Comscore Tracker

5 Fakta Unik Ilmiah yang Bakal Buatmu Gak Bisa Berhenti Memikirkannya

Fakta-fakta ilmiah ini tidak diajarkan di bangku sekolah

Mengapa tidak banyak orang yang menjadi ilmuwan? Pada umumnya, hal itu ada hubungannya dengan bagaimana pelajaran ilmiah diajarkan di sekolah. Padahal, sains itu bidang yang penuh misteri sekaligus mengasyikkan.

Dengan dasar itu, berikut adalah lima hal menakjubkan, yang berhasil ditemukan berkat kemajuan sains. Pengetahuan seperti inilah yang mengilhami banyak orang untuk belajar lebih dalam dan luas.  Yuk, baca selengkapnya!

1. Ada cukup DNA dalam tubuh manusia yang jika diregangkan, panjangnya sama dengan jarak matahari ke Pluto dan kembali, 17 kali

5 Fakta Unik Ilmiah yang Bakal Buatmu Gak Bisa Berhenti Memikirkannyasocantscot.org

Genom manusia, kode genetik di setiap sel manusia, berisi 23 molekul DNA yang masing-masing berisi 500 ribu sampai 2,5 juta pasangan nukleotida. Ukuran molekul DNA itu adalah 1,7 cm - 8,5 cm, dengan rata-rata sekitar 5 cm. 

Ada sekitar 37 triliun sel dalam tubuh manusia dan jika kamu melepaskan semua gulungan DNA yang terbungkus di setiap sel kemudian meregangkannya, maka jumlah ini akan mencapai panjang total 2 x 1014 meter per sel. Dikali 37 triliun sel, jadi berapa tuh?

2. Rata-rata, orang berjalan kaki seumur hidupnya setara dengan lima kali mengelilingi bumi

5 Fakta Unik Ilmiah yang Bakal Buatmu Gak Bisa Berhenti Memikirkannyagreatoceanwalk.com.au

Rata-rata orang yang cukup aktif mengambil sekitar 7.500 langkah per hari. Jika kamu mempertahankan rata-rata harian dan hidup sampai usia 80 tahun, kamu akan memiliki sekitar 216.262.500 langkah dalam hidupmu. 

Mari berhitung. Rata-rata orang dengan rata-rata ekspektasi jangka hidup sampai usia 80 tahun akan menempuh jarak sekitar 110 ribu mil, yang setara dengan berjalan sekitar 5 kali mengelilingi bumi, tepat di khatulistiwa.

Baca Juga: 10 Fakta Sains Ini Ternyata Salah Kaprah Saat Kamu Pelajari di Sekolah

3. Jika Betelgeuse meledak maka langit kita akan terus terang selama dua bulan

5 Fakta Unik Ilmiah yang Bakal Buatmu Gak Bisa Berhenti Memikirkannyaforcetoknow.com

Itu bisa terjadi kapan saja, dalam ribuan tahun selanjutnya, besok, atau bahkan sekarang. Betelgeuse adalah bintang yang terletak 427 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini merupakan bintang paling terang kedua di rasi bintang Orion dan bintang paling terang ke-9 pada langit malam.

Betelgeuse memiliki luminositas sekitar 10 ribu kali Matahari dengan radius cahayanya yang diperkirakan sekitar 370 kali dari matahari. Jika diposisikan di pusat matahari kita, radiusnya akan meluas melewati orbit Mars. Karena menjelang akhir hayatnya, Betelgeuse cenderung akan meledak menjadi supernova.

4. Sel darah membutuhkan waktu sekitar 60 detik untuk sampai ke seluruh tubuh

5 Fakta Unik Ilmiah yang Bakal Buatmu Gak Bisa Berhenti Memikirkannyaanatomyid.com

Kamu memiliki sekitar 5 liter darah dalam tubuh dan rata-rata jantung memompa sekitar 70 ml darah keluar pada setiap detaknya. Selain itu, jantung yang sehat berdetak sekitar 70 kali per menit. 

Jadi, jika kamu kalikan jumlah darah yang dipompa jantung dalam setiap detaknya, dalam satu menit, maka kamu akan mendapatkan 4,9 liter darah. Dalam waktu 1 menit, jantung telah memompa seluruh volume darah ke seluruh tubuhmu.

5. Alam semesta dikenal terdiri dari 50 miliar galaksi

5 Fakta Unik Ilmiah yang Bakal Buatmu Gak Bisa Berhenti Memikirkannyahbr.org

Diperkirakan ada 100 miliar hingga 1 triliun bintang dalam satu galaksi. Di Bima Sakti saja ada sebanyak 100 miliar planet yang mirip Bumi. Masih menganggap dirimu sendirian di alam semesta? Teori tentang kesendirian atau tidaknya kita di alam semesta ini belum dipastikan lho!

Itulah tadi lima fakta unik di dunia sains yang banyak orang belum tahu. Menurutmu, yang mana yang paling unik?

Baca Juga: 5 Fakta Sains Sederhana Ini Bisa Mengejutkan Banyak Siswa Sekolah

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

19
MEI
2019
14 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

18.59

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 19 May 2019 13:30:05

Progress: 730.033 dari 813.350 TPS (89.75632%)

Just For You