Comscore Tracker

Misteri dari Mana Asal-usul Stonehenge Akhirnya Terpecahkan

Tak cuma Stonehenge, tapi semua struktur batu kuno di Eropa

Umat manusia mempunyai tradisi untuk meninggalkan warisan, apapun bentuknya. Warisan tersebut lantas diteruskan oleh generasi-generasi selanjutnya. Bagi sebagian orang zaman kuno, warisan tersebut adalah membangun sebuah struktur besar, seperti Stonehenge.

Namun bagi umat manusia saat ini, kita bertanya-tanya bagaimana sebuah struktur megalit (batu besar) kuno itu bisa serupa dan tersebar di seluruh penjuru benua Eropa? Kini, para sejarawan dan ilmuwan telah menemukan jawaban dari mana asal tradisi membangun struktur batu raksasa tersebut.

1. Karya para pemburu dari Prancis

Misteri dari Mana Asal-usul Stonehenge Akhirnya Terpecahkanancient-origins.net

Dalam sebuah jurnal ilmiah yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America (PNAS), para sejarawan menemukan bahwa megalit kuno yang tersebar di seluruh penjuru benua Eropa, tidak murni berdiri atas inisiatif sendiri.

Malahan, struktur batu besar tersebut dipengaruhi oleh karya dari kelompok pemburu yang tinggal di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Brittany di Prancis bagian barat laut. Dengan kalimat lain, dari Britanny inilah tradisi membangun struktur batu besar di Eropa seperti Stonehenge berasal.

2. Teknologi penyeberangan laut yang lebih maju

Misteri dari Mana Asal-usul Stonehenge Akhirnya Terpecahkandavidsanger.com

Namun, yang menjadi pertanyaan besar adalah, bagaimana tradisi membangun struktur megalit itu bisa sampai dari Prancis ke Inggris pada zaman lampau?

Terkait pertanyaan tersebut, para sejarawan menemukan bahwa teknologi penyeberangan laut pada zaman dahulu ternyata berkembang lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. Hal inilah yang menjadi cara utama para pemburu bisa membangun monumen bebatuan di seluruh penjuru Eropa.

"Penyebaran struktur megalitik bisa berlangsung dengan cepat dengan fase-fase yang berbeda ditunjang dengan keterampilan maritim, pengetahuan, dan teknologi dari masyarakat-masyarakat ini pasti jauh lebih berkembang daripada yang diperkirakan sebelumnya," ungkap Bettina Schulz Paulsson dari University of Gothenburg, Swedia.

Baca Juga: Misteri Stonehenge yang Menjadi Latar Pertarungan Transformer

3. Berasal dari tahun 4.500 SM

Misteri dari Mana Asal-usul Stonehenge Akhirnya TerpecahkanMegalit di Brittany, Prancis/Bettina Schulz Paulsson

Menurut Schulz Paulsson, sebelumnya terdapat sebuah gagasan yang menyebut, tradisi membangun megalit tersebut berasal dari Timur Tengah. Namun, setelah studi lebih jauh, rupanya semakin banyak ditemukan situs-situs megalit di seluruh dunia, khususnya Eropa.

Menggunakan teknologi penanggalan radiokarbon dari 2.410 situs prasejarah yang tersebar di seluruh penjuru Eropa, para sejarawan juga mempelajari gaya arsitektur, peralatan dan bukti-bukti adat yang ditemukan di sekitar situs.

Setelah angka-angka statistik untuk mendapatkan garis waktu (timeline) yang akurat diperoleh, sejarawan lantas menemukan bahwa kelahiran dari struktur megalit itu mula-mula terjadi di Prancis bagian barat laut sekitar 4.500 SM. Praktik membangun struktur megalit itu sendiri berlangsung hingga 200-300 tahun lamanya.

4. Rute penyebaran

Misteri dari Mana Asal-usul Stonehenge Akhirnya Terpecahkanraremaps.com

Yang menarik, dari serangkaian data yang diperoleh dari teknologi penanggalan radiokarbon, para sejarawan menemukan pula rute penyebaran struktur megalit kuno tersebut.

Mula-mula, struktur megalit kuno berdiri di Brittany, Prancis bagian barat laut. Kemudian, tradisi tersebut menyebar ke sepanjang rute pantai di Prancis selatan. Dari sana, tradisi tersebut menyeberang ke Inggris, Mediterania, Spanyol, Portugal, hingga akhirnya mencapai Skandinavia dan bagian lain Eropa juga.

"Megalit paling awal berasal dari barat laut Prancis dan menyebar di sepanjang rute laut Mediterania dan Atlantik dalam tiga fase utama berturut-turut," urai Bettina Schulz Paulsson.

Baca Juga: Wow, Ternyata Indonesia Punya 3 Objek Wisata yang Mirip Stonehenge Inggris

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 11:30:05

Progress: 751.930 dari 813.350 TPS (92.44852%)

Just For You