di Bumi yang Mirip Seperti Planet Marscarisroane.com

Gurun Atacama di Chili adalah dataran tinggi sekitar 1.000 kilometer panjangnya dan sangat kering sehingga merupakan salah satu lokasi paling mirip Mars di planet ini. Bahkan, butuh waktu puluhan tahun untuk mengalami hujan, yang menempatkannya di antara lokasi paling kering di Bumi.

Itulah sebabnya, pada tahun 2004, para ilmuwan yang didanai NASA menghabiskan 4 minggu di padang pasir melakukan penelitian tentang bagaimana kehidupan dapat bertahan di Mars. Dan apa yang mereka temukan benar-benar mengejutkan.

Di inti gurun yang kering, para ilmuwan telah menemukan kehidupan mikroba. Dan jika mereka dapat menemukannya di lokasi yang sangat kering seperti Gurun Atacama, di mana banyak orang percaya bahwa tidak ada yang dapat bertahan, ada kemungkinan yang sangat nyata bahwa mereka juga dapat menemukan kehidupan di Mars.

4. Pico de Orizaba, Meksiko

6 Tempat di Bumi yang Mirip Seperti Planet Marstoplubilgi.com

Pico de Orizaba adalah gunung berapi yang terletak di selatan-tengah Meksiko. Gunung itu berada di tepi selatan Dataran Tinggi Meksiko dan terletak sekitar 96 kilometer sebelah timur Puebla. Gunung berapi, yang telah tidak aktif sejak 1687 ini, adalah puncak tertinggi ketiga di Amerika Utara, dengan ketinggian 18.406 kaki.

Satu pertanyaan besar sehubungan dengan kemungkinan kolonisasi di Mars adalah bagaimana manusia membuatnya menjadi layak huni? Itulah sebabnya para ilmuwan begitu tertarik pada Pico de Orizaba.

Gunung ini memiliki salah satu ketinggian garis pohon tertinggi di Bumi pada ketinggian lebih dari 13.000 kaki dan para peneliti menggunakan lokasi ini untuk mencoba mencari tahu bagaimana mereka dapat memulai kehidupan di Mars.

Para ilmuwan percaya bahwa jika mereka dapat menghangatkan Planet Merah dengan menggunakan gas yang memerangkap panas, meningkatkan tekanan udara, dan memulai fotosintesis, mereka mungkin dapat menciptakan serta mempertahankan atmosfer yang akan mendukung manusia maupun bentuk kehidupan lainnya yang membutuhkan oksigen untuk bernafas.

Jika mereka dapat menggunakan gas-gas ini untuk memanaskan Mars hingga 41 derajat Fahrenheit, itu akan sama dengan suhu garis pohon di gunung berapi Pico de Orizaba.

5. Death Valley, California

6 Tempat di Bumi yang Mirip Seperti Planet Marscestujemespolu.com

Para ilmuwan telah melakukan penelitian dan pengujian ekstensif selama beberapa dekade di Death Valley karena lapisan batuan kuno di lokasi tersebut. Bahkan Curiosity NASA diuji di sana untuk melihat bagaimana ia akan menangani medan yang keras di Mars.

Death Valley terletak di tenggara California dan merupakan bagian paling rendah, paling kering, dan terpanas di Amerika Utara. Lembah ini panjangnya sekitar 225 kilometer dengan lebar 8-24 kilometer. Meskipun lembah itu jauh lebih panas daripada Mars, medan berbatu yang keras dikatakan sangat mirip.

Sejak 2012, Death Valley mengadakan acara tahunan yang disebut MarsFest di mana para ilmuwan mendiskusikan dengan publik hubungan serupa antara lokasi itu dan Mars. Orang-orang dapat mengunjungi Bukit Mars, yang ditutupi dengan puing-puing gunung berapi dan bebatuan, serta berjalan-jalan ke Bukit Pasir Datar Mesquite, bidang gunung berapi Kawah Ubehebe, dan Kawah Hebe Kecil.

6. Pulau Devon

6 Tempat di Bumi yang Mirip Seperti Planet Marswritingisfun-damental.com

Pulau Devon adalah pulau tak berpenghuni terbesar di planet ini. Dari semua pulau di Bumi--dihuni dan tidak berpenghuni--itu adalah pulau ke-27 terbesar. Pulau itu adalah bagian dari sebuah kepulauan (sekelompok pulau) yang disebut Kepulauan Parry di Nunavut, Kanada.

Terletak di Samudra Arktik, selatan Pulau Ellesmere dan barat Teluk Baffin. Pulau Devon memiliki panjang sekitar 515 kilometer dan lebar 128-161 kilometer dengan luas lebih dari 21.000 mil persegi.

Pulau itu, yang ditemukan pada 1616 oleh William Baffin, memiliki kawah besar sepanjang 22 kilometer yang disebut "Kawah Haughton". Digambarkan sebagai gurun kutub, zona benturannya dingin, kering, berangin, dan berdebu yang membuatnya sangat mirip dengan banyak kawah di Mars, terutama dengan semua batu lepas di kawah duniawi ini. Meskipun Pulau Devon memiliki suhu rata-rata 1 derajat Fahrenheit dan Mars rata-rata -76 derajat Fahrenheit, pulau ini adalah salah satu perbandingan terdekat dengan tetangga planet kita.

Pascal Lee adalah ilmuwan planet di SETI Institute dan memimpin Proyek Haughton-Mars NASA (HMP) di mana Kawah Haughton digunakan untuk penelitian teknologi dan strategi baru yang diharapkan akan membantu mempersiapkan manusia maupun robot untuk eksplorasi Planet Merah.

Setiap musim panas sejak 1997, Lee telah memimpin misi ke pulau terpencil di mana mereka telah menguji banyak hal yang akan membantu mereka untuk perjalanan ke Mars, seperti pakaian antariksa dan robot, serta latihan.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk mencoba mengunjungi berbagai tempat tersebut?

Baca Juga: 9 Planet Berikut Diduga Menjadi Rumah Para Alien, Apakah Mereka Ada?

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya